Dari Para Pendekar

Basa-(BASI)

-

Penjara Mahasiswa

on 2014-7-24 12:56am GMT
Di awal bikin blog aku pengen banget banyak yang mengunjungi. gak peduli mau baca atau nggak, bodo amat yang penting ada yang mau klik link blog ku. tapi setelah beberapa bulan ini jadi jarang nulis, ternyata yang mau balik baca juga gak ada. jadi mungkin orang yang dulu buka blog ku cuma sekedar lewat tanpa membaca dan suka sama tulisanku.



Dulu aku tiap hari nyebar link di group facebook biar orang2 pada klik link, dulu aku tembus 1000 view, sujud sukur aku. tapi buat apa kalo yang baca tulisanku mungkin cuma puluhan orang. dari yang dulu seneng banget banyak yang buka blog jadi malah kaya makan hati cuma orang2 yang mau dikunjungi balik blog nya.

Dulu aku juga pengen banget dapet penghasilan dari blog. mungkin cuma sekedar pengen seperti temanku yang sudah dapet recehan dolar dari blog. sampai sekarang udah setengah tahun lebih belum pernah dapet dolar dari blog ku.

ya aku ngambil hal positif aja. kalo mau ditekuni 100% harus fokus. jangan males2an buat kalian yang mau dapet recehan dolar dari blog. mungkin aku orang yang udah nyerah (iya.. mungkin)

sekarang aku dah gak mau terlalu ngotot buat nyebar link blog ku. aku lebih suka nulis apa yang aku suka. sukur2 ada yang mau baca. buat apa saling mengunjungi blog orang kalo cuma sekedar dibuka doang tanpa dilihat tulisannya. cuma Basa-(BASI). tapi aku juga suka blog walking cari tulisan yang bisa sejenak melupakan penatnya hidup.

ya termiakasih yang udah baca tulisanku yang ini. mungkin gak bagus, tapi aku nulis dengan kejujuran. makasih

Wassalam \o/

Setelah melalui berbagai proses perhitungan akhirnya kita mendapatkan Presiden baru.Kelak beliau akan memimpin negeri ini lima tahun kedepan.Dialah Joko Widodo/Jokowi.Jokowi  dan Jusuf Kalla berhasil mengalahkan Prabowo Hata.

Gak perlu panjang lebar, selamat buat pak Jokowi dan pak Jusuf Kala.Semoga ditangan beliau-beliau Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik lagi.Amin…


Satgas Khusus dibentuk oleh Kepolisian Resor Magelang guna mengamankan lokasi wisata Candi Borobudur selama libur lebaran 2014. Kapolres Magelang, AKBP Murbani Budi Pitono menjelaskan,”Satgas khusus ini dibentuk untuk penanganan masalah keamanan selama libur lebaran. Seperti kita ketahui kawasan Candi Borobudur selama libur lebaran pengunjungnya akan membludak sehingga rawan terjadinya aksi kriminalitas hingga kemacetan” Dalam Apel […]

Lebih lengkap artikel tentang "Selama Lebaran Keamanan Candi Borobudur Ditingkatkan" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Bupati Magelang, Zaenal Arifin melakukan kunjungan ke salah satu pasar tradisional terbesar di Kecamatan Muntilan. Dalam kunjungannya Bupati Magelang sekaligus memastikan persediaan dan perubahaan harga sembako menjelang datangnya lebaran 2014. Bupati Magelang mengatakan dalam kegiatan kali ini beliau ingin mengetahui langsung apakah persediaan sembako masih mencukupi permintaan yang ada serta seberapa besar kenaikan harga yang […]

Lebih lengkap artikel tentang "Bupati Magelang: Kenaikan Harga Sembako Masih Wajar" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Google Maps Android

Rencana rute mudik dengan Google Maps

Smarphone Android bisa membantu Anda untuk menghindari kemacetan selama mudik lebaran ini. Ada beberapa aplikasi GPS yang bisa digunakan, yaitu: Waze dan Google Maps.
Kedua aplikasi ini bisa digunakan sebagai pemandu jalan ketika mudik. Kedua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing (baca di sini: Google Maps dan Waze). Salah satu keunggulan Waze adalah seperti aplikasi SocMed, namun lebih focus pada GPS. Waze bisa melaporkan kondisi terkini di jalan dan pengguna bisa saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain.
Berikut ini sedikit tip mudik dengan menggakan aplikasi GPS di smarphone Android.

A. Buat perencanaan route untuk mudik

Sebaiknya Anda pantau berita di televisi, radio, atau di Twitter. Untuk Twitter saya sering memantau kicauan dari @radioelshinta atau @infomudikllaj atau @lewatmana. Kemudian buat rencana rute perjalanan Anda. Untuk membuat rute ini bisa menggunakan Google Maps via PC. Tandai jalan-jalan yang berpotensi macet dan temukan jalur alternative terdekat. Sebaiknya Anda melakukan ‘review’ jalur-jalur alternative ini dan buat scenario jika Anda terjebak kemacetan di daerah itu.

Akan lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan peta mudik yang biasanya dibagikan oleh petugas di jalan. Peta ini akan sangat membantu ketika Anda mengalami kemacetan dan bisa memilih jalur alternatif terdekat.

B. Siapakan Kendaraan Anda

Siapkan kendaraan Anda sebelum melakukan perjalanan. Cek ke bengkel langganan Anda. Pastikan bahwa kendaraan Anda siap untuk di bawa mudik.

C. Siapkan HP Android Anda

Persiapakan HP Android Anda sebelum mudik.

1.Pakai HP Holder untuk mobil. Holder ini sebagai tempat meletakkan HP. Holder bisa dipasang di kaca depan mobil sehingga memudahkan pengemudi untuk melihat peta di layar smartphone Android.
2.Charge HP Anda sebelum berangkat. Siapakan juga power bank dan jangan lupa juga di-charge penuh.
3.Isi pulsa HP Anda dan juga pulsa internet. Aplikasi GPS Waze memerlukan koneksi internet.
4. Jangan lupa juga kabel charger untuk mobil. Jika suatu saat HP anda low bat bisa dicharge dengan colokan di mobil.

D. Pada Saat di perjalanan

1. Sebelum berangkat coba tanyakana kondisi jalan via Twitter ke akun twitter @radioelshinta atau @lewatmana tentang kondisi jalan yang akan dilalui. Jika masih lancar kira-kira dalam beberapa jam ke depan Anda bisa melalui jalur itu. Tetapi jika macet, cari alternatif yang paling lancar. Meskipun kemungkinan semua jalur macet.

2. Melalui Waze Anda juga bisa menanyakan kondisi jalur ke pengguna Waze yang sedang melaui jalur itu. Caranya, coba cek jalur yang akan Anda lalui. Jika ada pengguna Waze akan terlihat di layar. Sentuk icon pengguna itu dan lalukan chatting. Jika pengguna itu sedang tidak mengemudi, mungkin dia akan memberitahu kondisi jalan saat ini.

3.Sebaiknya anda meminta bantuan salah satu penumpang/keluarga sebagai navigator. Dia yang bertugas mengawasi peta di Waze dan memantau kondisi jalannya.

4. Jika Anda terjebak macet, minta tolong navigator Anda untuk mencari jalur alternatif di Waze.

5. Pelajari jalur alternatif ini dan jika tidak macet, pindah rute ke jalur alternatif ini.

6. Selama dalam perjalanan sebaiknya dengarkan siaran radio Elshinta atau stasion radio lain yang menyiarkan kondisi lalu lintar di jalur mudik.

Selamat mudik. Mohon Maaf Lahir dan Batin.




Anak Baik

tiap habis subuh,
ayah mengajakku kemari
menimba angin asin
sarapan pasir dan laut

kami berenam bersama bayangan
kami selalu begini
diam mematung mencuri ombak
melarungkan doa

ayah bilang, ibuku ada di sana
bergelung dengan buih-buih samudra
jauh, di ujung sana
hmmm...aku dan adikku juga ingin
bergelung, rindu kami pada pelukan
ibu

ayah bilang, meski ibu jauh,
kami-aku dan adikku-mesti jadi
anak yang baik
berjuang mewujudkan cita-cita
untuk tanah yang lebih baik

ya, kami berjanji.


Pangandaran, Friday, ‎July ‎18, ‎2014,
‏‎6:48:31 PM

Selamat hari anak nasional 2014!
=)
Semoga apa yang kita cita-citakan bisa tercapai,
untuk Indonesia emas. Aamiin

Eling Sembahyang

-

Sang Nananging Jagad

on 2014-7-22 6:57am GMT

Pangripta Lagu: Ki Anom Suroto

Ki Anom SurotoWis wancine tansah dielengke

Wis wancine podo nindakake

Adzan wus kumandang wayahe sembahyang

Netepi wajib dawuhe pangeran

Sholat dadi cagaking agomo

Limang wektu kudu tansah dijogo

Kanti istiqomah lan sing tumakninah

Luwih sampurno yen berjamaah

 

Subuh Luhur lan Ashar

Sholat sayekti ngadohke tindak mungkar

Magrib lan Isyak jangkepe

Prayogane ditambah sholat sunate

 

Jo sembrono iku prentah agomo

Elingono ning ndonyo mung sedelo

Sabar lan tawakal pasrah sing kuwoso

Yen  kepingin  mbesuk munggah swargo


Filed under: Jagad Jawa Tagged: Ki Anom Suroto, tembang jawa, wayang kulit

Firefox trick

-

Petualangan pejalan kaki

on 2014-7-22 5:46am GMT
About:config mixed Disable

lionghokbio   KlentengKobong

Untung tak dapat diraih, malangpung tak dapat ditolak. Itulah sebuah perumpaan yang menggambarkan betapa sebuah kehendak takdir senantiasa di luar jangkauan kekuasaan manusia untuk menolak atau menghindarinya. Ungkapan kepasrahan tersebut seringkali diakitkan dengan datangnya sebuah musibah atau cobaan kehidupan. Sebagaimana telah dilansir di beberapa media, Klenteng Liong Hok Bio yang menjadi salah satu ikon sejarah komunitas Tionghoa di Kota Magelang mengalami kebakaran. Hal ini tentu saja mengundang keprihatinan banyak pihak, termasuk para pemerhati pelestarian bangunan bersejarah.

Klenteng paling bersejarah di Kota Magelang ini konon dibangun pada beberapa dasa warsa setelah selesainya Perang Diponegoro (kurang lebih 1864).  Adalah seorang Tionghoa bernama Be Koen Wie atau Be Tjok Lok dari Solo yang diangkat sebagai pejabat berpangkat luitenant untuk mengurisi pajak perdagangan candu dan kegiatan rumah gadai. Atas posisi dan kedudukannya Be Koen Wie menjadi salah satu hartawan yang kaya raya di Magelang. Dalam perkembangan selanjutnya ia mewakafkan sebagian tanah di sisi utara tempat tinggalnya untuk dibangun sebagai sebuah tempat peribadahan masyarakat China. Dalam perkembangan selanjutnya, posisi klenteng berada tepat di sisi tenggara sudut Alun-alun Kota Magelang sebagaimana saat ini dapat kita saksikan bersama.

Pada Selasa malam, 15 Juli 2014, di Klenteng Liong Hok Bio tengah berlangsung sembahyang peringatan Hari Makco Kwan In. Sembahyang tersebut ditujukan untuk memperoleh keberkahan Dewi Kwan In. Usai rangkaian ibadah tuntas dilaksanakan, para jamaah umumnya sudah pulang ke rumah masing-masing sekitar pukul 23.00. Sebagaimana kewajibannya selaku juru kunci klenteng, Pak Edi segera membereskan segala perlengkapan peribadahan. Lilin-lilin besar dan kecil dimatikannya. Demikian halnya dengan beberapa lampu penerang di ruang utama.

Setelah dirasa semua hal telah dibereskan, Pak Edi segera membersihkan diri serta segera melangkah ke ruang peristirahatannya yang terletaki di sisi kiri dalam bangunan klenteng. Waktu itu seingat dia sudah melewati puncak malam. Belum seberapa ia berbaring di tempat tidur dan belum sempat memejamkan mata, tiba-tiba berdering telepon di kamar istirahatnya. Begitu telepon diangkat, terdengar suara Pak Gito penjaga klenteng di sisi depan. Ia menyampaikan kabar bahwa dari ruang utama klenteng keluar asap putih tebal. Ia beranggapan telah terjadi kebakaran di ruang ibadah.

Bergegas Pak Edi menuju ruang ibadah utama. Dengan bergegas ia segera membuka pintu hubung samping ke ruang utama. Begitu pintu terbuka, asap putih mengepul pekat menyembur keluar dan segera menyesakkan nafasnya. Melihat kondisi demikian, Pak Edi secara naluri ingin segera lari keluar untuk meminta bantuan pertolongan. Namun di saat ia bergegas, ia sempat tersandung sesuatu dan terjatuh di lorong. Dengan terseok-seok, akhirnya Pak Edi berhasil keluar dari kepulan asap yang pekat.

Di saat hampir bersaan, sangat kebetulan sebuah mobil patroli polis tengah melintas di ujung Jalan Pemuda. Beberapa orang segera menyegatnya. Beberapa polisi yang bertugas selanjutnya langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran. Tak seberapa lama, beberapa unit mobil pemadan kebakaran tiba di lokasi. Namun sungguh sayang, kepulan asap putih sudah terlanjur berganti dengan bara api yang membakar ruang utama di sisi depan. Demikianlah kira-kira kronologi tragedi terbakarnya Klenteng Liong Hok Bio di sisi tenggara Alun-alun Kota Magelang pada Rabu dinihari, 16 Juli 2014 yang lalu.

Pada saat Mas Bagus dari Komunitas Kota Tua Magelang menanyakan kepada Pak Edi, apakah ada firasat atau sesuatu pertanda yang dirasakan pada saat-saat akan terjadi musibah kebakaran tersebut, Pak Edi mengungkapkan, “Dari para pengurus tidak merasakan adanya firasat demikian. Namun justru dari para jamaah mengungkapkan ada sedikit kejanggalan pada saat berlangsungnya sembahyang Makco Kwan In. Ketika dimintai keberkahan, Sang Dewi tidak mengiyakan hingga permohonan ke tujuh. Padahal kebiasaan-kebiasaan yang selalu terjadi Dewi Kwan In tidak pernah menolak permohonan keberkahan hingga pada permintaan ke dua atau ke tiga saja.”

Bagaimanapun dan apapun penyebab tragedi terbakarnya Klenteng Liong Bok Hio, semua lapisan masyarakat Magelang tentu turut berprihatin. Penyeledikan dari pihak yang berwenang semoga segera bisa mengungkap sebab-sebab pemicu terjadinya kebakaran secara obyektif. Dan hal yang paling penting, semoga puing-puing ruang ibadah utama segera dapat dibersihkan untuk kemudian dibangun kembali ruang ibadah yang baru sehingga proses peribadahan bagi saudara-saudara kita tidak mengalami gangguan secara berlarut-larut.

Lor Kedhaton, 21 Juli 2014


Filed under: Jagad Magelangan Tagged: Alun-alun Magelang, Klenteng Liong Bok Hio, Kong Hu Chu, kota magelang, magelang

Ramadhan pantas dirindukan

-

Mastop Story

on 2014-7-21 12:31am GMT

Banyak hal yang terjadi di bulan ramadhan.Tak hanya menahan lapar dan dahaga saja.Masih banyak kegiatan lain yang telah membudaya.Dan yang paling menarik mungkin adalah mudik.Yang mungkin tak pernah saya rasakan hehe….

Walau tak pernah merasakan mudik namun saya merasa ramadhan adalah bulan yang istimewa.Yang pantas kita tunggu dan kita rindukan.Ramadhan itu selayaknya malam pertama bagi pengantin baru.Begitu banyak sensasi yang diberikan.

Kita akan merasakan kebersamaan yang luar biasa.Kaya atau miskin akan merasakan yang namanya lapar,haus,lemas dan sebagainya.Suatu kesetaraan,kenikmatan.Dan pada saatnya nanti kita akan merasakan kemenangan.

Ramadhan adalah salah satu nikmat yang diberikan Tuhan untuk kita.Selamat menjalankan ibadah puasa.


Apa enaknya berjudi???

-

Mastop Story

on 2014-7-19 5:06pm GMT

Saya benar-benar bingung dengan yang satu ini.Kira-kira apa ya enaknya judi itu??

Kalau mudah mencari uang saya rasa gak begitu juga.Namun kenapa banyak orang yang menyukainya?

Manusia memang selalu aneh….hmmmmm….


Windows Phone 8.1 atau juga disebut Windows Phone Cyan merupakan update dari sistem operasi Windows Phone 8.0 (Windows Phone Black). Sekiranya Microsoft memberi nama setiap update untuk Windows Phone sesuai abjad dan penamaannya merupakan warna. Sebutlah dimulai dari Windows Phone Amber, Black, dan yang sekarang Cyan. Di Indonesia sudah ada produk dari Microsoft Mobile (sebelumnya […]
Halo, selamat siang mas mbak semuanya. Semoga sampeyan semua senantiasa dalam lindungan Yang Maha Kuasa.



Jadi begini, Dalam rangka syukuran atas terbitnya buku pertama saya, "Jomblo Tapi Hafal pancasila", saya berniat menggelar giveaway (kontes) kecil-kecilan. Yah, namanya juga kecil-kecilan, jadi hadiahnya juga kecilan-kecilan.

LALU APA SAJA HADIAHNYA?

Pemenang 1
Mendapatkan satu buah buku "Jomblo Tapi Hafal Pancasila" dan satu buah buku "Ayah Edi punya Cerita"

Pemenang 2
Mendapatkan satu buah buku "Jomblo Tapi Hafal Pancasila" dan Buku "Sebelas Patriot"

Pemenang 3
Mendapatkan satu buah buku "Jomblo Tapi Hafal Pancasila"

BAGAIMANA ATURAN MAINNYA?
  1. Silahkan buat review tentang blog ini (agusmulyadi.web.id). Sampeyan bisa mereview blog ini secara keseluruhan, ataupun hanya salah satu artikel di blog ini. Buat review semenarik mungkin, tata bahasa bebas, asal jangan lebay. Ndak perlu panjang-panjang (wong hadiahnya juga cuma buku), nanti saya jadi ndak enak sama sampeyan.
  2. Tulis review sampeyan di blog (blognya bebas, boleh wordpress, blogspot, tumblr, dsb)
  3. Kalau sudah, silahkan share link artikel review sampeyan ke twitter dengan hashtag #AgusMulyadiNjalukRabi, silahkan mensen ke akun twitter saya @AgusMagelangan. Boleh juga Share di facebook sampeyan.
  4. Kirimkan data diri sampeyan ke email [email protected], Subjeknya: "Giveaway Jomblo Tapi Hafal pancasila", sedangkan isi emailnya berisi Nama lengkap, link artikel, akun twitter, dan nomor hape.
  5. Periode Giveaway ini akan berakhir sampai tanggal 8 Agustus 2014.
  6. Pengumuman pemenang akan saya umumkan tanggal 10 Agustus 2014 ba'da Maghrib, Via Twitter dan akan diupdate di blog ini.
Gimana? Gampang tho? monggo barangkali ada yang berminat...

Jurangjero Tepi Merapi

-

Pendekartidar

on 2014-7-17 7:15am GMT

Jurangjero2Pada akhir tahun 80-an terdapat proyek besar di beberapa kali yang berhulu di puncak Merapi, termasuk daerah Jurangjero yang merupakan hulu Kali Putih dan Kali Blongkeng. Proyek tersebut bertujuan untuk membangun infrastruktur yang berguna meminimalisir risiko dampak aktivitas Merapi, baik erupsi atau letusannya, maupun efek sekunder berupa kemungkinan terjadinya banjir lahar dingin. Melalui proyek tersebut dibangunlah cekdam (aslinya mungkin check dump) di beberapa titik aliran sungai yang dilengkapi dengan pembangunan tanggul-tanggul di tepian sungai-sungai tersebut. Struktur cekdam konon diadopsi dari ahli sipil dari Negeri Jepang yang dikenal sebagai teknik sabo.

Proyek besar tersebut banyak menyerap tenaga kerja lokal. Banyak sekali penduduk di selingkaran Tepi Merapi yang bekerja di proyek sebagai tukang pecah batu, pengaduk semen, tukang batu, sopir bighoe, sopir traktor, sopir dump truck, operator molen, atau para mandor pengawas dan lain sebagainya. Proyek nasional di bawah Kementerian Pekerjaan Umum tersebut memang dirancang sebagai proyek padat karya yang bisa menampung dan mengikut-sertakan warga sekitar untuk menjadi tenaga kerjanya. Saking banyaknya warga di sekitar dusun kami yang terlibat dalam proyek tersebut, setiap pagi dan petang hari, beberapa truk jemputan hilir-mudik menjemput atau mengantar para pekerja. Saking banyaknya pula pekerja proyek yang berasal dari luar daerah, di seputarannya pertigaan Gejukan pernah didirikan barak tingkat semi permanen yang dipergunakan untuk menginap para pekerja tersebut. Desas-desus anak SD kala itu, justru bangunan triplek bertingkat tersebut kelak akan dikembangkan menjadi penginapan atau hotel. Akh……ternyata analisis pikiran anak-anak masa itu sama sekali tidak valid.

Melihat kesibukan para pekerja proyek yang sedang bahu-membahu melaksanakan tugas mereka masing-masing merupakan keasyikan tersendiri. Pada liburan hari Minggu, anak-anak sekolah dasar seringkali banyak yang dolan ke Jurangjero sekedar menonton aksi bighoe, traktor, bulldozer, ataupun dumptruck. Bagi kami, para bocah ndeso, peralatan-peralatan proyek tersebut tentu saja dianggap sangat canggih bin modern. Dengan demikian, kami sudah pasti senantiasa berdecak kagum saat menyaksikan aksi para sopir bighoe yang lincah mengendalikan peralatannya untuk mengeruk pasir ataupun memindahkan batu besar.

Jurangjero3Sekitar tahun 1993, mega proyek pembangunan check dump dan tanggul di sepanjang bantaran sungai-sungai di Jurangjero rampung. Peresmian proyek bahkan kala itu dilakukan secara langsung oleh Presiden Soeharto, didampingi Menteri Pekerjaan Umum Radinal Moehtar. Acara peresmian diselenggarakan di Desa Kemiren yang terletak di pinggiran Kali Bebeng – Krasak. Bersamaan dengan acara peresmian, digelar pula simulasi penanggulangan bencana letusan Merapi. Banyak para warga, hansip, bahkan anak-anak sekolah dan pramuka yang dilibatkan dalam latihan tersebut. Sebagai bukti peresmian, Presiden Soeharto membubuhkan tanda tangan pada sebuah batu prasasti. Batu prasasti inilah yang kemudian ditempatkan di Jurangjero. (pada saat ini batu prasasti tersebut masih ada, tetapi prasastinya yang dilengkapi dengan tanda tangan Pak Harto sudah hilang)

Pasca selesainya mega proyek Merapi, ada sedikit perubahan dalam pola aliran lahar dingin dari puncak Merapi. Sebelum dibangunnya check dump dan tanggul di hulu sungai-sungai, banjir lahar dingin berupa pasir dan batu seringkali tidak tertahankan di bagian hulu. Dengan demikian aliran tersebut terus menuju ke bagian hilir yang menyebabkan terjadinya banjir di Kali Putih, Krasak, Blongkeng, Senowo dan beberapa sungai yang lainnya. Minimnya infrastruktur jembatan di berbagai sungai tersebut mengakibatkan akses perhubungan dan transportasi terputus pada saat keadaan banjir. Setelah proyek selesai, lahar dingin yang turun tertahan di check dump bagian hulu, sehingga banjir di sisi hilir tidak terjadi lagi. Hal ini tentu saja berdampak positif terhadap aktivitas masyarakat, seperti anak-anak sekolah yang tidak perlu lagi terganggu karena menunggu untuk sekedar menyebarang sungai apabila Kali Putih sedang banjir.

Di samping banjir kiriman dari hulu tertahan di bagian atas, material pasir dan batu juga tidak lagi turun hingga bagian hilir. Jika sebelum proyek selesai, penambangan pasir dan batu banyak dilakukan di sisi hilir sungai, maka penambangan semakin bergerak ke atas. Lambat laun penambangan menjadi terkonsentrasi di sungai pada kawasan hutan Merapi.

Jurangjero4Pada tahun 1994, Gunung Merapi kembali mengalami proses erupsi. Kejadian pada waktu itu juga diwarnai dengan turunnya wedhus gembel alias awan panas yang sempat sampai di kawasan Dusun Turgo di dekat Kaliurang. Kebetulan pada saat kejadian tersebut, terdapat acara hajatan pengantin di salah satu rumah warga Turgo. Akibatnya, terjangan wedhus gembel membawa beberapa korban jiwa penduduk, bahkan pasangan pengantin yang seharusnya menjalani masa bulan madu yang membahagiakan juga turut meninggal pada hari yang tidak bersamaan.

Erupsi 1994 menyisakan material pasir dan batu yang menumpuk di kepundan puncak Merapi. Tumpukan tersebut perlahan longsong ke bawah bersamaan terjadinya hujan di puncak gunung. Akibatnya check dump yang telah dibangun di hulu menjadi penuh dengan material hasil erupsi. Maka penambangan pasir dan batu bergeser ke sisi hulu. Tidak hanya terhenti pada penambangan tradisional yang dilakukan secara manual dengan mengandalkan linggis dan slenggrong, penambangan dengan alat berat mulai merambah sisi hulu. Bahkan pada tahun-tahun tersebut muncul PT Goro yang menambang di Merapi dengan berbagai perlengkapan alat modern, seperti bighoe, traktor, dan dump truck.

Kami tidak tahu persis apakah perusahaan tersebut murni perusahaan swasta atau badan usaha milik daerah, namun terdengar santer bahwa PT tersebut berkaitan dengan salah satu putra Cendana. Semenjak saat itulah, pelan namun pasti, para penambang pasir tradisional menjadi semakin terpinggirkan nasibnya. Untuk melindungi nasib para penambang pasir tradisional maka dibentuklah APPI, Asosiasi Perusahaan Penambang Merapi, yang diketuai Kyai Abdul Rozak dari Tegalrandu. Dengan adanya APPI, para penambang tradisional tetap diizinkan menambang pasir di kawasan sungai-sungai di Jurangjero di samping PT Goro yang menggunakan peralatan modern tadi.

Pergeseran pemerintahan dari orde baru menuju orde reformasi yang menimbulkan gejolak di berbagai daerah juga berdampak dengan operasional penambangan pasir Merapi di Jurangjero. Konon sempat terjadi gesekan bahkan benturan fisik antara massa penambang tradisional dan para pekerja PT Goro. Bahkan bentrokan tersebut sempat membawa korban jiwa yang hingga saat ini tidak bisa diungkap siapa dalang di balik peristiwa tragis tersebut. Diakui atau tidak, keberadaan penambangan dengan peralatan berat memang langsung maupun tidak langsung telah berdampak semakin terdesaknya nasib para penambang tradisional.

Ngisor Blimbing, 22 Juni 2014

By: Sahrudin – @SahrudinSaja THERE are hundreds of andesite stoneworks studios and galleries in the Subdistricts of Mungkid, Muntilan and Salam, along the main street connecting Magelang Regency and Yogyakarta […]

Njajal WP4 Android

-

Mas Ivan

on 2014-7-16 6:49pm GMT

Setelah sekian waktu kerap bertegur sapa dan membina hubungan yang lebih serius dengan Android, dini hari ini (selasa, 17 Juli 2014) saya pun mengambil keputusan untuk membina hubungan yang lebih intim bermaharkan apikasi WordPress For Android yang terinstal.

image

Nah, apa sih sebetulnya keistimewaan aplikasi ini hingga mau menjadikannya mahar ?

Selain permudah mobile blogging, WP4 Android juga mampu menjadi salah satu alternatif apik dalam memacu semangat pengunanya dalam mewadahi kreatifitas (terutama menulis), mempromosikannya kepada publik, juga turut mengkompilasi aneka gagasan yang pernah tertuang (melalui tulisan/gambar), dan menjadikannya ringkas hingga bisa dibuka dimanapun juga. Asal ada akses internet pastinya.

Lagian…siapa yang nggak mau intens update postingan, apalagi bisa sambil tiduran sebagaimana yang sedang kulakukan saat ini. Beneran deh… bakalan ketagihan kalo udah mencobanya. Dan jangan salah, dengan segenap ketebatasan yang di milikinya, kelebihan aplikasi ini justru mampu berikan ragam keistimewaan untuk terus dan terus mengenalnya semakin dalam.

Bagaimana, apa sampeyan juga udah memanfaatkannya untuk ragam keperluan, wabil khusus sebagai media bloging ? Ya, saya sarankan saat ini juga sampeyan segera mengunduhnya dan mencobanya sebagaimana saya. Sebagai awalan minimal aplikasi ini ada deh di layar depan. Syukur-syukur kalo bisa dan sempat mengoptimalkannya juga.

OK. sampai disini dulu dari saya yang ceritanya lagi masuk edisi “Njajal WP4 Android”. Sekilas saya merasa puas dan bangga atas terproduksinya aplikasi ini. Selebihnya…saya merasa makin berbunga-bunga, lantaran saya berasa dipermudah dalam megupdate blog dan bercengkrama dengan sosial media melalui gadget yang saya punya.

Bagaimana, ingin mencobanya juga ? Semoga saja demikian :D

Menikmati eksotika sejarah Kota Vienna tidaklah lengkap jika tidak mengunjungi Schloss Schonbrunn alias Istana Schonbrunn. Istana ini konon dulunya merupakan tempat peristirahatan musim panas bagi keluarga Kekaisaran Habsburg yang menguasai Austria-Hongaria.

Schonbrunn1Maria Theresa merupakan Ratu Austria yang sangat ambisius untuk menjadikan negerinya bermartabat dan disegani di kalangan kerajaan-kerajaan yang ada di daratan Eropa kala itu. Keanggunan dan wibawa Sang Ratu konon bahkan melebihi Francis Stephen, sang suami yang memegang pemerintahan. Dari ketiga belas putera-puteri Ratu Maria Theresa, satu diantaranya bernama Puteri Marie Antoinette. Sang puteri inilah yang kemudian diperistri oleh Putera Mahkota Kerajaan Prancis.

Tidak ingin dipandang sebelah mata oleh kerajaan besan yang memiliki kemegahan dan keindahan Istana Versailles, Maria Theresa menggagas renovasi pesanggrahan Schonbrunn menjadi istana yang eksotis sebagaimana yang kini masih dapat dinikmati oleh siapapun yang mengunjungi Vienna.

Schonbrunn2

Schonbrunn4       Schonbrunn3

Kompleks Istana Schonbrunn terletak di sisi barat daya pusat Kota Vienna. Dari kawasan pusat kota, istana terbesar di Austria tersebut dapat dijangkau dengan berbagai mode transportasi. Jika mempergunakan kereta api bawah tanah, Schonbrunn dapat dicapai menggunakan kereta U-4 dan turun di stasiun Schloss Schonbrunn. Keluar dari sisi selatan stasiun, pengunjung dapat langsung melintasi sebuah area parkir, menyeberangi jalan, dan segera akan bertemu sebuah trotoar sepanjang sisi selatan yang akan membawa menuju gerbang pintu utama Istana Schonbrunn.

Memasuki gerbang istana yang megah, pengunjung akan menapaki sebuah alun-alun lapangan depan istana yang cukup luas. Di sisi kanan dan kiri gerbang terdapat perkantoran yang menjadi akses bagi para pengunjung yang ingin memasuki beberapa ruang istana dan museum. Untuk kedua hal tersebut, tentu saja pengunjung dikenakan tiket masuk. Namun demikian, untuk sekedar berkeliling mengitari bagian luar istana dan taman-taman yang ada, pengunjung sama sekali tidak dikenakan biasa masuk.

Saat memasuki pelataran utama istana, pengunjung akan langsung disuguhi kemegahan Schonbrunn yang gagah nan indah. Bangunan dengan dominasi warna kuning tersebut memanjang dari sisi kiri ke kanan dan terdiri atas beberapa lantai. Dengan relung-relung pintu dan jendela berukir detail serta rumit menimbulkan kesan kemewahan dan keanggunan Istana Schonbrunn. Istana semakin nampak menawan dengan hiasan kubah dan menara-menara kecil berwarna kuning emas di puncak-puncak atap yang menantang langit.

Schonbrunn7Di sisi kanan dan kiri bangunan istana utama terdapat pintu gerbang samping yang mengantarkan pengunjung ke bagian taman di sisi dalam dan belakang kompleks istana. Beberapa bagian taman terdiri atas beberapa gasebo bergaya Timur Tengah, taman labirin, kebun binatang, termasuk beberapa area pemakaman keluarga istana. Lurus dari sisi belakang bangunan utama istana, terhampar bak permadani penuh warna-warni sebuah hamparan tanaman bunga beragam warna. Susunan tanaman bunga dengan keindangan bunganya yang sedang mekar menjadikan sebuah pemandangan berlatar gapura megah di atas bukit yang mengagumkan bagi siapapun yang memandang.

Schonbrunn5   Schonbrunn6

Lurus di bagian tengah permadani hidup dengan warna-warni kembang, terdapat akses jalan yang dapat mengantarkan pengunjung terus maju untuk menjelajah pelataran bagian belakang kompleks istana. Di ujung pelataran terdapat air mancur pada sebuah kolam yang menjadi batas area lereng perbukitan di sisi atas. Melalui sisi kanan dan kiri kolam ini pengunjung dapat meneruskan pendakian hingga ke puncak bukit dimana berdiri dengan gagah gapura nan indah. Dari titik di sepanjang gapura ini akan didapatkan pemandangan sisi belakang Istana Schonbrunn dari ketinggian atas bukit yang memukau.

Schonbrunn8Di samping keindahan arsitektur bangunan kompleks Istana Schonbrunn bergaya Eropa klasik yang indah, mengitari kompleks istana pengunjung disuguhi suasana asri hutan yang menghijau dan menyejukkan pikiran. Hutan kota tersebut sengaja ditata sedemikian rapi sehingga mengesankan keindahan yang luar biasa. Keberadaan berebagai pepohonan di hutan ini menjadikan suasana udara di area Istana Schonbrunn senantiasak terasa sejuk dan segar. Hal inilah yang menjadikan lorong-lorong jalan setapak di kerindangan pepohonan hutan sering dimanfaatkan oleh warga Vienna untuk berjogging pada pagi maupun sore hari. Istana Schonbrunn akan senantiasa mengukirkan kenangan indah bagi siapapun yang pernah mengunjunginya. Mengunjungi Vienna tanpa mampir di Schonbrunn adalah sebuah kerugian maha besar. Monggo pinarak.

Lor Kedhaton, 16 Juli 2014


Filed under: Jagad Wisata Tagged: Schonbrunn, Vienna

#18

-

Mastop Story

on 2014-7-16 12:33am GMT

Alkhamdulillah telah sampai dihari yang ke-18.Dan saya senang sekali puasa saya masih lancar.Sayangnya tak bisa tarawih dengan lancar.Dengan berbagai alasan pula.hehe….

Hal lain yang jarang saya lakukan adalah ngeblog.Hemmmm….kalau ini entah kenapa.Sepertinya males saja.Ah yang penting puasanya lancar dulu.Puasa anda lancar juga kan?


Beberapa tahun terakhir tren busana muslim semakin digemari berbagai kalangan dari anak-anak, muda-mudi, mereka yang telah berusia matang, hingga orang yang kita bilang sepuh karena begitulah perawakannya.

Tak hanya lantaran tuntutan syariat yang mengharuskan seorang wanita menutupi tubuhnya dan menjulurkan jilbabnya. Saat ragam kosmetik halal mulai bermunculan, aneka produk hijab pun turut mengawalnya, yang didampingi pula aneka tutorial pemakaiannya, juga kemudahan dalam membelinya sebagaimana cara online atau biasa kita sebut online shop, yang kini mulai menjamur di Indonesia.

Benar memang dahulu hijab dikesankan sebagai busana muslim kampungan dan identik sebagai busana ibu-ibu pengajian, dan itu klop dengan apa yang dahulu saya pikirkan. Kini, hijab menjadi jenis fesyen yang modern dan stylish. Dan perubahan modelnya menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia saat ini untuk mulai secara sadar mengenakan hijab, di samping alasan peningkatan keimanan sebagaimana yang saya utarakan diatas.

Jadi dengan adanya tren fesyen baru yang dibarengi munculnya aneka produk kosmetik halal dan syar’i, wanita masa kini mulai percaya diri dalam mengenakan hijab untuk berangkat ke kampus-kampus, kesekolah-sekolah, kantor-kantor, bahkan tak sedikit kita jumpai para hijabers hadir di event resmi seperti pernikahan, pesta, dan tak lupa kopi darat sebagaimana yang beberapa hari lalu saya ikuti tatakala Ngabuburit bareng AQUA dan blogdetik di Klaten.

Dan inilah suplemen ampuh yang ternyata mampu menjadi salah satu pemicu mengapa banyaknya orang saat ini dengan PD-nya mengenakan hijab disetiap kesempatan.

Hijab Hunt 2014, Tren & Pasar Busana Muslim

Adalah Hijab Hunt 2014 yang merupakan salah satu event nasional bagi para pecinta hijab masa kini. Diselenggarakan Detik Forum bekerjasama dengan blogdetik dan rekannya, acara ini menjadi salah satu tolak ukur tren fesyen hijub masa kini, yang atmosfernya tidak boleh kita padang remeh, lantaran melalui helatan acara seperti inilah pondasi awal revolusi Hijab dapat segera terealisasi.

Tentunya hal ini sejalan dengan apa yang pernah di tulis Yuswohadi dalam blognya “Revolusi Pasar Hijabers”. Dan hal ini pula yang hari ini (Selasa, 15/07/2014) sedang di seminarkan di Jakarta dengan bahasan Membidik Konsumen Kelas Menengah Muslim Indonesia. Dan kita patut untuk memberikan applaus terhadapnya !!?! :D

Terang saat ini hijab bukan sekedar tren yang berlalu begitu saja, sebagaimana euphoria piala dunia. Dengan adanya Hijub Hunt 2014 seperti saat ini dimana 50 peserta telah masuk menjadi semi finalisnya. Kita patut bangga lantaran fesyen yang ada cukup ampuh untuk dijadikan acuan tren fesyen masa depan.

Karenanya pula poling vote kita dalam menentukan siapa diatara mereka yang layak menjadi Miss Hijab Hunt 2014 pantas untuk kita ikuti. Dan sebagai seorang muslim nan cinta busana Islami, kita sebisa mungkin turut berpartisipasi dengan cara sebagaimana dibawah ini :

NB. Buat kalian yang mau pakai cara No.1 silakan klik disini.

Gimana, cukup mudah kan cara poling vote-nya ? Tak sekedar nge-vote saja, untuk voters atau pemilih online maupun via sms yang pilihan 50 finalis Hijab Hunt 2014 terpilih sebagai pemenang favorit, maka berhak mendapatkan hadiah berupa Official T-Shirt dan Voucher belanja persembahan dari detik forum dan saqina.com. “Catet !!?!”

Oiya…buat kalian yang belum tahu apa itu Hijab Hunt 2014 dan bagaimana proses penyeleksian para peserta yang kini finalisnya telah masuk ke 50 besar. Selengkapnya dapat kalian simak di Detik Forum, atau menyimak perjalanannya via timeline facebook di laman ini.

_______

OK, siapa saja 50 kontestan yang lolos setelah penjurian dan kini sukses jadi Semi Finalis Hijab Hunt 2014 ? berikut beberapa pewajahannya nan bening penuh pesona dimana selengkapnya dapat kalian lihat disini.

Hijab, jelas menjadi kebutuhan wanita masa kini dan tren masif yang harus diuri-uri. Jika dahulu kita menganggapnya jadul atau terkesan norak dan ogah untuk mengenakannya. Mari melalui Hijab Hunt 2014 ini kita turut sukseskan, dengan mengikuti poling vote hijab hunt yang ada, agar tren fesyen yang kita harapkan menang dapat menjadi tren masif dimasa depan.

Dan melalui poling ini juga tren pasar busana muslim masa depan akan turut naik, tergenjot positif mewabah ke penjuru dunia tak sekedar di Indonesia saja. Tentunya imbasnya akan menjadi sumbangsih nyata dalam membumikan keindahan Islam, terutama melalui busanannya nan elok menawan.

Hijab Hunt 2014, peluang itu ada !

FUN Salon

-

Magelang Online

on 2014-7-15 4:23am GMT

Perawatan rambut mahal? Sudah bukan jamannya lagi!!! Rambut menjadi mahkota paling indah bagi wanita. Oleh karena itu banyak wanita lebih memilih memperhatikan tampilan rambut mereka karena dengan rambut yang terawat pasti juga mendukung penampilan. Perawatan untuk rambut pasti lebih baik jika dilakukan secara rutin agar rambut tetap terlihat menawan. Namun jangan asal pilih tempat untuk […]

Lebih lengkap artikel tentang "FUN Salon" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Penindasan Zionis Israel yang di lakukan ke Palestina telah berulang kali sebagaimana saat ini. Sebab tak masuk akal sengaja di hembuskan oleh mereka, hanya sebagai alasan formal saja untuk penuhi kepentingan pribadi yang jelas-jelas merugikan lawan. Serangkaian kesepakatan telah dibuat antara kedua belah pihak, termasuk Perjanjian Oslo II dimana dunia mencatatnya dengan serangkaian pelanggaran.

Sungguh, manakah sebenarnya yang patut di bela mati-matian dan mana yang harus segera dijatuhi hukuman karena ulah yang tak berperi kemanusiaan. Kerap kali satu pihak mengklaim pihak lainnya membuat ulah yang harus segera di tindak. Banyak mana sebetulnya kekerasan yang diperbuat oleh Zionis Israel-kah atau justru oleh warga Palestina yang sebetulnya sekedar bertahan diri untuk menjaga tanah air dan kemerdekaannya hingga saat ini ?

Aneh memang jika kita mau cermati kelakuan bangsa kera dan babi dimana Gaza yang sepenuhnya di bawah Palestina, justru Israel-lah yang bisa berbuat apa saja di kota ini. Pada prinsipnya, warga Israel tidak punya hak hingga boleh memasuki Area A di Tepi Barat yang sepenuhnya di bawah Otoritas Nasional Palestina sebagaimana perjanjian yang ada. Nyatanya, militer Zionis Israel bisa bebas keluar masuk wilayah Palestina kapan saja, bahkan mereka daat berbuat apa saja secara sepihak di daerah ini.

Save Palestina

Ilustrasi sebagian akar masalah yang telah diringkas ada dalam gambar diatas yang dilangsir Beritagar karya Paman Tyo. Sangat dangkal karena bidang gambar tak sanggup memuat semua segi pelik konflik Israel-Palestina, begitu katanya menambah keterangan terkait gambar.

Beberapa hari lalu seorang relawan Mer-C memaparkan saat diwawancarai salah satu TV swasta nasional bahwa, “Israel itu tak dapat di bilangi, ditegur sapa atau di intervensi, lantaran mereka bak anak nakal yang brutal dan tak tau diri, dimana mereka kerap kali membangkang”. Bocah gemblung lan mbejujag, kataku.

Melalui Tempo Dubes Palestina untuk Indonesia, Fariz Mehdawi, mengingatkan tentang Israel yang kejam dan mau menang sendiri : “rumah keluarga Palestina dibom atas nama pembalasan berlatar sangkaan; bahkan mulut seorang bocah disumpal obor, dibakar hidup-hidup.”

Cukup mengerikan tatkala kita mendengarnya atau ndilalah sempat menyaksikan apa yang dilakukan para Zionis Israel terhadap waga Palestina di kota Gaza. Dan mengherankan, kala warga diintimidasi sedemikian rupa hingga tak boleh hidup bebas di daerahnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas justru beruntung, dimana ia beberapa kali Natal bisa meninggalkan Ramallah (16 km dari Yerusalem) untuk menghadiri misa di Bethelehem (8 km dari Yerusalem). Jika kita tahu, pendahulunya (Yasser Arafat) beberapa kali dihalangi Israel ketika akan melakukan hal serupa. Hanya Kafiyeh yang menjadi wakil Arafat di gereja kala itu dan kini banyak diliput berbagai media.

Sebuah tanya mungkin keluar dari dari bibir mungil mahkluk berjenama manusia andaikan sempat dan boleh menyuarakannya kepada dunia, “Kapan Kebiadaban Zionis Israel Sirna dari Bumi ini ?”

_______

Dan kembali sebelum memungkasi tulisan ini, lantunan doa dari makhluk ringkih yang sedang menjalani puasa di bulan suci memujimu dengan Asmaul Husna :

“Ya Alloh Ya Robb kami, Ya Rahman Ya Rohim, semoga rakyat Palestina senantiasa Engkau beri ketegaran dan kesabaran dalam menghadapi cobaanya yang berbalas buncahan pahala menuju surga-Mu. Ya Alloh Ya Robb kami, kabulkan doa-doa mereka, doa-doa kaum muslimin di seluruh penjuru dunia, agar Zionis Israel nan busuk keturunan babi serta kera segera musnah, sirna dan masuk kedalam neraka-Mu yang didalamnya penuh dengan kebinasaan serta siksa.”

“Ya Alloh, himpunkanlah hati-hati kami kepada mereka, kokohkanlah kaki-kaki mereka, tepatkanlah tembakan para pejuang Palestina, luruskanlah niat dan pandangan mereka, dan berikanlah untuk mereka jalan keluar atas setiap kesulitan yang mereka hadapi. Aamiin.”

Sushi Bento

-

Magelang Online

on 2014-7-15 2:28am GMT

Makanan jepang khususnya sushi mendapat tempat tersendiri di kalangan penikmat kuliner. Sushi dengan citarasa jepangnya yang khas memanjakan setiap pecinta kuliner jepang dari mulai dewasa, remaja hingga anak-anak. Telah dibuka cafe sushi dan ramen di Magelang yang siap menyajikan sushi dengan rasa yang khas dan harga yang pas. SUSHI BENTO hadir di Skylight Plaza  dengan sajian […]

Lebih lengkap artikel tentang "Sushi Bento" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Agresi militer Zionis Israel kembali terjadi membinasakan ratusan nyawa penduduk Gaza yang akhirnya berpulang kepangkuan Sang Pencipta. Tak hanya lelaki serta wanita, anak-anak justru banyak yang menjadi korbannya dan hal ini jelas menjadi sebuah kejahatan masif nyata, dan perlu mendapat sokongan riil dari seluruh penduduk dunia.

Masih ingatkah kita hal serupa pun terjadi beberapa tahun lalu yang akhirnya membawa pesan syarat arti bagi kaum muslimin dan seluruh penduduk di dunia ini. Keajaiban demi keajaiban telah terjadi di jalur Gaza. Diatas sepetak tanah yang tak lebih dari 360 km persegi. Diatas tanah yang ditimpakan penderitaan lebih dari penjajahan manapun di abad modern ini kecuali Suriah yang jelas memiliki bobot berimbang lantaran kekejamannya.

Zionis Membombardir Pemukiman & Fasilitas Umum Gaza Korban Jiwa Berjatuhan Tak Lekang Usia Ibu-Ibu Kehilangan Anaknya Anak-Anak Menjadi Korban Utama Begitu Juga Para Wanita

_______

1 kg amunisi dan bahan peledak dijatuhkan oleh Zionis untuk masing-masing penduduk Gaza yang berjumlah 1, 5 juta jiwa. Melalui bom ini pula yang berpadu dengan misil serta peluru-peluru tajam kaliber besar “Ayat-Ayat Alloh Berbicara” selaras puluhan jet-jet tempur dan ratusan tank membombardir kota tanpa tersisa belas kasih.

Ribuan nyawa berguguran, ribuan warga menderita dan menadi korban. Namun lihatlah hingga saat ini, janji Alloh adalah pasti, kekuasaan Alloh terpancar dari Tanah Gaza, dari Bumi Suci Palestina. Tentu saja, kedzaliman Zionis keturunan babi dan kera tak akan bebas begitu saja.

Rasululloh Shalallahu’alaihi wasallam bersabda,
Dan takutlah engkau akan doa orang yang di dzalimi, sesungguhnya (doa orang yang di dzalimi itu) tidak ada diantaranya batas dan tidak ada diantaranya dinding.” (HR. Bukhari)

Tersebut dengan Karahmah. Sebuah situasi yang tidak biasa terjadi kecuali ketika kesulitan terjadi dan seorang hamba punya kedekatan hubungan dengan Alloh Ta’ala. Tentang perjuangan anak-anak, juga perjuangan perempuan dan pemuda beserta para orang tua yang bertahan pun badan penuh luka. Tentang keteguhan sejati para warga Gaza yang penuh iman dan takwa, dimana jiwa-jiwa mereka tak mempan diruntuhkan oleh bertonton peledak, jutaan peluru tajam, dan asap fosfor putih mematikan yang menghujani mereka siang dan malam.

Inilah hasil dari ikhtiar dengan pelengkap doa sebagai senjata utama dan Qiyamu lail sebagai pelurunya. Inilah beberapa karahmah Alloh di Bumi Suci Palestina yang menggetarkan pasukan babi dan kera hingga mereka lari tunggang langgang, ciut nyali dan tak sedikit mengalami sakit jiwa. Inilah kebesaran Alloh Ta’ala yang banyak diperlihatakan tatkala hambaNya bertakwa. Inilah bukti bahwa “Ayat-Ayat Alloh Berbicara” dan kita pantas menyakininya untuk mempertebal keimanan kita, memperkuat kecintaan kita kepada Alloh dan Rasul-Nya.

1. Pejuang Tertidur, Pasukan Zionis Hengkang

Bukan rahasia lagi jika hadirnya Malaikat Alloh dalam agresi militer Ziois ke Gaza adalah nyata dan terbukti. Dalam Agresi beberapa tahun lalu dua orang dokter asal Yordania yang bertugas di Gaza mengeluarkan pernyataan bahwa ia mengutip perkataan pejuang Al-Qassam bahwa : “Kami sedang mengawasi gerak-gerik pasukan Zionis dari lantai dua, mereka ingin masuk kedalam. Karena salah seorang pejuang telah memasang ranjau di pintu masuk, meledaklah ranjau itu bersamaan tewasnya pasukan Zionis yang mendatangi gedung tersebut. Mendengar adanya ledakan, tentara Zionis lain mengepung hingga terjadilah pertempuran sengit hingga jam dua pagi. Jam dua kami ketiduran sampai jam lima pagi. Kami bangun untuk melihat situasi, ternyata pasukan Zionis telah hengkang.”

Sebuah tanya, siapakah yang turut andil menghalau musuh hingga pasukan Zionis Israel pergi meninggalkan gedung, sementara para pejuang tertidur karena letih ?

2. Wangi Kesturi Dari Jenazah Pejuang Palestina

Sering kita mendengar bau wangi minyak kesturi semerbak dari jasad seorang yang gugur dijalan Alloh. Begitu juga di Gaza Palestina, salah satunya adalah jenazah Muhammad Abu Sya’r. Dia termasuk korban serangan bom pasukan Zionis Israel. Bau wangi tercium oleh orang yang menemukannya, lalu kabar kesyahidan menyebar kepelosok desa yang berdekatan dengan masjid. Para pemuda masjid berbondong-bondong meihatnya. Mereka bertahmid, bertahmid, dan bertakbir mengagungkan Asma Allohatas kesyahidan para syuhada.

3. Pasukan Zionis Melihat Pasukan Berpakaian Putih Bersama Pejuang

Salah seorang pasukan Zionis sedang diwawancarai oleh media Israel. Ia mengatakan kehilangan penglihatannya antaran melihat seorang pemuda berbaju putih melemparinya dengan segenggam debu. Seketika itu saya buta. Pasukan yang lain menceritakan bahwa pejuang Palestina memancing mereka alam banyak pertempuran laksana memancing Ayam dan Itik.

Tenaga medis Yordania menceritakan, “kami berangkat untuk menolong orang yang luka-luka disebelah utara Gaza, ketika itu pasukan Zionis menembaki sekeliling kaki kami. Katakan pada mereka, ‘kenapa kalian melakukan ini, kami bukan pejuang, kami tak bawa senjata apalagi bom.’ “Salah seorang pasukan Zionis berteriak, kalian orang Arab, kalian memakai pakaian putih, kalian malaikat, kalian berperang persama pejuang palestina.”

4. Pejuang Palestina Diselamatkan Mushaf Yang Tak Tembus Peluru

Dr. Hesham Az Zhighah menguraikan persaksiannya teradap beberapa hal yang mengejutkan selama bertugas. Beliau menyampaikan dalam acara Festival Ikatan Dokter Yordan setelah gencatan senjata di Gaza. Uniknya dalam persaksian itu Dr.Hesaham tak lupa membawa bukti proyektil peluru, mushaf Al-Qur’an Al Karim dan buku Hishnul Muslim yang berisi doa. Mushaf dan buku itu telah terkoyakoleh tembakan peluru Zionis.

Ia menceritakan, sebagai seorang dokter ia didatangi seorang pemuda yang menderita cukup parah dirumah sakit As-Shifa, Gaza. Penanganan kesehatan segera dilakukan. Tapi uniknya ia terkejut karena ternyata mereka menemukan proyektil peluru yang bersarang di buku saku pemuda itu. Pejuang itupun terkejut pula dengan kejadian tersebut. Ternyata, Mushaf Al-Qur’an dan buku saku hishnul muslim yang dibawanya turut menyelamatan nyawanya atas izin Alloh Ta’ala.

Yah..begitu begis dan keji memang serangan yang dilakukan pasukan Zionis terhadap warga di Gaza terkait alasan sederhana yang tak masuk akal dan justru mengada-ada. Disamping itu, hingga saat ini kisah-kisah mengagumkan terus terurai di Gaza Palestina sepanjang Agresi militer Zionis Israel yang nyata-nyata peranakan babi dan Kera. Tak sekedar duka bagi warga juga seluruh penduduk dunia, kebiadaban mereka (Zionis) turut menjadi pil pahit pengobar semangat jihad dan mempertebal taqwa, bahwa kekuasaan Alloh itu nyata dan seorang hamba teramat ringkih untuk berlepas diri selainNya.

Taukah kita, “Batupun Berbicara” dibalik kesombongan para Zionis saat ini atas senjata terbaru yang katanya mampu melindungi negara atas serangan dari luar tersebut “Iron Dome” ternyata mampu ditebus roket terbaru besutan para pejuan Palestina. Seperti apa roket tersebut yang mampu membuat panik pasukan Zionis dan warganya, berikut tayangannya :

Sebuah doa untuk saudaraku di Gaza Palestina :

“Ya Alloh, bukakanlah pintu-pintu bagi para pejuang melawan pasukan Zionis keturunan babi dan kera. Ya Alloh, hilangkanlah kesedihan, hilangkanlah kesulitan dari mereka, dan selamatkanlah mereka dari tipu daya yang menjerat dan dari semua orang munafik dan pendusta. Ya Alloh, himpunkanlah hati-hati kami kepada mereka, kokohkanlah kaki-kaki mereka, tepatkanlah tembakan para pejuang Palestina, luruskanlah niat dan pandangan mereka, dan berikanlah untuk mereka jalan keluar atas setiap kesulitan yang mereka hadapi. Aamiin”.

_______

Dari kisah nyata saat ini, juga sebuah buku apik “Dari Jalur Gaza : Ayat-Ayat Alloh Berbicara”, juga sumber lain seperti Youtube dan Facebook serta berbagai media online terkemuka.

Nggak mencoba = GAGAL

-

Penjara Mahasiswa

on 2014-7-14 10:51pm GMT
Kapan yak terakir nulis di blog. Kapan yak terakhir berangkat kuliah, Kapan yak terakhir ngerjain tugas. Sumpah udah lupa semua!!!. Kalau ada waktu baca cerita kecil dari makhluk yang kuliah di semester akhir. do'ain cepet lulus yak.

Di akhir semester kuliahku udah mulai berantakan, udah jarang kuliah, jarang ngerjain tugas, jarang mandi. (ok yang satu itu udah dari dulu). mungkin gara2 malas, emang malas ini adalah musuh paling bersahabat sama mahasiswa tingkat akhir.

Dan dampak yang paling kerasa sih mulai dari koplain dari ibuku, "kenapa nilai mulai turun?". padahal udah diumpetin tuh nilai semesteran. Ternyata tanpa sepengatahuanku kampus itu selalu ngirim nilai semesteran ke rumah. padahal kalo nilai jelek salah siapa? ya dosen lah. ngapain ngasih nilai jelek. (mulai cari-cari alesan)

Nah dari itu aku harus cari kesibukan biar bisa dapet alesan kalau nilaiku menurun. (Okelah bukan menurun tapi Jelek). Dan udah banyak temen kelas udah pada buka usaha ini itu. dan aku mulai memutar otak usaha apa yang kira2 laku tapi saingannya dikit. dan singkat cerita dapetlah jualan topi sablon. disinilah aku dapet berbagai alasan kalau nilaiku jelek. simak nih alasannya, sapa tau bisa buat contoh;
1. "Ya kan aku juga cari uang saku sendiri kan buk jualan topi, jadi maklum kalo kuliahnya keteteran"
2. "Maklum lah buk kalo gak berangkat kuliah harus nganter topi ke jalur gaza"
3. "Buk minta uangnya buat maketin BB biar bisa jualan online"


Berawal dari cuma mau cari alasan ke orang tua kalau nilai keteteran cerita ini bermula. (backsound jeng.. jeng.. jeng... jeng...)
Sekarang kan lagi ngetren tuh topi yang depannya bisa disablon tulisan semaunya. aku udah lama pengen beli, tapi mau dikata apa harga 90rb. jujur aku buat beli topi dengan harga segitu harus nabung 2 bulan kayaknya. bukannya sok lebay sih. tapi uang saku kuliah cuma mepet buat makan itupun 2x sehari. jadi aku cari2 topi yang sejenis tapi lebih murah. dan ternyata ada.

Akhirnya kebeli tuh 1 topi dengan pengorbanan tiap hari cuma makan nasi telor di warung. dengan bermodal hp android punya temen dan seperangkat keneksinya aku ajakin aja. ya gimana hp ku cuma bisa buat sms doang. telp aja gak bisa speakernya mati. masih inget banget waktu itu malam hari pukul setengah tujuh sambil nonton  on the spot di kontrakan temen mulai mikirin namanya apa. singkat cerita dapet nama @HatSaid_YK. dan dibuatlah akunnya dan langsung aku upload foto topiku tadi dan langsung aku cari2 folower dari temen2 deket dulu. dan ternyata ada yang minat tapi ya gitu masih temen sendiri ternyata dia gak mau langsung beli dia mau liat barang sablonnya kaya apa dulu. ya karna pelanggan pertama aku semangat2 aja dan sore harinya dia lihat dan jeng... jeng.. gak jadi beli soalnya sablonnya gak seperti yang dia harapkan.

Dari situ gak yakin sih mau lanjut apa enggak. tapi ya gak ada ruginya juga kalo nyoba. karena merasa gagal dar tweeter aku mulai menjamah anak2 dari kampungku buat beli topinya. ya tapi gitu lah karna kampungku sama jogja daya belinya beda bukannya dibeli malah ditawar terus. akhirnya aku kumpulin beberapa orang yang mau beli dari kampungku dan hanya ngambil untung dikit tapi kan ada lumayan banyak tuh yang beli jadi lumayan lah bisa buat traktir gebetan di kampus. akhirnya kejual tu beberapa topi.

Tapi masalah dateng lagi. kan gak mungkin tuh semua anak kampung beli semua dan akhirnya habis deh anak2 yang mau beli topinya. rasanya mentok otakku mau dijual kemana lagi. tapi tuhan selalu memberikan ide. aku buka lagi aja twitter dan mulai folow orang2 dan dari 2ribu orang yang aku folow ada juga yang beli. dan sengaja atau gak semua yang beli berdomisili di jogja. karena di jogja jadi bayarnya pas udah jadi biar sekalian dan gak ribet. awalnya sih lancar2 aja tuh pada tertib bayar. tapi ada sekali pas topi udah jadi ehh kontak bbm nya ilang gak tau kemana. yauda topi jadi nganggur. gak tau kenapa kaya ada pikiran "gak sedekah sih hen jadi kek gitu kan". maybe yes!!! tapi yauda lah mau gimana lagi orangnya gak jadi beli padahal udah jadi tu topi.

Dan setelah berjalan sebulan lebih akhirnya kekumpul lumayan juga duitnya dan akhirmya bisa kebeli HP yang ada BBM nya.. yuuuhuuuuu tapi ya itu HP yang cuma bisa sms dijual soalnya duitnya kurang. tapi kan belum bisa maketin BBM jadi aku tiap pulang kuliah pasti mampir ke basemen buat cari sinya WiFi buat balesin orang yang beli topi. ya gitulah hidup dibikin asik aja dibasemen banyak yang bening kok. banyak cewek sama botol aqua kosong

Tapi ternyata berbisnis online itu kepercayaan. walaupun cuma nanya terus ya gak tau juga kan mau beli apa gak, tapi ya ladenin aja. sapa tau beli. kan lumayan. modal chating dapet duit. dari beberapa jenis orang yang beli online itu ada beberapa sifat.
yang Pertama ini yang paling langka, enak ini orangnya dia cuma bilang. mas harganya 50 ya? aku pesen dong 1 aku kirim gambar ya! | ok silahkan | mengirim gambar... nomer rekeningnya berapa sama ongkir ke surabaya berapa | (tinggal dijawab lancar deh)
yang Kedua type sekali tanya. dia cuma tanya sekali. Bang harganya berapa? | 50rb.
udah habis itu gak ada balesan sampe 2 bulan kemudian. cuma menuhin contact sama menuhin recent update sedang mendengarkan Kangen Band - Yolanda. sedang mendengarkan Kangen Band - Doy
yang Kedua ngasih pertanyaan yang gak perlu dijawab. Mas itu topi jaring ya? | iya bang mau pesen? | iya nih tapi nanya2 dulu ya? | ok siapp | Topi jaringnya bahannya apa? | Ya topi sama jaring bang (harus jawab gimana coba kalo kaya gitu)

 Alhamdulliah sih ada aja yang beli topi walaupun selalu ada ketakutan kalau udah abis setok kepala orang buat makek topi. walaupun ada aja custemen yang rewel ada yang banyak tanya tanpa beli. ada yang cuma PHP tapi aku seneng ngejalani usaha kecil ini. sampai bisa beli barang yang mungkin gak bakal kebeli pake duit sendiri waktu masih bergelar MAHASISWA. tapi yakin aja Allah gak tidur, Allah akan memberi jalan. Tapi kita yang menentukan lewat jalan mana. mungkin ini baru gang pertama kehidupan yang harus dijalani.

Terimakasih Tuhan telah memberikan akal dan kesempatan memutar otak di kehidupan nyata tanpa harus memakai nilai IPK.

Terimakasih udah baca... Tunggu aku cerita lagi yak. Wasalam... \o/

Yups…gak terasa setelah seharian penuh seabrek aktivitas kita jalani, akhirnya waktu sore pun tiba dimana etape lanjutan puasa ramadhan kembali kita temui, dengan puncaknya mengisi masa menjelang waktu berbuka atau kitabiasamenyebutnya ngabuburit, dengan ragam aktifitas yang syarat nilai ibadah, pun itu kita lakukan sendirian, bersama keluarga juga teman, atau justru harus bersama atasan lantaran kerjaan masih menumpuk dan harus segera di bereskan agar lebaran merdeka dan libur tak punya beban.

Okelah apapun aktivitas saat ini menjelang waktu berbuka, dimanapun posisinya, dan bersama siapa kita saat ini yang terpenting adalah bagaimana kita menyiasati momen yang ada supaya waktu berbuka tetap semangat, tak ada kerut di wajah, dan benih pahala akan semakin membuncah, bukan berujung keluh kesah.

Dan belajar dari aktivitas harian yang saya lakukan di bulan Ramadhan beberapa tahun silam yang bermuara di Ramadhan tahun ini, saya mengambil kesimpulan bahwa puasa itu memerlukan seni dimana pelaksanaannya akan mempengaruhi bagaimana kita mengisi setiap waktu yang kita miliki, agar puasa semakin berkesan, menjalankannya semakin ringan, sehingga kita tak pernah menganggapnya sebagai tekanan, atau justru sebagai beban yang berusaha menyerang dan melawan.

Ramadhan tahun ini contohnya, hampir selama sebulan penuh saya telah agendakan mana masa untuk ngabuburit dan berbuka puasa bersama keluarga, mana masa berbuka dengan teman atau tetangga, juga mana masa dimana saya tiba-tiba harus berbuka puasa sendirian lantaran masih dalam perjalanan, sedang menyelesaikan pekerjaan atau yang lainnya.

Dua hari lalu misalnya, tatakala saya harus mengikuti acara ngablogburit bareng AQUA dan blogdetik diluar kota yang mana jelas menyita waktu dan tenaga. Maka jauh-jauh hari agar tidak terjadi benturan agenda atau penggembosan semangat dalam menjalankan ibadah puasa sayapun telah gendakan khusus, sehingga kegiatan dapat optimal seperti yang kita harapkan dan pahala mengalir sempurna layaknya bonus, dimana sering kita terima tatkala kerjaan tuntas kita laksanakan.

Seni, itulah inti bagaimana kita dapat mengisi agar setiap waktu dalam berbuka semakin seru dan penuh dengan arti.

Jum’at pagi itu, sedari waktu fajar Vienna diguyur hujan deras di tengah musim panas. Siklus pancaroba yang mengawali transisi musim nampaknya sudah dimulai di pertengahan tahun ini. Selepas hujan gerimis semakin menipis, saya langkahkan kaki keluar dari apartemen tempat menginap. Trem jalur O mengantarkan saya ke stasiun Wien Pratersten. Turun dari trem, saya langsung memasuki stasiun dan mengikuti arah peron U-1. Kereta bawah tanah ini kemudian mengantarkan saya menuju Schwedenplatz.

Kahlenberg1   Kahlenberg2

Di Schwedenplatz sayapun berganti melanjutkan perjalanan dengan kereta jalur U-4. Saya memang tengah menuju stasiun terakhir jalur U-4, stasiun Heiligenstadt. Setelah melewati beberapa stasiun antara, tak lebih dari 20 menit saya sudah tiba di stasiun akhir yang saya tuju. Stasiun akhir tersebut tentu saja belum merupakan tujuan akhir perjalanan saya pagi itu. Keluar dari sisi kiri stasiun, kaki saya langkahkan belok ke arah kanan. Beberapa langkah saya sudah menenukan halte bus jurusan 38A yang saya cari. Pagi itu saya ingin mendaki bukit di sisi barat laut Kota Vienna. Bukit itu dikenal sebagai Kahlenberg.

Kahlenberg6Kahlenberg berasal dari dua buah kata dalam bahasa Jerman. Kahl berarti telanjang, sedangkan berg berarti pegunungan. Jadi pagi gerimis itu saya sedang menuju suatu titik tertinggi di lingkaran perbatasan luar Kota Vienna. Konon dari titik di Kahlenberg itulah setiap pengunjung dapat melihat hamparan Kota Vienna dengan sebulat-bulatnya, seutuh-utuhnya, bahkan setelanjang-telanjangnya sebagaimana asal-usul namanya.

Bus 38A berwarna merahpun segera melaju. Pelan namun pasti, bus menapaki jalanan berbelok-belok melintasi beberapa halte pemberhentian. Sekitar sepuluh menit, perjalanan memasuki kota kecil di pinggiran Vienna yang bernama Grinzing. Selepas Grinzing, jalanan mulai menanjak dan berkelok. Rupanya bus segera akan mendaki bukit. Dan beberapa saat keluar dari Grinzing, di kanan-kiri jalanan sudah berjajar hutan homogen yang cukup lebat nan rapat. Beberapa deretan terasiring terbuka nampak dipenuhi dengan jajaran tanaman anggur yang menghijau bagaikan sabuk gunung yang memberikan nuansa indah kepada setiap mata yang memandang.

Kahlenberg5Setelah perjalanan sekitar 30 menit, sampailah titik tujuan saya pagi itu, Kahlenberg. Ternyata perjalanan yang cukup panjang tidak menjadi sia-sia karena pengunjung segera disuguhi dengan panorama Kota Vienna yang indah dari tepian bukit yang dipangkas menjadi sebuah tebing pantau yang sangat memukau. Dari atas, kita dapat memandang lepas dataran Kota Vienna yang dibelah dengan tenangnya sungai Donau atau Danube. Konon aliran sungai inilah yang telah menginspirasi komposer besar Johann Strauss mencipta lagu Waltz the Blue Danube.

Masih dari jauh di atas bukit, tepat di pinggiran aliran Donau berdiri megah beberapa menara pencakar langit yang menandakan keberadaan Vienna International Center. Vienna International Center merupakan markas beberapa perwakilan badan PBB, seperti International Atomic Energy Agency, UNIDO, UNICEF, CTBTO, dan beberapa lainnya. Lebih dekat masih sejajar di tepian sungai Donau nampak titik kecil sebuah kubah berwarna hijau yang dipuncaki dengan menara berbentuk bulan sabit. Itulah bangunan Vienna Islamic Center yang menjadi pusat kegiatan ummat Islam di Vienna, bahkan seluruh Austria.

Kahlenberg7   Kahlenberg8

Berbicara tentang Kahlenberg tentu tidak akan lengkap tanpa menengok jejal sejarah yang pernah ditorehkan di bukit tersebut. Konon pada saat itu, 11 September 1683, pasukan Turki di bawah komando Jenderal Kara Mustafa Pasha tengah melakukan pengepungan selama berbulan-bulan terhadap Kota Vienna. Selama pengepungan, pasukan Turki juga membuat terowongan bawah tanah sebanyak 257 yang berujung di sudut-sudut bastion benteng kota. Pada ujung terowongan tersebut sudah dipasang bom mesiu yang siap diledakkan hanya dalam hitungan komando sang jenderal. Pengepungan selam berbulan-bulan itupun telah memutuskan pasokan logistik sehingga dalam waktu dekat musuh diharapkan akan segera menyerah. Dengan penuh rasa optimis pasukan Turki yakin bahwa kemenangan hanya tinggal soal waktu beberapa saat saja.

Di luar dugaan pasukan Turki, terlihat luncuran-luncuran tembakan api ke udara dari dalam benteng Kota Vienna. Hanya kemungkinan dua isyarat yang disampaikan, menyerah atau justru meminta bantuan dari luar lingkaran kepungan pasukan Turki. di luar dugaan, ternyata pada saat kesiagaan tinggi untuk segera menakhlukkan Kota Vienna yang sudah digenggaman tangan, justru pasukan Turki sudah dikepung di sisi luar oleh gabungan pasukan Jerman dan Polandia. Mereka lupa memperhitungkan keberadaan Kahlenberg yang lengah dari pengawasan sehingga pasukan gabungan bala bantuan justru berhasil mengepung dari arah belakang.

Kahlenberg4  Kahlenberg3

Kini pasukan Turkilah yang berada di ujung tanduk. Maju kena, mundurpun kena. Sejarah akhirnya mencatat kekalahan pasukan Turki yang harus menyingkir ke arah timur akibat gempuran ganda dari dalam benteng Kota Vienna dan dari lingkaran luar Kahlenberg. Hari itu merupakan pencapaian titik terjauh ekspansi Kekhalifan Turki Ustmani di benua Eropa. Sebuah masa kejayaan yang menggelarkan kekuasaan Turki yang melebihi hampir tiga kali lipat luas wilayah kekuasaan Kekaisaran Romawi. Sejak itu pulalah sejarah Vienna mencatat Jenderal Kara Mustafa Pasha sebagai seorang penjahat perang dari sudut pandang bangsa barat.

Keanggunan bukit Kahlenberg di samping nilai historis pasukan Turki, semakin menarik dengan keberadaan gereja St. Joseph. Bangunan gereja dengan dinding tebal, tinggi menjulang, berwarna kuning krem tersebut konon dibangun sebagai penanda kemenangan pasukan gabungan Jerman dan Polandia yang berhasil memukul mundur pasukan Turki melalui bukit Kahlenberg. Di puncak gereja berdiri megah menara tinggi menjulang bergaya gothic tempat digantungkanya lonceng yang setiap pagi, puncak siang dan sore hari terdengar menggema di seantero bukit. Inilah sekilas jejak sejarah Kahlenberg yang pagi itu tengah saya kenangkan.

Lor Kedhaton, 15 Juli 2014


Filed under: Jagad Wisata Tagged: Kahlenberg, transportasi di Vienna, Vienna

Save Gaza

Agresi militer Zionis Israel kembali terjadi membinasakan ratusan nyawa penduduk Gaza yang akhirnya berpulang kepangkuan Sang Pencipta. Tak hanya lelaki serta wanita, anak-anak justru banyak yang menjadi korbannya dan hal ini jelas menjadi sebuah kejahatan masif nyata, dan perlu mendapat sokongan riil dari seluruh penduduk dunia.

Masih ingatkah kita hal serupa pun terjadi beberapa tahun lalu yang akhirnya membawa pesan syarat arti bagi kaum muslimin dan seluruh penduduk di dunia ini. Keajaiban demi keajaiban telah terjadi di jalur Gaza. Diatas sepetak tanah yang tak lebih dari 360 km persegi. Diatas tanah yang ditimpakan penderitaan lebih dari penjajahan manapun di abad modern ini kecuali Suriah yang jelas memiliki bobot berimbang lantaran kekejamannya.

Ditahun yang telah berlalu Zionis Israel jatuhkan 1 kg amunisi dan bahan peledak untuk masing-masing penduduk Gaza yang berjumlah 1, 5 juta jiwa. Melalui bom ini pula yang berpadu dengan misil serta peluru-peluru tajam kaliber besar “Ayat-Ayat Alloh Berbicara” selaras puluhan jet-jet tempur dan ratusan tank membombardir kota tanpa tersisa belas kasih.

Ribuan nyawa berguguran, ribuan warga menderita dan menadi korban. Namun lihatlah hingga saat ini, janji Alloh adalah pasti, kekuasaan Alloh terpancar dari Tanah Gaza, dari Bumi Suci Palestina. Tentu saja, kedzaliman Zionis keturunan babi dan kera tak akan bebas begitu saja.

Rasululloh Shalallahu’alaihi wasallam bersabda,
Dan takutlah engkau akan doa orang yang di dzalimi, sesungguhnya (doa orang yang di dzalimi itu) tidak ada diantaranya batas dan tidak ada diantaranya dinding.” (HR. Bukhari)

Tersebut dengan Karahmah. Sebuah situasi yang tidak biasa terjadi kecuali ketika kesulitan terjadi dan seorang hamba punya kedekatan hubungan dengan Alloh Ta’ala. Tentang perjuangan anak-anak, juga perjuangan perempuan dan pemuda beserta para orang tua yang bertahan pun badan penuh luka. Tentang keteguhan sejati para warga Gaza yang penuh iman dan takwa, dimana jiwa-jiwa mereka tak mempan diruntuhkan oleh bertonton peledak, jutaan peluru tajam, dan asap fosfor putih mematikan yang menghujani mereka siang dan malam.

Inilah hasil dari ikhtiar dengan pelengkap doa sebagai senjata utama dan Qiyamu lail sebagai pelurunya. Inilah beberapa karahmah Alloh di Bumi Suci Palestina yang menggetarkan pasukan babi dan kera hingga mereka lari tunggang langgang, ciut nyali dan tak sedikit mengalami sakit jiwa. Inilah kebesaran Alloh Ta’ala yang banyak diperlihatakan tatkala hambaNya bertakwa. Inilah bukti bahwa “Ayat-Ayat Alloh Berbicara” dan kita pantas menyakininya untuk mempertebal keimanan kita, memperkuat kecintaan kita kepada Alloh dan Rasul-Nya.

1. Pejuang Tertidur, Pasukan Zionis Hengkang

Bukan rahasia lagi jika hadirnya Malaikat Alloh dalam agresi militer Ziois ke Gaza adalah nyata dan terbukti. Dalam Agresi beberapa tahun lalu dua orang dokter asal Yordania yang bertugas di Gaza mengeluarkan pernyataan bahwa ia mengutip perkataan pejuang Al-Qassam bahwa : “Kami sedang mengawasi gerak-gerik pasukan Zionis dari lantai dua, mereka ingin masuk kedalam. Karena salah seorang pejuang telah memasang ranjau di pintu masuk, meledaklah ranjau itu bersamaan tewasnya pasukan Zionis yang mendatangi gedung tersebut. Mendengar adanya ledakan, tentara Zionis lain mengepung hingga terjadilah pertempuran sengit hingga jam dua pagi. Jam dua kami ketiduran sampai jam lima pagi. Kami bangun untuk melihat situasi, ternyata pasukan Zionis telah hengkang.”

Sebuah tanya, siapakah yang turut andil menghalau musuh hingga pasukan Zionis Israel pergi meninggalkan gedung, sementara para pejuang tertidur karena letih ?

2. Wangi Kesturi Dari Jenazah Pejuang Palestina

Sering kita mendengar bau wangi minyak kesturi semerbak dari jasad seorang yang gugur dijalan Alloh. Begitu juga di Gaza Palestina, salah satunya adalah jenazah Muhammad Abu Sya’r. Dia termasuk korban serangan bom pasukan Zionis Israel. Bau wangi tercium oleh orang yang menemukannya, lalu kabar kesyahidan menyebar kepelosok desa yang berdekatan dengan masjid. Para pemuda masjid berbondong-bondong meihatnya. Mereka bertahmid, bertahmid, dan bertakbir mengagungkan Asma Allohatas kesyahidan para syuhada.

3. Pasukan Zionis Melihat Pasukan Berpakaian Putih Bersama Pejuang

Salah seorang pasukan Zionis sedang diwawancarai oleh media Israel. Ia mengatakan kehilangan penglihatannya antaran melihat seorang pemuda berbaju putih melemparinya dengan segenggam debu. Seketika itu saya buta. Pasukan yang lain menceritakan bahwa pejuang Palestina memancing mereka alam banyak pertempuran laksana memancing Ayam dan Itik.

Tenaga medis Yordania menceritakan, “kami brangkat untuk menolong orang yang luka-luka disebelah utara Gaza, ketika itu pasukan Zionis menembaki sekeliling kaki kami. Katakan pada mereka, ‘kenapa kalian melakukan ini, kami bukan pejuang, kami tak bawa senjata apalagi bom.’ “Salah seorang pasukan Zionis berteriak, kalian orang Arab, kalian memakai pakaian putih, kalian malaikat, kalian berperang persama pejuang palestina.”

4. Pejuang Palestina Diselamatkan Mushaf Yang Tak Tembus Peluru

Dr. Hesham Az Zhighah menguraikan persaksiannya teradap beberapa hal yang mengejutkan selama bertugas. Beliau menyampaikan dalam acara Festival Ikatan Dokter Yordan setelah gencatan senjata di Gaza. Uniknya dalam persaksian itu Dr.Hesaham tak lupa membawa bukti proyektil peluru, mushaf Al-Qur’an Al Karim dan buku Hishnul Muslim yang berisi doa. Mushaf dan buku itu telah terkoyakoleh tembakan peluru Zionis.

Ia menceritakan, sebagai seorang dokter ia didatangi seorang pemuda yang menderita cukup parah dirumah sakit As-Shifa, Gaza. Penanganan kesehatan segera dilakukan. Tapi uniknya ia terkejut karena ternyata mereka menemukan proyektil peluru yang bersarang di buku saku pemuda itu. Pejuang itupun terkejut pula dengan kejadian tersebut. Ternyata, Mushaf Al-Qur’an dan buku saku hishnul muslim yang dibawanya turut menyelamatan nyawanya atas izin Alloh Ta’ala.

Yah..begitu begis dan keji memang serangan yang dilakukan pasukan Zionis terhadap warga di Gaza terkait alasan sederhana yang tak masuk akal dan justru mengada-ada. Disamping itu, hingga saat ini kisah-kisah mengagumkan terus terurai di Gaza Palestina sepanjang Agresi militer Zionis Israel yang nyata-nyata peranakan babi dan Kera. Tak sekedar duka bagi warga juga seluruh penduduk dunia, kebiadaban mereka (Zionis) turut menjadi pil pahit pengobar semangat jihad dan mempertebal taqwa, bahwa kekuasaan Alloh itu nyata dan seorang hamba teramat ringkih untuk berlepas diri selainNya.

Taukah kita, “Batupun Berbicara” dibalik kesombongan para Zionis saat ini atas senjata terbaru yang katanya mampu melindungi negara atas serangan dari luar tersebut “Iron Dome” ternyata mampu ditebus roket terbaru besutan para pejuan Palestina. Seperti apa roket tersebut yang mampu membuat panik pasukan Zionis dan warganya, berikut tayangannya :

Kesombongan Pasukan Zionis akan "Iron Dome" mampu dibungkam dngn Roket br Pejuang Gaza http://t.co/Kmfuf4YwL3 #SaveGaza #SelamatkanPalestina

— Ivan Purnawan (@ivanmagelang) 14 Juli 2014

Sebuah doa untuk saudaraku di Gaza Palestina :

“Ya Alloh, bukakanlah pintu-pintu bagi para pejuang melawan pasukan Zionis keturunan babi dan kera. Ya Alloh, hilangkanlah kesedihan, hilangkanlah kesulitan dari mereka, dan selamatkanlah mereka dari tipu daya yang menjerat dan dari semua orang munafik dan pendusta. Ya Alloh, himpunkanlah hati-hati kami kepada mereka, kokohkanlah kaki-kaki mereka, tepatkanlah tembakan para pejuang Palestina, luruskanlah niat dan pandangan mereka, dan berikanlah untuk mereka jalan keluar atas setiap kesulitan yang mereka hadapi. Aamiin”.

_______

Racikan Apik sebuah buku “Dari Gaza : Ayat-Ayat Alloh Berbicara dan Youtube”

Kolam Renang Soekotjo adalah satu dari sekian banyak kolam renang yang ada di Magelang. Bersumber langsung dari mata air yang segar menambah daya tarik tersendiri bagi kolam renang ini. Konon kolam renang ini sudah ada sejak jaman penjajahan dulu. Penjajah Belanda konon kabarnya yang membangun kolam renang ini pertama kali. Di desa Pisangan ini ditemukan […]

Lebih lengkap artikel tentang "Segarnya air di Kolam Renang Soekotjo" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Bagi warga Perum KORPRI Ngembik pastinya sudah tidak asing lagi dengan masjid ini. Masjid ini dinamai Al Wathonniyah yang artinya kebersamaan dalam sebuah negara dan kebangsaan, jadi kalau digabung dengan kata Ukhuwah maka menjadi kerukunan dalam berbangsa bernegara. Masjid Al Wathoniyah ini berada di dalam kampus Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang yang juga sama sama […]

Lebih lengkap artikel tentang "Masjid Al Wathoniyah Perum KORPRI Ngembik" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Lotek termasuk makanan kegemaran warga Magelang. Kali ini kami mencicipi warung lotek di Komplek Ruko Secaba, Tuguran. Disamping Lotek, warung ini juga menyediakan pecel, gado-gado, Lotis dan rujak. Pokoknya semua yang seger-seger dan yang di rajang-rajang hehe.. Minumnya sesuai dengan nama warungnya – Es Panda dan es-es yang lain seperti es teh, es jeruk dan lainnya. […]

Lebih lengkap artikel tentang "Warung Lotek – Es Panda" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

AKATIRTA Magelang

-

Magelang Online

on 2014-7-13 6:15pm GMT

Akademi Teknik Tirta Wiyata Magelang atau biasa disebut Akatirta memiliki misi yang tidak kalah penting yakni “Menyediakan tenaga kerja professional melalui jalur pendidikan diploma dibidang Teknik Lingkungan”. Teknik lingkungan yang akan dipelajari oleh para peserta didik tidak seperti pada kuliah di perguruan tinggi lainnya namun lebih focus pada bidang kerja yakni tentang penyediaan air minum […]

Lebih lengkap artikel tentang "AKATIRTA Magelang" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Hari itu merupakan pertengahan bulan Ramadhan 2014. Jum’at siang itu tepat menunjukkan jam 12 siang. Datangnya tengah hari tersebut ditandai dengan dentangan lonceng di Gereja Katedral Stephanplatz yang gagah megah di jalur Karntnerstrasse, Malioboronya Kota Vienna. Bersamaan dengan bunyi lonceng tersebut, guyuran air hujan tumpah dari langit dengan lebatnya. Para pengunjung di jalur protokol tersebut segera berhambur mencari tempat teduh masing-masing. Kerumunan arus justru membawa kaki saya melangkah memasuki gereja. Rupanya di dalam gereja sedang dimulai sebuah misa suci.

Bukannya hari Jum’at, kok malah “mengikuti” misa di gereja? Sabar dulu sedulur! Di Vienna, Jum’atan kebetulan tidak tepat dimulai pada saat tengah hari. Jam Dzuhur di kota ini baru masuk pada sekitar pukul 13.00. Dan memang, sesuai menengok misa sayapun buru-buru menuju stasiun bawah tanah yang akan membawa diri hamba ini menuju Vienna Islamic Center. Dari stasiun Stephanplatz, perjalanan ditempuh dengan kereta bawah tanah U1.  Di stasiun Swedenplatz, perjalanan berganti dengan kereta U3 hingga mencapai stasiun Spittelau. Dari sini masih berganti dengan kereta U6 untuk mencapai stasiun Neue Donau. Beberapa jengkal dari stasiun inilah berdiri dengan megah sebuah bangunan berkubah warna hijau dengan puncak berupa bulan sabit. Inilah Masjid Islamic Center Vienna (Vienna Islamic Zentrum) yang berada tepat di tepian sungai Donau.

Semenjak di dalam kereta U6, beberapa gerbong nampak dipenuhi muka-muka orang Timur Tengah, Afrika, juga Asia yang khas. Mereka semua adalah saudara seiman yang akan menuju masjid untuk bersembahyang Jum’at. Meskipun cuaca dingin selepas guyuran hujan sangat menyengat tulang dan kulit, tetapi ada spirit dan energi yang mendorong ratusan manusia mengular di jalur menuju masjid.

Setelah mengambil air wudhu di sudut luar belakang masjid, sayapun mengikuti arus jamaah yang memasuki ruang utama masjid. Jum’atan kali ini merupakan kedua kalinya saya diperkenankan Tuhan mengikutinya di masjid termegah di Vienna ini.

Tepat sekitar pukul 13.00, muadzin segera mengumandangkan adzan yang menandai ibadah sholat Jum’at segera dimulai. Khotib segera memulai khutbahnya. Selepas mengungkapkan puja dan puji syukur, serta menyampaikan pesan-pesan taqwa, khotib menyampaikan inti khutbah masih dengan bahasa Arab. Sekedar menebak-nebak isi khutbah yang disampaikan berkaitan dengan ketawadzuan ummat Islam sebagai buah ibadah puasa Ramadhan. Selebihnya, saya tidak tahu pasti apa saja poin-poin khutbah pada Jum’atan tersebut.

Selepas khutbah pertama usai, seorang pemuka masjid segera tampil di depan untuk menyampaikan terjemahan khutbah dalam bahas Jerman. Dibandingkan dengan khutbah dalam bahasa Arab, terjemahan khutbah dalam bahasa Jerman justru sama sekali tidak bisa saya pahami. Harap maklum, saya sama sekali tidak bisa bahasa negerinya Hitler tersebut. Maka pada saat demikian, justru saya semakin manggut-manggut. Bukan, sama sekali bukan karena paham dengan isi khutbah tetapi karena kantuk mendera dengan sangat kuatnya dan terlampau sulit untuk dilawan.

Setelah terjemahaan khutbah selesai disampaikan, maka khotib naik mimbar kembali untuk memberikan khutbah ke duanya. Tidak terlampau panjang sebagaimana khutbah pertama, khutbah segera dipungkasi dengan doa-doa yang dipanjatkan dengan penuh kesungguhan dan diamini dengan khusuk oleh segenap jamaah. Sejurus kemudian iqomad segera berkumandang. Jamaah segera berdiri tegak untuk mendirikan sholat.

Sedikit berbeda dengan Jum’atan tahun lalu yang saya ikuti di tempat yang sama, dalam sholat Jum’at kali justru hanya membaca surat pendek selepas Al Fatihah diamini jamaah. Tidak kurang tidak lebih, surat yang dipilih imam adalah Surat Al Asr dan Al Kautsar. Demikian sholat selesai, beberapa diantara jamaah banyak yang melanjutkannya dengan menjamakkan sholat Ashar.

Begitu rangkaian ibadah Jum’at rampung, beberapa pemuda maju ke depan mendekati mihrab imam. Setelah berbisik-bisik sesuatu dengan para pengurus masjid, seorang pemuda diantaranya diwawancarai oleh salah satu pemuka masjid. Pemuda tersebut bernama Thomas. Rupanya ia baru saja menyatakan diri untuk memenuhi panggilan kebenaran Allah SWT sebagaimana telah dirisalahkan oleh Kanjeng Rasul Muhammad SAW. Latar belakang masuknya si Thomas ke dalam agama Islam menarik para jamaah untuk merapat maju ke depan. Mereka sangat antusias mendengar penuturan saudara seiman mereka yang baru.

Setelah sharing cerita dari mualaf tersebut usai, jamaah segera berhambur keluar hingga halaman utama masjid penuh dengan kerumunan para jamaah. Pada kesempatan demikian, para jamaah memanfaatkannya untuk saling bertegur sapa dengan teman, kerabat ataupun justru saudara seiman yang baru saling berkenalan. Inilah keutamaan sholat berjamaah dalam merekatkan tali silaturahmi diantara sesama umat Islam. Ada juga kelompok jamaah yang memanfaatkan momentum perkumpulan jamaah tersebut untuk melakukan penggalangan dana, baik untuk keperluan sosial maupun kemanusiaan. Ada penggalangan dana untuk Palestina dan juga untuk Syria.

Meskipun Jum’atan siang itu diselimuti hawa dingin selepas guyuran air hujan di tengah musim panas yang kering, namun kehangatan justru mekar dari kedalaman jiwa setiap muslim yang turut menegakkan perintah Allah pada siang itu. Rasa haus dan lapar di tengah terpaan hawa yang berubah drastis dan juga durasi puasa yang sangat panjang, siang itu seolah sama sekali tidak dirasakan menjadi beban yang berat. Jiwa-jiwa mukhlis manusia beriman yang terserak di sudut-sudut Kota Vienna yang sekuler, pada siang tersebut mendapatkan siraman kesejukan yang sungguh luar biasa.

Renweg, 11 Juli 2014


Filed under: Jagad Religi Tagged: Ramadhan, Vienna, Vienna Islamic Centre

Pembiaran Perilaku Korupsi

-

nahdhi(is)me

on 2014-7-11 4:05pm GMT
Sikap permisif terhadap orang yang menyerobot antrian tidak menunjukkan kesabaran kita tetapi justru menunjukkan betapa lemahnya keberanian kita untuk menegakkan etika. Pun ketika anda mengingatkan seseorang yang menyerobot antrian tetapi justru anda dianggap tidak sabaran oleh orang sekeliling anda karena toh hanya satu orang, maka pada saat itu pula sikap permisif secara kolektif orang sekeliling […]

Ibadah dibulan ramadhan sangat kompleks. Jika kita berbuat kebaikan akan dilipatgandakan 10 kali , jika kita melakukan perbuatan salah akan mendapatkan dosa 10 kali lipat juga. Sholat, Puasa, berkata baik, tidak berbohong, merupakan perbuatan yang dianjurkan.

1g

Sebagai seorang wanita, kita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, kalau kita di luruskan akan “patah”, kalau dibiarkan saja akan tetap dalam keadaan bengkok. Kita juga lemah akal, maksudnya adalah mudah tidak bersyukur, bawel, sering berani kepada suami serta mudah dalam mengeluarkan kata-kata.

Untuk mudah dalam mengeluarkan kata-kata ini, banyak definisinya. Menurut saya, kita tanpa sadar dalam kumpul-kumpul terjerumus ke ngerumpi asyik, tak terasa kita membicarakan aib dan kesalahan orang lain. Padahal agama sangat melarang kita dalam hal ini. Kita belumlah tentu lebih baik dari yang di gunjung, kalaulah tidak benar tentang yang digunjingkan maka mengarah ke fitnah.

Semuanya sama saja ghibah (menggunjing itu) walau benar apa yang kita katakan, orang yang kita bicarakan tersebut belum tentu senang. maka dari itu sebisa mungkin kita hindari perbuatan tercela yang terasa ringan ini. Kadang tanpa terasa, siang haridaripada mengantuk mending buka-buka kompi untuk lihat status atau berita di sosial media, tak pelak ada berita menarik hingga membuat saya gatal untuk mengomentari. Saya pernah terpancing dan tidak sadar diri kalau dalam komentar saya itu ternyata membuat orang lain tidak nyaman. Hal yang dianggap sepele itu kalau tidak hati-hati bisa terjerumus dalam ghibah yang tidak diperbolehkan.

Allah Subhanahu wa taala memberikan gambaran terhadap pelaku ghibah ini dengan memakan daging saudaranya sendiri. hiii…ngeri kan

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan sakwa-sangka, karena sebagian dari sakwa-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati?. .. (QS Al Hujurat : 12)

Mereka kelak diakhirat akan diberikan hukuman sebagaimana sabda Rasulullah Shalallahu alaihi wa salaam :

 “Seseorang hamba yang membicarakan sesuatu yang belum jelas baginya (hakikat dan akibatnya), akan dilempar ke neraka sejauh antara timur dan barat.” (Riwayat Muslim)

Namun tidak semua ghibah itu sangat terlarang, namun ada ghibah yang diperbolehkan, semisal kita teraniaya, lalu megadukan perbuatan tercela tersebut kepada pihak yang berwenang, misalnya ke aparat penegak hukum atau ke pengadilan.

yang kedua, adalah untuk mengingatkan dari bahaya, semisal pekerjaan beresiko seperti intelegen suatu negara, atau ketika kita melihat seseorang membeli suatu barang namun barang tersebut ternyata ada cacatnya dan si pembeli tidak mengetahui, kita diperbolehkan memberi tahu tanpa mengacaukan transaksi jual beli dan tidak ada yang dirugikan.

Dan masih banyak lainnya, semoga kita termasuk orang yang selalu diberkahi dalam kehidupan dan menjalankan puasa dengan hikmad.

8378427f10054e44b6c29019f2d783b7_banner-ngablogburit-2014


Setiap tahunnya jalur utama yang menghubungkan antara Semarang-Magelang-Jogja menjadi jalur paling padat di musim mudik. Karena sebagai salah satu jalur utama untuk menuju kota-kota besar di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta jalan Magelang-Jogja akan menjadi sangat ramai dengan plat-plat dari luar daerah. Dengan kemacetan yang pasti akan terjadi setiap hari dan jam saat musim mudik […]

Lebih lengkap artikel tentang "Masjid Besar AL-Huda (Mertoyudan)" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Ifthor

Sudjiwo Tedjo seorang seniman yang juga artis dalam tayangan bertajuk SosMed di salah satu stasiun TV swasta mengatakan “Jika ditanya kenapa engkau jatuh cinta dan engkau masih bisa menjawabnya berarti engkau belum sepenuhnya mencintai orang tersebut.” Dan sepertinya hal tersebut saya rasakan sore ini tatkala tema ngablogburit blogdetik terproduksi menjadi tema harian bagi para blogger setanah air. “Takjil Favorit Berbuka Puasa”

Entah mengapa saya sendiri juga bingung ketika ditanya hal demikian. Selalu saja setiap makanan yang ada di hadapanku sekarang ini biasa dan enggan untuk dipanggil favorit padahal rupa dan jenisnya beragam dari yang basah hingga yang kering. Tahun lalu memang Es Cincau Gula Merah bener-bener jadi salah satu kudapan jagoan yang hampir selalu ada disetiap kesempatan. Dan ramadhan tahun ini semuanya berubah drastis “PAS” seperti apa yang saya harapkan.

Lho, kenapa gak ada Takjil Favorit Justru Girang ?

Bukan tanpa alasan mengapa saya mengharapkan demikian. Yang pertama, ketika kita punya takjil favorit maka rasa syukur kita terhadap takjil-takjil untuk berbuka yang lain akan tergerus dan hal ini mengurangi nilai kenikmatan kita untuk menyantapnya, apalagi mensyukurinya.

Sedangkan yang kedua, karena tahun ini hampir setiap sore saya mendampingi anak-anak TPA beserta Remaja Masjid untuk ngabuburit bareg di Masjid, maka menu takjil pun setiap harinya tak pernah sama sekehendak hati pemberinya. Ada kolak alhamdulillah, ada kue terimakasih, ada kurma maturnuwun, dan lain sebagainya.

Dan hal inilah inti sebenarnya kenapa saya bingung dan justru girang ketika ditanya seputar akjil favorit dan harus menjawab “gak ada menu takjil favorit”. Karena apa ? karena saya berasumsi bahwa semua takjil yang tersedia apapun wujudnya, apapun jenisnya adalah favorit. Semuanya nikmat, istimewa, semuanya juara.

Dan bersamanya pula saya semakin bersyukur lantaran sesekali waktu teringat bahwa air wudhu-pun adakalanya menjadi menu berbuka yang luar biasa segar dan nikmat istimewa. It’s true and it’s real, namun jangan pernah menjadikan air wudhu sebagai menu favorit untuk berbuka kita, berbahaya…berbahaya :D

Sumber : ibrahimradio.com Entah kenapa akhir-akhir ini gue didera rasa males yang sungguh luar biasa. Mau ngapain aja rasanya maleees banget, termasuk ngeblog, bawaannya pengen duduk-duduk, nyantai atau tidur-tiduran dirumah. Emang sih ini bulan puasa, tapi seharusnya puasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan kan? Malahan kalau puasa gini seharusnya kita harus lebih rajin mengerjakan

Satu Suara Sah

-

IvanPurnawan

on 2014-7-09 9:19am GMT

Satu

Tak perlu banyak kata untuk berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia menuju bangsa yang berdikari, ditakuti dan dihormati bangsa lain. Tak perlu keluarkan biaya lantaran negara telah keluarkan miliaran rupiah untuk mewujudkannya yang berpuncak hari ini (9 Juli 2014).

Masa kampanye telah berlalu, masa tenang telah ditinggalkan, dan kini saatnya kita bersatu memanfaatkan suara potensial kita menuju masa depan Indonesia nan gemilang. Siapapun pilihannya, siapapun yang menjadi idola kita, cukup satu suara sah dan kita telah berkontribusi dalam membangun masa depan bangsa Indonesia.

Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi. Mari gerak cepat, Indonesia harus segera bangkit dari keterpurukan.

Masih melanjutkan bicara tenteng summer. Pernah dengar lagu berjudul summer time? Saya sama sekali tidak tahu persis siapa pengarang atau komposer lagu tersebut. Tetapi beberapa kali pernah mendengar lagu tersebut dinyanyikan secara jazzy oleh beberapa pemusik jazz, seperti Beben Jazz dengan Komunitas Jazz Kemayorannya.

Nah, maaf-maaf saja. Sebenarnya apa yang mau saya tulis tidak ada hubungannya sama sekali dengan lagu summer time, tetapi benar-benar berkaitan dengan summer time sebagaimana bahasan postingan sebelumnya yaitu tentang musim panas pada bulan puasa seperti yang saat ini tengah berlangsung di belahan bumi sisi utara khatulistiwa. Nah memang sebuah kebetulan, pada saat puasa seperti sekarang ini kok ndilalah saya malah diperjalankan ke Vienna, jantung benua Eropa.

Sebagai orang Nusantara yang notabene bangsa khatulistiwa tulen, tentu saja menjalani puasa di musim panas seperti di Vienna ini merupakan tantangan tersendiri yang tidak ringan apalagi mudah. Coba sampeyan bayangkan. Siang hari di sini jauh lebih panjang daripada malam harinya. Rata-rata jam Imsak datang pada pukul 03.00 dini hari. Adapun waktu Maghrib saat matahari tenggelam baru terjadi pada sekitar  jam 21.00. Paling kurang puasa di kota Vienna tahun ini dijalani selama tidak kurang dari 18 jam.

Bukan semata-mata durasi puasa yang panjang yang sudah pasti menuntut perut harus lebih tahan melilit. Ada beberapa hal yang justru lebih berat daripada soal yang satu itu. Yang pertama soal kondisi cuaca yang cukup ekstrim. Bayangkan saja, pada saat pagi hari suhu udara termasuk dingin menusuk tulang. Mungkin sekitar 10-12 derajat. Demikian halnya pada saat menjelang waktu Maghrib. Di sisi lain suhu udara pada saat tengah hari sangat terik, bisa mencapai kisaran 30 derajat. Nah ini dia nih, yang harus sangat diwaspai jika lidah serta kerongkongan yang super kering dan bibir pecah-pecah karena sangat hausnya.

Di samping kondisi suhu yang cukup signifikan perbedaannya, pada pagi dan petang tiupan angin juga sangat kencang. Tidak jarang angin yang kencang juga dibarengi dengan gerimis lembut yang semakin mencekam tulang. Keadaan perut kosong dalam kondisi demikian harus ekstra dijaga kalau tidak ingin kebanyakan menelan dan memakan angin hingga bisa menyebabkan masuk angin, bahkan angin duduk.

Jika tantang yang saya kategorikan di atas masih berkaitan dengan ketahan fisik raga pada saat menjalani puasa, maka tantangan ke dua justru berkaitan dengan stabilitas ketahan batin manusia. Nah apa pasalnya coba?

Musim panas bagi para kaum bule adalah hari-hari liburan panjang. Pada bulan-bulan demikian, dunia pariwisata memang sedang dalam puncak ramai-ramainya. Orang hilir-mudik dari satu tempat wisata ke tempat yang lain. Dari satu kota melintas ke kota lain. Dari kota merambah desa, hutan dan gunung. Yang dari gunung turun ke kota, meninggalkan suasana sepi dan bersantai di tepi pantai.

Jika biasa para bule terbiasa dalam kondisi udara dari sangat dingin hingga sejuk, maka pada musim panas sudah pasti mereka seolah tersiksa oleh udara yang panas. Jika merasa kedinginan para bule wedok tersebut brukut dengan pakaian hangat atau jaket bulu mereka, maka jika kepanasan dapat dibayangkan to? Coba saja bayangkan cacing yang kepanasan? Nah kalau sudah demikian, sampeyan tentu bisa membayangkan seperti apa model pakaian mereka, khususnya para wedokan bule-bule tersebut. Yang pasti semriwing you can see everything. Sudah demikian, mereka ngeler wudel bin aurat yang di jalam-jalan, ya di taman-taman, ya di dalam bis kota dan kereta. Nah urusan inilah yang paling berat menggoda mata dan iman. Kepripun coba?

VIC, 9 Juli 2014


Filed under: Jagad Bubrah Tagged: puasa, Ramadhan, Vienna, Vienna International Centre

Skor pertandingan semifinal Piala dunia 2014 antara Jerman vs Brazil pagi ini memang cukup menghebohkan, 7-1. Tapi rasa-rasanya, lebih menghebohkan lagi ketika skor tersebut dibuat cocokologi tentang pilpres.

Banyak pendukung Jokowi yang menganggap 7-1 sebagai momentum pertanda bagi Jokowi untuk terpilih, alasannya skor 7-1 senada dengan Typografi 7OKOW1.

Kubu pendukung Prabowo pun tak mau kalah, Skor 7-1 diothak-athik sehingga dianggap sebagai pertanda, Bahwa Presiden Indonesia ke 7 adalah capres nomor urut 1. Oalah.

Saya kok jadi miris sekaligus geli, ternyata sebegitu besarnya sensitifitas othak-othik alias Cocokologi masyarakat Indonesia. Sungguh ilmu padu-padan yang luar biasa. Kreatif memang, Namun ngeri. Cenderung klenik dan terlalu takhayul.

Saya jadi teringat masa-masa sewaktu dulu Togel masih cukup berjaya. Dimana waktu itu, ilmu Othak-athik gathuk ini begitu diamalkan oleh banyak masyarakat. Jangankan isyarat mimpi, lha wong plat nomor kendaraan bekas kecelakaan saja sering dijadikan rujukan je.

Tapi sejujurnya, di relung hati saya yang terdalam, saya kok tetap merasa, bahwa othak-athik gathuk itulah yang kadang membuat masyarakat kita meriah. Banyak keseruan-keseruan dan kekonyolan yang bisa kita tertawakan dan kita jadikan banyolan hiburan. Ah, Tak apalah Othak-athik gathuk, asal masih dalam tingkat kewajaran dan tidak menjorok pada kemusyrikan.

Mungkin Indonesia perlu membangun Universitas Othak-Athik Gathuk, Fakultas Ndilalah, dengan Mbah Jambrong sebagai Dosennya.

Jayalah Mistik Indonesia, jayalah Othak-athik gathuk... Hehehe

SURAT DARI SETAN UNTUKMU

-

Hamasah!

on 2014-7-08 4:29pm GMT
(Surat Dari Iblis) ( Surat ini akan membuat anda benar-benar berfikir) (Sebenarnya surat ini hampir membuatku gila saat aku membacanya, tapi aku harus memforwardnya karena catatan kecil dibawahnya) **************************************** SURAT DARI SETAN UNTUKMU

Aku melihatmu kemarin, saat engkau memulai aktifitas harianmu. Kau bangun tanpa sujud mengerjakan subuhmu Bahkan kemudian, kau juga tidak mengucapkan "Bismillah" sebelum memulai santapanmu, juga tidak sempat mengerjakan shalat Isha sebelum berangkat ketempat tidurmu Kau benar2 orang yang bersyukur, aku menyukainya.

Aku tak dapat mengungkapkan betapa senangnya aku melihatmu tidak merubah cara hidupmu. Hai Bodoh, Kamu millikku. Ingat, kau dan aku sudah bertahun-tahun bersama, dan aku masih belum bisa benar2 mencintaimu.
Malah aku masih membencimu, karena aku benci Allah. Aku hanya menggunakanmu untuk membalas dendamku kepada Allah. Dia sudah mencampakkan aku dari surga, dan aku akan tetap memanfaatkanmu sepanjang masa untuk mebalaskannya
Kau lihat, ALLAH MENYAYANGIMU dan dia masih memiliki rencana-rencana untukmu dihari depan. Tapi kau sudah menyerahkan hidupmu padaku, dan aku akan membuat kehidupanmu seperti neraka. Sehingga kita bisa bersama dua kali dan ini akan menyakiti hati ALLAH
Aku benar-benar berterimakasih padamu, karena aku sudah menunjukkan kepada NYA siapa yang menjadi pengatur dalam hidupmu dalam masa2 yang kita jalani
Kita nonton film porno bersama, memaki orang, mencuri, berbohong, munafik, makan sekenyang-kenyangya, guyon2an jorok, bergosip, manghakimi orang, menghujam orang dari belakang, tidak hormat pada orang tua , Tidak menghargai Masjid, berperilaku buruk.
TENTUNYA kau tak ingin meninggalkan ini begitu saja. Ayolah, Hai Bodoh, kita terbakar bersama, selamanya. Aku masih memiliki rencana2 hangat untuk kita. Ini hanya merupakan surat penghargaanku untuk mu. Aku ingin mengucapkan 'TERIMAKASIH' karena sudah mengizinkanku memanfaatkan hampir semua masa hidupmu.
Kamu memang sangat mudah dibodohi, aku menertawakanmu. Saat kau tergoda berbuat dosa kamu menghadiahkan tawa. Dosa sudah mulai mewarnai hidupmu.
Kamu sudah 20 tahun lebih tua, dan sekarang aku perlu darah muda. Jadi, pergi dan lanjutkanlah mengajarkan orang-orang muda bagaimana berbuat dosa.
Yang perlu kau lakukan adalah merokok, mabuk-mabukan, berbohong, berjudi, bergosip, dan hiduplah se-egois mungkin. Lakukan semua ini didepan anak-anak dan mereka akan menirunya.
Begitulah anak-anak . Baiklah, aku persilahkan kau bergerak sekarang. Aku akan kembali beberapa detik lagi untuk menggoda mu lagi. Jika kau cukup cerdas, kau akan lari sembunyi, dan bertaubat atas dosa-dosamu.
Dan hidup untuk Allah dengan sisa umurmu yang tinggal sedikit. Memperingati orang bukan tabiatku, tapi diusiamu sekarang dan tetap melakukan dosa, sepertinya memang agak aneh.
Jangan salah sangka, aku masih tetap membencimu. Hanya saja kau harus menjadi orng tolol yang lebih baik dimata ALLAH.

Catatan :
Jika kau benar2 menyayangiku , kau tak akan membagi surat ini dengan siapapun.

QS Al-Asr
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.
3. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran
http://maggots.xtgem.com/islam/dosa%20hebat

Home

Selamat sore mas mbak. Bagaimana kabar sampeyan? (Ngasi njawab: "Kabar Gembira, untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya", tak sampar tenan telakmu), semoga senantiasa baik dan sumringah.

Puasanya bagaimana, kuat? Yah, semoga kuat, lha wong mbujang bertahun-tahun aja kuat, masak puasa yang cuma sebulan sampeyan ndak kuat. Hehehe... oke skip saja.

Jadi begini mas mbak, saya hanya ingin memberitahukan, bahwasanya Buku saya "Jomblo Tapi Hafal Pancasila" Alhamdulillah sudah terbit. Sudah bisa dibeli online di StarBuku, atau Mizanstore.



Untuk para pembaca blog ini, kalau sampeyan berminat, silahkan dibeli, dibaca, dan dipinjamkan ke orang lain. Seoga terhibur dengan buku saya.

Tentang Buku Jomblo tapi Hafal Pancasila

Buku ini berisi artikel-artikel saya yang pernah saya posting di blog ini plus artikel baru yang belum pernah saya publish. Persentasenya 60% artikel di blog dan 40% artikel baru. Jadi untuk para pembaca blog saya yang membeli buku ini, mungkin akan sedikit kecewa karena banyak artikel yang sudah pernah saya posting di blog ini.

Hingga saat ini, saya masih susah untuk percaya jika artikel-artikel saya yang tercecer di blog pribadi maupun media lain akhirnya bisa dibukukan. Sungguh ini adalah salah satu pencapaian yang sangat menggembirakan bagi saya.

Awal terjadinya kesepakatan penyusunan buku ini pun saya rasa agak wagu. Entah betapa bejo-nya saya, beberapa bulan yang lalu, saya mendadak tenar gara-gara kasus edit foto bareng artis, dari situ kemudian banyak yang tertarik untuk mengunjungi blog saya, dan Ndilalah Alhamdulillah ternyata banyak yang menilai kalau tulisan saya di blog enak untuk dibaca. Lalu datanglah tawaran untuk membuat buku bersama Bentang Pustaka yang disampaikan sendiri oleh sang Editor. Saya pun menyetujuinya. Yah, begitulah. Tak ada yang istimewa. Saya sama sekali tak punya pengalaman atau minimal punya disiplin menulis yang mumpuni. Jadi bisa dibilang, saya bisa menulis buku ini ya karena modal bejo dan modal Ndilalah.

Seluruh isi yang terdapat dalam buku sederhana ini adalah kumpulan catatan kisah keseharian saya maupun pemikiran-pemikiran bodho saya. Jadi jangan harap sampeyan bisa tambah pinter atau tambah cerdas setelah membaca buku ini. Pun saya juga tak bisa menjanjikan anda akan selalu tersenyum setelah membaca buku ini.

Yang pasti, saya selalu ingin memberikan manfaat-manfaat dan wejangan terselubung dalam bentuk kisah maupun artikel tentang keseharian saya yang saya coba kemas dalam bentuk yang sejenaka mungkin (walaupun sekali lagi saya ndak jamin, itu bisa membuat anda tersenyum atau tidak). Beberapa memang ada judul yang sama sekali tak ada unsur jenaka-nya, namun sisanya saya jamin ada. Lagipula, sampeyan harus ingat, ini buku, bukan Komeng atau Cak Lontong.

Saya juga sebenarnya ndak yakin apakah buku ini bisa laku keras, karena menurut saya, kisah-kisah keseharian saya yang saya tuangkan dalam buku ini saya rasa memang kurang menarik untuk dibaca (bahkan untuk dijalani). Tapi jika kok ndilalah buku ini ternyata laku keras, jelas itu adalah sebuah penghargaan yang sangat besar bagi saya. Dan itu sangat membantu mendongkrak perekonomian keluarga saya. Saya berharap, sampeyan dapat buku ini dari hasil membeli, bukan hasil minjem atau malah hasil dari ngutil. Karena asal sampeyan tahu, setiap sampeyan beli satu eksemplar buku ini, secara tidak langsung sampeyan sudah membantu satu anak manusia untuk meninggalkan status bujang-nya.

Agus Mulyadi (Blogger, Lapendoz)


Pengumuman!
Saya ingin memberikan buku ini gratis kepada 3 komentator terbanyak blog ini, Untuk pembaca yang merasa punya akun Andy MSE, Alris, dan Indri Lee, mohon kalau njenengan baca update ini, silahkan berkomentar dengan akun yang biasa anda gunakan untuk berkomentar di blog ini, lalu kirim kontak ke [email protected], matursuwun.

Summer dan Puasa

-

Sang Nananging Jagad

on 2014-7-08 12:00pm GMT

Summer, bukan semar lho ya! Para bule-bule di belahan barat ataupun para bumiputera yang bicara nginggris biasa mengartikannya dengan musim panas. Mungkin kata summer setara dengan ungkapan wong Jowo untuk ketiga, sebutan untuk bulan-bulan yang jarang terjadi turun hujan. Gampangnya ya musim panas. Gitu lho!

Dari pelajaran ilmu bumi atau geografi yang pernah kita dapatkan di bangku sekolah, kita paham bersaman bahwa bumi tempat tinggal kita berbentuk bulat. Bola bumi yang bulat tersebut tidak hanya diam tetapi ia berputar pada porosnya yang dikenal sebagai rotasi bumi. Gerakan rotasi bumi menimbulkan terjadinya perbedaan waktu penerimaan sinar matahari dari titik ke titik di permukaan bumi. Bagian bumi yang menghadap ke matahari akan mengalami waktu siang hari. Adapun bagian bumi yang membelakangi matahari akan gelap gulita, alias mengalami malam hari. Waktu yang diperlukan oleh bumi untuk berotasi satu kali disepakati sebagai satuan hari, yaitu 24 jam. Secara lebih teliti dalam satuan waktu yang lebih kecil, rotasi bumi menyebabkan terjadinya perbedaan waktu dimana dari arah timur ke barat terdapat pelambatan jam.

Di samping mengalami rotasi, bumi juga beredar pada lintasan yang mengelilingi matahari sebagai pusat tata surya. Perputaran ini disebut sebagai revolusi bumi yang memerlukan waktu kurang lebih 365 hari. Hitungan inilah yang disebut sebagai rentang waktu satu tahun. Satu tahun dibagi menjadi 12 bulan. Apabila rotasi bumi berpengaruh terhadap perbedaan waktu harian, maka revolusi bumi menyebabkan terjadinya perbedaan musim. Di daerah lintang rendah (sekitar khatulistiwa) pada setiap tahun pada umumnya terjadi dua musim, yaitu musim penghujan dan musin kemarau. Sedangkan di daerah lintang tinggi, terdapat empat perbedaan musim, yaitu musim panas, gugur, dingin dan semi. Di samping itu, panjangnya malam dan siang hari untuk daerah tersebut juga berubah-ubah.

Bersamaan dengan bulan Ramadhan tahun ini yang jatuh pada bulan Juli, belahan bumi utara sedang mengalami musim panas. Musim panas disebabkan garis edar matahari berada di sisi utara khatulistiwa. Dengan demikian, pada musim panas tersebut waktu edar matahari lebih panjang sehingga durasi waktu siang lebih panjang daripada waktu malam.

Berkenaan dengan ibadah puasa yang berlangsung mulai terbit fajar hingga matahari tenggelam, maka di belahan bumi sebelah utara yang pada saat kini tengah menjalani puncak musim panas, jam puasanya menjadi lebih panjang. Ada yang berpuasa selama 16 – 20 jam. Berkebalikan dengan hal tersebut, di belahan bumi selatan pada saat ini merupakan musim dingin. Jika di belahan bumi utara jam puasa menjadi jauh lebih panjang, di belahan bumi selatan justru jam puasanya menjadi lebih pendek karena waktu malam jauh lebih panjang daripada waktu siangnya. Hal yang demikian tidak pernah terjadi di daerah garis khatulistiwa.

Dengan memahami fenomena tersebut, umat Islam di daerah khatulistiwa seperti Indonesia sebenarnya sangat beruntung dalam hal melaksanakan ibadah puasa. Jikalaupun terjadi perubahan maju atau mundur waktu Imsak, pasti akan diiringi dengan maju–mundurnya waktu Maghrib. Dengan demikian, secara rata-rata waktu menjalankan puasa relatif sama.

VIC, 8 Juli 2014


Filed under: Uncategorized Tagged: puasa, Ramadhan, Vienna, Vienna Islamic Centre

Selamat sore mas mbak. Bagaimana kabar sampeyan? (Semoga sampeyan ndak njawab begini: "Kabar Gembira, untuk kita semua, kulit manggis kini ada ekstraknya).

Jadi begini mas mbak, akhir-akhir ini, saya mulai sibuk dengan dunia perbukuan, maklum saja lah, saya ini kan sebentar lagi akan resmi jadi penulis, maksudnya buku saya sebentar lagi akan keluar. *pamer sithik rapopo tho?. Nah, karena itulah maka sekarang saya mulai banyak baca buku-buku humor agar bisa jadi referensi untuk karya-karya berikutnya.

Nah, di artikel ini, saya bakal mereview salah satu buku bergenre humor yang sudah saya baca. Judulnya "The Bego Ideas for Student", oke, judulnya memang kebarat-baratan, tapi saya jamin, isinya jauh dari kapitalisme kok.

Buku The Bego Ideas for Student

Buku ini ditulis oleh Tim Akademi Bercerita Bentang Pustaka. dan diterbitkan oleh Bentang Belia.

Buku ini sejatinya adalah buku Literatur, tapi karena materi dan penyampaian isi buku ini dikemas dengan gaya humor, maka saya tak segan menyebutnya sebagau buku humor, mungkin lebih tepatnya humor literatur.

Cover buku ini warnanya kuning cerah, dan alhamdulillah, isinya bukan membahas tentang visi-misi partai Golkar seperti yang sebelumnya saya kira (aku cah lho Jokowi bero).

Buku ini sangat nyaman untuk dibaca, salah satu faktor utamanya adalah karena buku ini dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik. Bahkan halaman daftar isinya pun dibuat dengan konsep ilustrasi.



Sesuai judulnya, buku ini membahas tentang aneka ide (saya sendiri lebih suka menyebutnya sebagai tips dan trik) untuk para siswa sekolah tentang bagaimana cara survive menjadi seorang pelajar. Tentu ide-ide yang dikemukakan adalah ide-ide aneh, nyleneh, dan di luar standar kewarasan kebanyakan pelajar.

Banyak sekali tips dan trik yang di luar nalar sehat di buku ini, namun justru disitulah letak menariknya. Beberapa tips sukses membuat saya berkata pelan: "Oh, iya ya, kenapa dulu saya ndak praktekkin tips ini ya!". Pokoknya banyak sekali trik dan tips tak terduga di buku ini.

Salah satu contohnya adalah trik bagaimana mendapatkan materi di buku perpustakaan tanpa harus meminjamnya, yaitu dengan memotret isi buku dengan kamera ber-megapixel besar. Trik ini mungkin terlihat biasa, tapi kadang sering tidak terfikir oleh kebanyakan orang.

Ada juga tips dan trik lucu bagaimana cara mendekati teman sekelas yang kita taksir, Tips menhindari upacara, Tips mencari alasan untuk tidak mengikuti jam olahraga, dan puluhan tips-tips gila lainnya (Coba klik gambar daftar isi di atas, nanti bakal terlihat tip dan trik apa saja yang ada di buku ini).

Semuanya ditulis dengan gaya bahasa masa kini yang sangat lucu dan jenaka.



Tak hanya tips dan trik seputar survive di sekolah, buku ini juga memberikan aneka bab tambahan tentang bagaimana mengatur gaya hidup seorang pelajar di rumah. Dan jelas, tetap disampaikan dengan tata bahasa yang lucu lagi menyenangkan.

Bagi saya, buku ini lebih pas kalau disebut sebagai pengingat kenangan masa sekolah. Maklum, saya kan sudah masuk usia matang (bukan tua), sudah tak sekolah lagi, jadi jelas saya tak mungkin bisa mempraktekkan segala tips dan trik yang ada di buku ini.



Pokoknya untuk sampeyan yang masih pelajar, rasa-rasanya sampeyan perlu membeli buku ini. Dijamin, buku setebal 188 halaman ini akan sukses mengubah anda dari pelajar lempeng menjadi pelajar yang trengginas.

PEMILU

 

Apa yang sudah saya tunggu khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya. 9 Juli 2014, waktu pemungutan suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Hari-hari untuk mencapai itu serasa lambat sekali.

Saya merasa baru kali ini kita heboh dimana-mana tentang pemilu. Mungkin karena media sosial sudah menyentuh 60 Juta orang di Republik ini. Saling tuduh dan hujat sudah menjadi hal biasa. Seketerlaluan apapun di internet, nampaknya tidak ada penertiban. Berita hingga fitnah bertebaran kemana-mana, dipoles dan diblow up sebaik mungkin. Setelah hiruk pikuk sana-sini kampanye, kini kita ada di masa tenang dan kurang satu hari kita mencoblos di TPS untuk memberikan suara kita.

Sebagai anggota KPPS, minimal saya menghimbau untuk tidak golput karena satu suara saja punya pengaruh besar untuk negara ini 5 tahun kedepannya. Tugas saya bersama teman-teman agaknya lebih sedikit dari pilihan legislatif kemarin. Tapi juga tidak boleh diremehkan. Tetap fokus dan memastikan tidak ada yang terlewatkan dari tahapan-tahapannya.

Kita menghendaki pemilu yang tertib, aman dan damai. Pemerintah juga sudah siaga satu. Agak melegakan saya, baru saja saya melihat stimulasi Brimob di Medan untuk penanggulangan keamanan. Disitu ada adegan penyandraan terhadap saksi dan petugas jaga di tempat pemunguta suara. Dan dapat diantisipasi dengan baik oleh Brimob.

Di setiap TPS, selain saksi dan pengawas pemilu (Panwaslu), Linms (hansip) juga ada penjagaan minimal 2 aparat dari kepolisian, untuk daerah rawan konfik dan kecurangan kemungkinan jumlah personil akan ditambah. Diharapkan juga peran serta masyarakat untuk ikut serta dalam pengamanan. Namun tidak mengurangi antusiasme warga berpartisipasi dalam pesta rakyat 5 tahunan ini.

tinggal tunggu besok, Kita berharap pemilu berjalan aman, damai dan kondusif, masyaraat juga puas dan tiak ada pihak-pihak yang dirugikan . Semangat !


Setelah sukses dalam 3 edisi kaos KOTA TOEA sebelumnya yang terjual hingga ke Spanyol, Belanda dan Belgia maupun di dalam negeri sendiri, kembali  KOTA TOEA MAGELANG meluncurkan kaos tempo doeloe bertema history & heritage. Produk edisi ke 4 ini mengangkat ikon dan landmark Kota Magelang yaitu Watertoren/Menara Air Minum yang ada di Aloon-aloon yang di […]

doalisinkecilInilah Indonesia. Negara dengan luas wilayah lebih dari 1.900.000 Km2 yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Zamrud Khatulistiwa ini terdiri lebih dari 17.000 pulau yang berdiri kokoh diantara samudra Hindia dan Pasifik. Bangsa besar dengan jumlah penduduk sekitar 260.000.000 jiwa yang terdiri dari kurang lebih 1.300 suku bangsa ini memiliki kekayaan alam yang melimpah ruah. Tanahnya subur, kekayaan tambang yang banyak, kekayaan lautnya, hutanya, juga keberagaman yang terkandung di dalamnya membuat negeri ini bak percikan surga yang tertetes ke dunia. Tak heran jika dahulu Negeri ini menjadi incaran para penjajah.

Sudah hampir 69 Tahun negeri ini berdiri. Sejak dibacakannya teks Proklamasi oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 negeri ini mengalami pasang surut dalam dinamika kehidupan berbangsa. Ujian dan cobaan tak kunjung berkesudahan. Krisis multi dimensi mendera, berbagai persoalan tak henti-hentinya menerjang. Membuat negeri yang indah ini bagai bahtera yang terombang-ambing dihempas badai di tengah lautan luas. Korupsi di mana-mana, kekerasan, kriminalitas, kemisikinan, pelecehan juga sederet permasalah yang tak kunjung usai. Lemahnya penegakan hukum, keluhuran budayanya yang semakin terkikis, hutang semakin bertambah juga segudang problematika lainya yang membuat masyarakat cenderung skeptis dan pesimistis terhadap pemerintah, sehingga lambat laun semangat nasionalisme penduduknya semakin pudar.

Tercatat sudah enam kami negeri ini mengalami pergantian kepemimpinan. Sedikit demi sedikit negeri ini mengalami perubahan. Namun progres perbaikan yang lambat membuat negeri ini tertinggal jauh dari negara-negara yang lainya. Tak heran jika setiap diadakan pemilihan pemimpin negeri ini, angka golput-nya semakin bertambah. Masyarakatpun mulai apatis terhadap pemerintah.

Namun angin segar nampaknya mulai berhembus. Beberapa instansi penegak hukum seperti KPK perlahan-lahan mengembalikan kepercayaan publik pada pemerintah. Beberapa tokoh-tokoh politik dengan rekam jejak yang membanggakan sedikit demi sedikit mulai bermunculan. Juga kreatifitas dan prestasi anak bangsa yang tak tumbuh terus menerus. Mungkin hal ini yang membuat angka golput pada pemilihan legislatif tahun ini sedikit menurun dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

Sejarahpun terus berjalan merekam setiap kejadian-kejadian yang dialami bangsa ini. Hingga pada hari ini Selasa, 8 Juli 2014. Yang menandakan jika pemilihan Presiden Republik Indonesia tinggal menunggu satu hari lagi. Kali ini pilpres hanya diikuti oleh dua kandidat yaitu pasangan Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Pasangan dengan segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. Euforia para pendukung semarak di berbagai penjuru tanah air. Bahkan hanya karena demi memenangkan pasangan yang didukungnya tak jarang para pendukung melakukan kampanye hitam, menjelek-jelekkan bahkan memfitnah kubu pesaingnya. Isu sara-pun tak lepas pada pilpres kali ini. Dukungan-dukungan dari lembaga maupun perseorangan terus mengalir dari seantero negeri ini. Bahkan media-media baik media cetak, televisi juga media online turut memberikan dukungan pada pasangan masing-masing. Tak heran jika suhu politik di negeri ini semakin memanas. Perang di dunia mayapun tak dapat dihindari. Setiap pendukung menghalalkan segala cara untuk membela yang didukung. Bahkan sampai bertengkar dengan teman, kerabat, atau keluarga sendiri. Padahal mereka menyadari kalau kedua pasangan sebenarnya putra terbaik bangsa yang sedang berkompetisi untuk memberikan yang terbaik bagi negeri. Hal ini sebenarnya tidak memberikan pendidikan demokrasi yang baik bagi generasi penerus bangsa.

Terlepas dari hal tersebut di atas, pilpres kali ini dilaksanakan di waktu yang istimewa. Pemilihan presiden secara langsung yang ketiga kalinya ini dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2014, bertepatan dengan tanggal 11 Ramadhan 1435 H. Bulan yang suci bagi umat Muslim di seluruh dunia. Bagaimana tidak, pilpres yang diadakan di negeri yang hampir 87 % penduduknya beragama Islam ini diselenggarakan di bulan yang paling mulia diantara sebelas bulan lainya. Pilpres kali ini dilaksanakan dibulan yang penuh keberkahan, bulan penuh rahmat juga bulan dimana doa-doa dikabulkan. Mungkinkah ini pertanda kebaikan? Bisa jadi. Bukankah dulu ketika Negeri Ini terang-terangan mendeklarasikan kemerdekaanya juga di bulan Ramadhan? Ah semoga saja Tuhan telah mengguratkan takdir kejayaan negeri yang kita cintai ini.

Oleh karena itu mari kita manfaatkan pilpres kali ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan kesempatan sepertiga malam terakhir nanti malam untuk berdoa bagi Indonesia. Jangan lupa bagi yang beragama Islam untuk melakukan istikharoh mohon petunjuk kepada Dzat Yang Maha Pemberi Petujuk. Mudah-mudahan Prahara yang melanda negeri ini segera terselesaikan. Semoga “Bahtera Besar” ini akan mendapatkan seorang “Nahkoda” yang mampu membawa keluar dari badai yang terus-menerus menerjang. Sehingga negeri ini akan mampu berbenah diri menjadi bangsa berkarakter, berbudaya, adil dan penuh kesejahteraan. Semoga sang fajar akan segera menyingsing mengusir gulita malam. Siapapun Presidenya, semoga ini menjadi kabar menggembirakan yang dihadiahkan Tuhan dari langit untuk segenap rakyat Indonesia.

Selamat Memilih. Jangan mencoblos sebelum memohon petunjuk kepada Allah, Tuhan seluruh Alam.

Ba’da Subuh, 8 Juli 2014 di bulan suci nan mulia

Aku Bukan Mbak Hana

-

AmaliaRizki.com

on 2014-7-07 5:20am GMT

Tampaknya Sinetron Catatan Hati Seorang Istri atau biasa disingkat CHSI sedang booming di kalangan emak-emak dan wanita lainnya. Sinetron yang mengisahkan tentang perselingkuhan seorang suami ini berhasil menguras emosi penonton, baik secara offline maupun online.Terbukti dengan banyaknya kicauan twitter yang bikin ngekek. Kok yo segitunya tooh. Ya terkadang komentar lebih menarik daripada kisahnya.

Pemeran utamanya ialah Mbak Hana yang diperankan Dewi Sandra. Ia seorang pemimpin redaksi wanita, doyan nge-blog (kayak gueh *uhuk), ibu yang baik dan super tegar. Suaminya selingkuh sama adik sahabatnya sampai hamil. Si selingkuhannya berambisi untuk merebut suaminya Mbak Hana. Jadilah Mbak Hana tersakiti. Uhuk. Cukup sampai disini, saya ga bakal bahas panjang-panjang, nanti malah jadi satu episode. Lagian ini postingan absurd, lebih baik jangan dibaca.

Yang bikin salut, meskipun Mbak Hana didera 1001 masalah, dia tetap setia mendengarkan curhat sahabat-sahabatnya yang mempunyai masalah rumah tangga. Ia pun setia mendengarkan curhatan pembaca blognya dan memberi solusi. Ya ya ya… Ternyata setenang dan sebijak apapun seorang ‘konsultan curhat’ sesungguhnya ia pun punya masalah yang bejibun. Hanya saja ia tetap memberikan sebagian waktunya untuk mendengarkan dan memberi solusi bagi orang-orang yang curhat padanya. Padahal disisi lain, dia pun berusaha keras menemukan solusi atas masalahnya sendiri. Tapi pasti ada kepuasan batin ketika ia bisa menjadi pendengar yang baik untuk oranglain. Saya dapat merasakannya *gayane*.

dp Aku Bukan Mbak Hana

Mbak Hana memang orang yang tegar. Terlihat didalam cerita bagaimana ia mampu menghadapi tekanan dari sana-sini, diselingkuhi, difitnah, dijatuhkan, dimarahin orang gegara isi blognya, dan lain-lain. Dalam dunia nyata, adakah orang sekuat Mbak Hana? Kalau saya sih jauh bangeeeeet. Lebih jauh dari Magelang-Bandung *sadar diri*. Karena aku Rizki Amalia, bukan Mbak Hana. Ngok.

Mungkin istilah “Aku bukan batu karang yang kuat dihempas gelombang” bisa berubah menjadi “Aku bukan Mbak Hana yang kuat dihempas keganasan Hello Kitty”.

Atau “Aku bukan pohon yang rela didera hujan badai” menjadi “Aku bukan Mbak Hana yang rela didera cacian Hello Kitty”. Entahlah.. (Hello Kitty adalah sebutan untuk selingkuhannya suami Mbak Hana). Maneman tenan, keunyuan Hellokitty agak ternodai oleh karakter didalam cerita. *Namanya juga sinetron!*.

Sayapun mikir keras, Mbak Hana ini siapanya Hannah Maxi, mereka sama-sama tenar *gagal fokus* *Hannah Maxi mah pakaian*.

Eh tapi gara-gara Mbak Hana, sekarang muncul kerudung Mbak Hana lho. Biasalah ya, kalau dulu ada Mukena Manohara, Mukena Ayu Ting-Ting, Kerudung Rumana, sekarang ada Kerudung Hana, dan selanjutnya mungkin ada Kolor Bioli (Mbak Rizki). Sesuatu yang muncul di televisi terkadang membawa berkah bagi para pedagang mengingat orang Indonesia doyan ngikutin tren selebritis padahal “Mereka bukan Mbak Hana”.

Oke, maaf antara judul dan isi mungkin ga sinkron. Isinya pun absurd ga karuan. Emang intinya postingan ini absurd. Just for fun lah yee. Intinya “Aku bukan Mbak Hana”.

 

Pilpres dan Puasa

-

Sang Nananging Jagad

on 2014-7-06 5:31am GMT

Pra JKSelain bersamaan dengan penyelenggaraan Piala Dunia di Brazil, Ramadhan tahun ini juga bersamaan dengan saat Pemilihan Presiden di negara kita. Untuk pertama kalinya semenjak Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, Pilpres yang dilakukan secara langsung untuk memilih presiden dan wakil presiden jatuh pada bulan Ramadhan. Bukan hal tersebut cukup istimewa? Lalu adakah Tuhan sengaja menitipkan pesan-pesanNya dengan hal tersebut?

Ibadah puasa merupakan bagian dari Rukun Islam. Secara sederhana, puasa merupakan amalan ibadah yang dilakukan dengan cara menahan tidak makan, minum, dan semua hal yang membatalkannya, mulai pada saat waktu fajar hingga Maghrib tiba. Inti puasa adalah imsak, yaitu menahan dari sesuatu. Dengan demikian puasa bisa juga dimaknai secara lebih luas sebagai tindakan menahan, menghindar, atau menunda sesuatu yang sebenarnya secara prinsip tidak ada larangannya.

Dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara, rakyat negara besar seperti Indonesia sudah seharusnya atau sewajarnya dipimpin oleh seorang pemimpin yang juga berkelas sebagai negara besar. Namun sebagaimana kita ketahui bersama, hingga kepemimpinan presiden yang ke enam, kita sepertinya belum mendapatkan pemimpin nasional yang benar-benar amanah dan mampu membawa bangsa besar ini sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia sesuai dengan harapan rakyat. Jika keharusan atau kewajaran tersebut belum juga kunjung tiba. Bukankah rakyat Indonesia dalam hal ini juga masih “puasa”?

Nusantara adalah cuilan surga yang ditempatkan Tuhan di muka bumi. Tanahnya subur dengan taburan abu vulkanik yang sangat cocok untuk budidaya berbagai jenis tanaman. Hutannya rimbun. Ada kayu, rotan, juga getah-getahan yang sangat berguna. Lautnya sangat kaya dengan potensi ikan, rumput laut, hingga teripang dan siput. Lapisan dalam bumi kita juga sangat kaya dengan beragam jenis mineral, seperti minyak bumi, gas, timah, emas, besi, nikel dan lain sebagainya. Intinya kita semua sepakat adn sepaham bahwa negeri kita adalah negeri yang sangat kaya dengan potensi sumber daya alamnya.

Dengan kekayaan sumber daya alam tersebut adalah logis jika rakyat sudah seharusnya hidup dengan serba kecukupan, bahkan juga kaya. Tetapi kenapa negara kita nyaris menjadi negara miskin? Jika seharusnya kehidupan rakyat kita sejahtera, tetapi justru yang kita rasakan adalah kesulitan dan kesusahan untuk sekedar memenuhi kebutuhan pokok kita, bukankah kita juga berpuasa? Puasa dari hak kita untuk hidup berkecukupan!

Pendidikan juga menjadi hak setiap warga negara. Konstitusi kita bahkan menyatakan bahwa penyelenggara negara harus menjamin terselenggarakan pendidikan bagi setiap tumpah darah Indonesia. Namun jika hak bersekolah, hak mendapatkan pendidikan yang baik, hak untuk menjadi pandai, hak untuk tidak menjadi orang yang bodoh, belum juga diberikan secara merata oleh negara, apa namanya jika rakyat tidak sedang berpuasa dari hak pendidikan?

Demikian halnya dengan kesehatan, dengan perumahan, dengan hak hukum, keadilan, keamanan, bahkan hak kebebasan memeluk dan menjalankan agama sesuai keyakinan juga sering terlanggar. Hebatnya, ternyata negara belum bertindak sebagaimana mestinya untuk mewujudkan, menjamin, dan memberikan hak-hak konsitusi setiap warga negara sebagaimana mestinya. Di benak banyak rakyat di akar rumput, mungkin segala hal harus mereka perjuangkan sendiri tanpa ada pemihakan dari negara. Dalam banyak hal negara tidak hadir. Dalam berbagai segi rakyat berpuasa terhadap keberadaan negara.

Sangat berbeda dengan puasa Ramadhan yang dilakukan atas niat dan kesadaran masing-masing umat Islam, puasa yang satu ini justru lebih banyak unsur keterpaksaan keadaan dari sisi masyarakat kecil. Lalu jika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia masih “memaksa” rakyat untuk terus berpuasa dan berpuasa lagi, kapankah tibanya saat untuk berbuka puasa?

Harapan akan terjadinya perubahan yang lebih baik setidaknya seiring sejalan dengan harapan akan hadirnya sosok-sosok pemimpin yang benar-benar amanat dalam menjalankan amanat penderitaan rakyat. Dalam sistem demokrasi sebagaimana diant oleh negara kita, harapan berbuka puasa tadi setidaknya sering muncul bersamaan dengan kesempatan pemilihan wakil rakyat maupun pemimpin pemerintahan. Lewat pemilihan anggota dewan, melalui pemilihan lurah, bupati atau walikota, gubernur, hingga presiden, rakyat senantiasa berharap waktu untuk berbuka tadi akan segera tiba.

Seiring pemilihan presiden dan wakil presiden yang akan segera tiba dan yang sangat kebetulan bersamaan dengan kehadiran bulan Ramadhan kali ini, setidaknya kita diberikan harapan oleh Allah untuk kembali berharap akan hadirnya sosok pemimpin yang benar-benar akan membawa masyarakat, bangsa dan negara Indonesia berbuka puasa. Dengan demikian semoga hidangan berbuka berupa kesejahteraan, keadilan, penegakan hukum, kemakmuran, dan semua bentuk kemajuan akan segera dapat kita nikmati bersama.

Setidaknya kita harus bermunajat kepada Allah SWT, siapapun pasangan capres dan cawapres yang akan terpilih pada 9 Juli nanti, semoga mereka akan benar-benar membuka gerbang berbuka bagi puasanya rakyat Indonesia yang sudah berlangsung bertahun-tahun lamanya. Ya atau tidak bahwa kita akan segera berbuka bersama sebagai keluarga besar bangsa Indonesia, tentu saja waktu yang akan menjawabnya.

Ngisor Blimbing, 6 Juli 2014


Filed under: Jagad Nusantara Tagged: pilpres, puasa, Ramadhan

Magelang Online pada Bulan Ramadhan menyajikan berbagai informasi penting yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah puasa dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Informasi spesial Ramadhan website Magelang Online meliputi Jadwal Imsakiyah, berita seputar Ramadhan, Kuliner, Event, Arus Mudik yang melewati wilayah Magelang, rest area pemudik hingga info-info menarik lainya. Kali ini info Magelang Online spesial Ramadhan […]

Lebih lengkap artikel tentang "Masjid Ar-Rohmah (Pakelan)" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Magelang Online pada Bulan Ramadhan menyajikan berbagai informasi penting yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah puasa dan perayaan Hari Raya Idul Fitri. Informasi spesial Ramadhan website Magelang Online meliputi Jadwal Imsakiyah, berita seputar Ramadhan, Kuliner, Event, Arus Mudik yang melewati wilayah Magelang, rest area pemudik hingga info-info menarik lainya. Kali ini info Magelang Online spesial Ramadhan […]

Lebih lengkap artikel tentang "Masjid An-Nuur (Sawitan)" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Apa yang tertulis dibawah ini adalah catatan seorang Hazmi yang sering terpanggil Srondol lantaran paraban tempat asal. Terpungut dalam beranda facebook setelah beberapa menit terproduksi, sejenak membacanya menjadi jamu pahitan untuk merenung sesaat menuju masa pencoblosan Presiden dan wakilnya 9 Juli 2014 mendatang.

Meracik judul “Masa Tenang Antara Klenik, Umrah & Sedekah Yatim” berikut ini adalah kutipan utuh dari karya nan penuh makna.

_______

Saudara-saudara,

Tak lama lagi masa kampanye resmi akan segera selesai dan kita masuk ke masa tenang.

Dalam waktu yang secara fisik, kegiatan mengumpulkan massa dengan logo dan spanduk kampanye sudah terlarang sampai dengan hari pencoblosan 9 Juli 2014. Bahkan saat itu, segala macam baliho dan gambar-gambar calon presiden sudah harus dicabut dan dibersihkan.

Dan dalam waktu itulah, saya sependapat dengan beberapa orangtua dan guru-guru kita yang mengatakan bahwa urusan kepemimpinan–khususnya pemilihan Presiden ini sudah masuk ke dalam wilayah langit dan bumi. Sederhananya–ini wilayah Tuhan dan perangkatNya di alam semesta.

Kita sebagai manusia hanya bisa membaca pertandanya melalai “atmosfir” dan pertanda alam yang bisa kita rasakan dan lihat. Baik tersirat maupun tersurat.

Dalam masa tenang ini pulalah–terkadang ada beberapa orang yang malah tergelincir masuk ke wilayah klenik atau malah syirik. Mengikuti ritual kungkum, bertapa hingga hal-hal mistik lainnya sebagai cara mengubah atau menggerakan calon pemilih lainnya untuk condong ke capresnya. Saya dengan tegas menyatakan, sebagai pendukung Prabowo–JANGAN melakukan hal bodoh dan hina seperti ini.

Masih banyak cara lain untuk mendukung dan membantu Prabowo-Hatta agar beliau bisa segera menjemput takdirnya untuk berkerja mengurus dan mempimpin negara ini menuju kejayaan dan kemuliaannya kembali.

Ada beberapa kawan yang sempat menyampaikan ingin ke tanah suci untuk melaksanaakan ibadah Umrah agar bisa secara khusus mendoakan kemenangan ini.

Ya, saya tahu ini bagus.

Hanya saja, menurut saya pribadi–disamping mahal, saya malah khawatir dengan ibadah dadakan ini, bukannya do’anya dikabulkan tetapi malah di tanah suci malah bertemu “cobaan” dan “ujian” khas ala di Tanah Suci. Kecuali memang rencananya sudah berbulan-bulan lalu dan kebetulan waktunya bertepatan dengan masa tenang.

Saya malah menyarankan lebih baik dalam waktu yang pendek ini, kita guncang ‘arsy dengan berbanyak-banyak sedekah. Lebih afdol bersedekah kepada anak yatim yang sudah dicontohkan oleh sahabat kita RM Agus Djoko Suwarno.

Apalagi dana kita berlebih seperti anggaran berangkat umrah dadakan. Kalau lah tidak, mari kita sama-sama bersedekah walau sekedar berbagi ta’jil berbuka kepada sopir angkot atau taxi yang kebetulan sedang bersama kita saat berbuka puasa.

Atau sesekali memberi makan dan minum berbuka kepada satpam atau tukang ojek langganan kita sembari memohon doa restu agar pak Prabowo Hatta memenangkan Pilpres ini agar Allah memilih beliau sebagai pemimpin bangsa ini sebagai jalan kembalinya negara Indonesia ini sebagai negeri yang “Baldatun Thayyibatun wa rabbun Ghafur”

Negeri negeri yang subur dan makmur, adil dan aman.

Amiiin.

MERDEKA…!

_______

Image by. Mas Ivan

Mendadak Ustadz

-

Mas Ivan

on 2014-7-04 6:50pm GMT

Percaya atau tidak, kala Ramadhan datang umat muslim mendadak syar’i dan kerap dituntut makin islami yang hal ini berimbas positif pada stabilitas ekonomi pasar terutama para pedagang busana muslim, kosmetik halal, dan aneka jajanan pasar pun ini jelas tak bersinggungan dengan apa yang saya maksudkan.

Seputar mendadak syar’i dan islami jelas sudah umum diperbincangkan, akan tetapi ketika mendadak ustadz, rasanya hal ini perlu untuk kita garis bawahi lantaran banyak sekali saat ini ustadz-ustadz bermunculan yang terkadang sekedar mencari popularitas semata atau sekedar tuntutan skenario yang memang dibutuhkan kala Ramadhan tiba.

Mas Ivan Lagi kasih tausyiah Ramadhan 1435 H Risma 1 Para gadis berkerudung Waduh...ternyata masih ada yang online...

© Image by. Sholy Azizah

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Akan muncul di akhir zaman orang-orang yang mencari dunia dengan agama. Di hadapan manusia mereka memakai baju dari bulu domba untuk memberi kesan kerendahan hati mereka, lisan mereka lebih manis dari gula namun hati mereka adalah hati serigala (sangat menyukai harta dan kedudukan). Allah berfirman, Apakah dengan-Ku (kasih dan kesempatan yang Kuberikan) kalian tertipu ataukah kalian berani kepada-Ku. Demi Diriku, Aku bersumpah. Aku akan mengirim bencana dari antara mereka sendiri yang menjadikan orang-orang santun menjadi kebingungan (apalagi selain mereka) sehingga mereka tidak mampu melepaskan diri darinya. (HR. Tirmidzi)

Berlepas diri akan makna serta faedah hadits diatas, dua hari lalu (1 Juli 2014 / 2 Ramadhan 1435 H) sebagaimana tahun-tahun sebelumnya saya mendapat jatah untuk menjadi pemateri di beberapa masjid untuk remaja dan jama’ah yang ada di lingkungan sekitar.

Belajar dari fenomena “Mendadak Ustadz” yang laris baru-baru ini lantaran terpromosikan media, sayapun berdoa dan meluruskan niatan diri semoga apa yang saya lakukan senantiasa berbuah kebaikan, serta menjadi upaya nyata untuk perbaikan diri sembari berbagi secuil keilmuan yang saya miliki.

Terkait Ramdhan dan Puasanya, kemaren Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan Masjid Al-Huda yang di inisiasi oleh Bara Resda selaku ketua RISMA (Remaja Masjid) memintaku untuk memberikan materi kajian ngabuburit seputar Keutamaan Puasa Ramadhan.

Apa saja beberapa kutamaan Ramadhan yang kemaren saya paparkan dan dapat saya sarikan ?, berikut 7 keutamaan Puasa Ramadhan yang saya sebut sebagai “Pitulungan” atau 7 keutamaan puasa untuk meraih surga-Nya :

1. Puasa adalah jalan meraih ketaqwaan
2. Puasa sebagai perisai dari siksa api neraka
3. Puasa akan memberikan syafa’at bagi yang melaksanakannya
4. Orang yang berpuasa akan mendapat ampunan dari ALLOH SWT
5. Puasa sebagai salah satu cara menahan syahwat
6. Orang yang berpuasa akan mendapat kunci pintu syurga ar royyan
7. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab untuk berdo’a

Nah, agak panjang sebetulnya jika harus bahas satu persatu terkait poin yang saya sampaikan dalam materi kajian remaja sore itu. Namun semoga dengan mengetahui 7 keutamaan puasa dalam garis bersar tersebut kita dapat semakin yakin bahwa Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, termasuk seputar pelaksanaan ibadah puasa yang menjadi kewajiban atas orang-orang yang beriman.
_______

NB. Apakah sampeyan masih puasa hingga saat ini ?

Air Wudhu Untuk Berbuka

-

Mas Ivan

on 2014-7-04 6:28pm GMT

Ada cerita napak tilas masa lalu. Entah apakah orang-orang pernah melakukan hal yang sama dimana saya menyebutnya “darurat” hingga kita harus minum seadanya kala waktu berbuka tiba.

Adalah dua tahun silam dimana saya masih sering touring Magelang-Jogja untuk cetak keperluan konsumen dan kala itu puasa sedang saya jalani. Berbekal keyakinan diri serta kalkulasi sederhana bakal sampai rumah tepat pada waktunya, walhasil perjalanan pun molor padahal waktu berbuka semakin dekat dan bekal sama sekali tak kubawa.

Yah…berprasangka baik berharap bisa mampir dimasjid sekalian minta takjil, ehh….ternyata Masjid yang kusinggahi ditepi jalan masih sepi, aktivitas Ramadhanpun sama sekali tak terlihat, dan takjilpun akhirnya jauh dari harapan.

Tak kehilangan akal, saat adzan berkumandang dari Masjid sekitar dan Masjid tersebut belum mengumandangkan adzannya, sayapun bersegera membuka keran untuk berwudhu yang disusul doa, yang selanjutnya membasahi tenggorok’an ini dengan nikmatnya air surga sekedar untuk menyenangkan diri semata “Cesss, cleguk…cleguk…” Alhamdulillah.

Dan memang benar adanya, air semasa itu berasa nikmat tak terkira, yang tak mampu lagi saya bayangkan seperti apa kenikmatannya, pun es teh, es jus, es buah dan es cendol banyak tersaji di depan meja.

Sebuah tanya mungkin dari Anda, “Apa sekarang masih minum air wudhu juga untuk berbuka ?”

Hahaha…tak ingin munafik, enggan rasanya saat ini minum air serupa lantaran banyak air layak konsumsi tersedia seperti air kemasan, air rebusan, atau air sulingan yang alatnya banyak dijual di berbagai tempat. Namun jika momen serupa sewaktu-waktu kembali terasa, setidaknya saya pernah menjadi saksi bahwa air minum meski belum di masak ada saatnya aman untuk dinikmati. Hanya saja, tidak sembarang air bersih itu layak konsumsi. Karena itu perlu untuk kita tahu beberapa kriteria air bersih yang layak konsmsi seperti :

1. Fisiknya jernih, tidak berbau, dan tidak berasa.
2. Suhunya sejuk dan tidak panas.
3. Tidak mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi dan beracun
4. Terbebas dari berbagai bakteri seperti Escherichia Colli, Clostridium Perfringens dan Salmonella.

Sekedar saran saja, dikarenakan para pakar ilmu kesehatan juga gizi telah menganjurkan untuk selektif dalam mengkonsumsi air minum untuk kesehatan tubuh. Minumlah air yang telah dimasak, disuling sempurna, atau air olahan layak konsumsi bertandard Nasional yang teruji.

Juga lantaran saat ini kita sedang memasuki bulan suci Ramadhan, mari padukan air putih layak konsumsi dengan kurma boleh juga buah-buahan, karena dengan air putih yang berpadu manis-manisan akan cepat mengembalikan tenaga yang tergerus seharian agar kembali optimal.

Wudhu

Entah apakah orang-orang pernah melakukan hal yang sama dimana saya menyebutnya “darurat” hingga kita harus minum air seadanya kala waktu berbuka tiba.

Adalah dua tahun silam dimana saya masih sering touring Magelang-Jogja untuk cetak keperluan konsumen dan kala itu puasa sedang saya jalani. Berbekal keyakinan diri serta kalkulasi sederhana bakal sampai rumah tepat pada waktunya, walhasil perjalanan pun molor padahal waktu berbuka semakin dekat dan bekal sama sekali tak kubawa.

Yah…berprasangka baik berharap bisa mampir dimasjid sekalian minta takjil, ehh….ternyata Masjid yang kusinggahi ditepi jalan masih sepi, aktivitas Ramadhanpun sama sekali tak terlihat, dan takjilpun akhirnya jauh dari harapan.

Tak kehilangan akal, saat adzan berkumandang dari Masjid sekitar dan Masjid tersebut belum mengumandangkan adzannya, sayapun bersegera membuka keran untuk berwudhu yang disusul doa, yang selanjutnya membasahi tenggorok’an ini dengan nikmatnya air kran surga sekedar untuk menyenangkan diri semata “Cesss, cleguk…cleguk…” Alhamdulillah.

Dan memang benar adanya, air semasa itu berasa nikmat tak terkira, yang tak mampu lagi saya bayangkan seperti apa kenikmatannya, pun es teh, es jus, es buah dan es cendol banyak tersaji di depan meja.

Sebuah tanya mungkin dari Anda, “Apakah sekarang masih suka minum air wudhu sebagaimana dua tahun silam ?”

Hahaha…tak ingin munafik, enggan rasanya saat ini minum air serupa lantaran banyak air layak konsumsi tersedia seperti air kemasan, air rebusan, atau air sulingan yang alatnya banyak dijual di berbagai tempat. Namun jika momen serupa sewaktu-waktu kembali terasa, setidaknya saya pernah menjadi saksi bahwa air minum meski belum di masak ada saatnya aman untuk dinikmati. Hanya saja, tidak sembarang air bersih itu layak konsumsi. Karena itu perlu untuk kita tahu beberapa kriteria air bersih yang layak konsmsi seperti :

1. Fisiknya jernih, tidak berbau, dan tidak berasa.
2. Suhunya sejuk dan tidak panas.
3. Tidak mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi dan beracun
4. Terbebas dari berbagai bakteri seperti Escherichia Colli, Clostridium Perfringens dan Salmonella.

Sekedar saran saja, dikarenakan para pakar ilmu kesehatan juga gizi telah menganjurkan untuk selektif dalam mengkonsumsi air minum untuk kesehatan tubuh. Minumlah air yang telah dimasak, disuling sempurna, atau air olahan layak konsumsi bertandard Nasional yang teruji.

Juga lantaran saat ini kita sedang memasuki bulan suci Ramadhan, mari padukan air putih layak konsumsi dengan kurma boleh juga buah-buahan, karena dengan air putih yang berpadu manis-manisan akan cepat mengembalikan tenaga yang tergerus seharian agar kembali optimal.

NB. Apakah Anda masih puasa hari ini ?
_______

Model : Agus Mulyadi / Image : Mas Ivan

Bulan Ramadhan tahun ini menurut saya termasuk sangat istimewa. Bukan karena di salah satu malamnya terdapat Malam Laulatul Qodar, malam yang kebaikannya lebih baik daripada seribu bulan. Kalau soal itu sih, insya Allah setiap tahun selalu akan hadir sebagaimana janji-Nya kepada setiap umat-Nya yang mengimaninya. Nah terus, apanya yang ngistimewani? Ya sepak bola! Bukankah sangat-sangat jarang perhelatan Piala Dunia yang digandrungi masyarakat seluruh dunia bersamaan waktunya dengan bulan puasa. Setuju nggak?

Berhubung penyelenggaraan pertandingan Piala Dunia di negara Brazil, maka sangat kebetulan jika jam-jam siaran pertandingan langsung yang disiarkan beberapa tivi swasta bertepatan dengan jam tengah malam dan menjelang waktu sahur, bahkan hingga waktu Subuh. Sudah pasti bagi para penggemar bola yang cukup fanatik oleh candu sepak bola akan dibela-belain begadang untuk menonton pertandingan tim kesayangannya. Akibatnya tentu saja waktu-waktu untuk beribadah malam sebagaimana malam-malam bulan Ramadhan di tahun-tahun yang lain menjadi sedikit terkurangi atau bahkan sangat terganggu.

Sangat mungkin demi nonton sepak bola, orang Islam kendor semangat tarawehannya. Mungkin ada yang “mencicil” tidur agak lebih awal agar malam harinya bisa njenggelek alias melek dan begadang untuk nonton bola. Yang biasanya tadarusan, karena sepak bola, menjadi berkurang sangat drastis. Yang biasanya tengah malam bangun untuk sholat malam, mungkin lebih mbelani nonton bola. Bahkan makan sahur juga disambi nonton sepak bola. Tentu saja sholat Subuh dan kuliahnya juga menjadi lebih sepi karena jamaah kebanyakan tengah asyik nonton sepak bola. Kira-kira begitu nggak ya? Atau mungkin hal demikian hanya terjadi pada diri saya dan di lingkungan kampung tempat tinggal saya saja ya?

Meskipun sebagaimana sunnatullahnya ibadah malam di bulan Ramadhan, semisal sholat taraweh, pada saat awal datangnya Ramadhan masjid senantiasai penuh sesak bahkan hingga meluber keluar karena saking banyaknya jamaah. Namun dari hari ke hari,  jamaah semakin menyusut dan mengalami kemajuan shofnya. Mungkin sekali ada semacam benang merah yang bisa ditarik antara sepak bola dan puasa (dalam hal ini sholat taraweh). Kok bisa demikian?

Begini sedulur semua. Ibaratnya awal Ramadhan merupakan babak putaran pertama sebuah pertandingan pada turnamen sebagaimana Piala Dunia, maka peserta pertandingan masih sangat banyak. Babak penyisihan pada Piala Dunia setidaknya terdapat 32 negara bukan? Pada malam awal Ramadhan, jamaah sholat taraweh masih sangat banyak. Tidak hanya sesak saling berdesakan, tetapi seringkali jamaah sholat meluap hingga pelataran masjid. Untuk sepak bola, selepas babak penyisihan ada babak enam belas besar, delapan besar, empat besar atau semi final, hingga puncak final yang menyisakan dua kesebelasan terbaik.

Demikian halnya  pada kasus sholat taraweh. Di malam-malam pertama, ratusan bahkan ribuan jamaah memenuhi masjid-masjid atau mushola untuk menunaikan sholat taraweh. Tetapi secara berangsur-angsur, babak penyisihan tarawehan juga beranjak ke babak semifinal hingga final. Dan secara berangsur-angsur namun pasti barisan jamaah mengalami kemajuan alias semakin berkurang jumlah jamaahnya. Kira-kira, kenapa terjadi demikian ya?

Ngisor Blimbing, 3 Juli 2014


Filed under: Jagad Bubrah Tagged: bulan Ramadhan, piala dunia, puasa, sholat tarawih

Merumput

Menapaki bulan Ramadhan yang kian hari kian santer di perbincangkan berbagai media baik online maupun offline, membuat kita semakin tersuasana lantaran Ramadhan membawa hawa yang demikian adhem dan memang benar terasa.

Seputar ngabuburit contohnya. Dalam pencarian Google siang ini ada sekitar Sekitar 856.000 hasil dalam 0.32 detik, dimana topsy memperlihatkan ada 990,668 kicauan dalam satu pekan, dengan update terbaru dalam satu jam lebih dari 1,420 kicauan seputar ngabuburit.

Nah, sedemikian besarnya perhatian masyarakat terhadap ngabuburit, apasih sebetulnya ngabuburit itu ?

Berdasar hasil riset dan semedi didepan monitor, ngabuburit merupakan istilah dari bahasa Sunda yang punya arti menunggu datangnya waktu berbuka (maghrib) atau menunggu matahari sore terbenam.

Lho, emang kenapa matahari sore harus ditunggu ?

Terkait hal ini, tanyakan saja sama atasan saya. Saya hanya tulis dan posting setelah melakukan riset sembari ngaBLOGburit. Namun entah kapan kata ngabuburit pertama kali muncul dan ramai menjadi lakon saat Ramadhan tiba. Hanya saja perlu kita cermati, semua orang hampir telah melaksanakannya pun istilahnya berbeda di masing-masing daerah.

Dimasa kecil saya kerap jalan-jalan sore bareng anak-anak kampung tuk berburu buah-buahan di kampung sebelah, setelah beranjak gedhe saya lebih seneng nunggu takjil dimasjid sembari ngaji dan itu yang hampir selalu kulakukan saat waktu luang tersedia.

Karena itu apapun kegiatannya semasa Ramadhan untuk menunggu waktu berbuka entah sekedar tidur, ngegame, mancing ataupun merumput sebagaimana yang sesekali waktu saya lakukan, semuanya tetap satu, “Harus bernilai ibadah”. Dan ini kuncinya, karena Ramadhan merupakan bulan penuh rahmat serta kemuliaan, dan tiada waktu yang boleh sia-sia meskipun saat ini kita sedang berinternet ria, online sembari nampang di sosial media.

Sepertinya saya menjadi jarang menyaksikan pertandingan-pertandingan piala dunia.Beberapa tim yang saya sukai telah pulang.Atau jika ada yang masih saya sukai namun waktu bertandingnya gak bersahabat.Yang saya takutkan adalah malas bangun pagi dan tidak bekerja hanya gara-gara nonton bola.

Nah keadaan tersebut membuat saya hanya mengikuti piala dunia dari berita saja.Atau malah hanya dari cerita teman hehe…Maka dari itu saya tidak bisa membuat tulisan tentang piala dunia.

Dan ternyata piala dunia sudah memasuki perempat final.Brazil,Argentina,Kolombia,Kosta Rika,Jerman,Prancis,Belanda dan Belgia.

Dari semua pertandingan akan menarik.Brazil menghadapi Kolombia,Argentina melawan Belgia,KostaRika melawan Belanda atau Jerman melawan Prancis.Dan pemenangnya akan memasuki babak semifinal.Kira-kira tim mana yang akan lolos ya??


Kentongan

-

Mastop Story

on 2014-7-03 3:41pm GMT

Salah satu peralatan musik tradisional yang mungkin paling dikenal di masyarakat kita adalah kentongan.Kentongan biasanya dipasangkan dengam beduk.Namun banyak juga digunakan sebagai peralatan untuk suatu tanda-tanda tertentu.Bisa dikatakan sebagai sirine dari masa lalu.

image

Kentongan biasanya dibuat dari bambu yang diberi suatu lobang.Namun ada juga yang dibuat dari kayu.

Cara memainkanya memang sangat mudah.Cukup hanya memukulnya saja sudah menimbulkan bunyi.Namun dalam penggunaan yang resmi(sebagai bunyi tanda) diperlukan suatu syarat-syarat tertentu.

Jika dikampung maka banyak sekali jenis pukulan kentongan untuk pertanda.Seperti ada kerusuhan,orang meninggal atau pertanda waktu.Dan itu bisa dibedakan dengan jumlah pukulan maupun jarak waktu pukulan.

Hmmmm….bukan cuman batik saja yang menjadi warisan budaya kita.Namun sepertinya kentongan juga pantas dinyatakan sebagai warisan budaya kita.Kentongan adalah benda sederhana dengan manfaat yang luar biasa.


Bulan puasa selalu memberikan nikmat tersendiri bagi yang menunaikan. Setelah seharian menahan lapar dan hawa nafsu waktu berbuka pasti menjadi waktu yang paling di tunggu. Rasa haus seharian ditambah cuaca panas yang mendera kawasan Magelang dan sekitarnya membuat ibadah puasa semakin terasa nikmatnya saat waktu berbuka puasa tiba. Waktu berbuka ini biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul […]

Lebih lengkap artikel tentang "Spot Takjil Gratis di Magelang" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Penuhi Saja Janji Untuk Rakyat

-

Mbak Miu

on 2014-7-02 10:58pm GMT

Untuk ibu-ibu agar bisa tersenyum melihat anaknya bisa sekolah, untuk para bapak bisa tidur karena esok hari ada uang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan membayar hutang….(Prabowo Subianto)

Terlalu banyak jika ingin menulis tentang Sosok Prabowo Subianto yang kini bersanding bersama Muhammad Hatta Rajasa sebagai Capres dan Cawapres nomor 1, baik prestasi maupun kiprahnya untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

Warga Banyurojo Dukung Prabowo-Hatta 9 Juli Coblos No.1 Koleksi Peraga Kampanye

Pak… saya mewakili ibu rumah tangga lain yang sangat membutuhkan kepastian dalam negara ini untuk membuat harga BBM dan tarif listrik murah, karena jika kedua hal ini naik banyak hal yang akan ikut menyusul meliputi pangan dan kebutuhan pokok. Kebutuhan sehari-hari murah sangat di dambakan pada kepemimpinan bapak berdua insya Allah jika dalam pemilihan 9 Juli 2014 mendatang menang (aamiin).

Tak peduli orang berkata soal HAM, soal kegarangan kata-kata ataupun soal orde baru yang kerap menjadi pengganjal Indonesia bangkit untuk segera berdikari, dalam pandangan saya dan keluarga, bapak adalah pribadi yang tangguh, tegas, andhap ashor (rendah hati), dan peduli terhadap sesama.

Pak… kami juga punya anak-anak yang harus kami didik untuk menjadi lebih baik, menjadi anak sholeh dan berguna bagi bangsa serta negara tentunya dengan pendidikan yang berkualitas. Dan yang menjadi fikiran kami adalah betapa mahalnya sekolahan tertentu karena favorit atau sudah punya nama.

Kami ingin juga seperti yang lain bisa menyekolahkan anak-anak kami di sekolahan yang baik dan terjangkau oleh kantong kami bukannya sekolahan yang eksklusif berbiaya MAHAL. Dan kami mengapresiasi program bapak PENDIDIKAN GRATIS 12 TAHUN tanpa meninggalkan perhatian terhadap guru baik honorer beserta TU-nya dimanapun mereka mengabdi tak terkecuali pada pondok pesantren yang mayoritas kerja ikhlas untuk hadirkan generasi berprestasi untuk majukan NKRI.

Pak… gizi anak kami kadang sering terlupakan karena ada lauk saja kami sudah cukup bersyukur lantaran perut telah terasa kenyang. Karena itu saya juga sangat mengapresiasi salah satu cita-cita bapak yang menjadi program bernama REVOLUSI PUTIH, program yang sangat cemerlang dan sangat memperhatikan hal detail bagi anak Indonesia, karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus kuat fisik juga mental, serta cemerlang otaknya.

Untuk hal seperti minum susu haruslah diperhatikan benar lantaran sangat dianjurkan sebagai tambahan gizi tanpa meninggalkan ASI (Air Susu Ibu), terutama bagi anak-anak dibawah usia 2 tahun.

Saya pak… Ibu rumah tangga yang ingin sekali naik haji, menyempurnakan ibadah sebagaimana harapan seluruh umat muslim di dunia. Harapan besar saya itu hampir hilang karena biaya sangat mahal, dan selalu saja naik pada setiap tahunnya.

Apa harus punya sawah dahulu kemudian dijual untuk biaya naik haji ? Tapi program dari Prabowo-Hatta setidaknya mampu menjadi angin surga bagi saya, lantaran adanya tabungan haji dan pemenuhan fasilitas yang akan di gagas seperti di Malaysia, negara itu sudah punya hotel sendiri bagi warganya di Arab Saudi, akses serta fasilitas yang memudahkan warganya dalam beribadah.

Semoga berkah tercurah selalu untuk bapak-bapak dan tim yang mempunyai niat mulia membantu memudahkan prosedur biaya juga fasilitas untuk beribadah bagi warganya. Kalau Malaysia Bisa, kenapa kita tidak??

Untuk program 1 Miliyar disalurkan kedesa-desa ini pak, saya sontak terkejut. Tak hanya lantaran hal tersebut teramat mungkin terjadi sebagaimana PNPM yang anggarannya mencapai nominaltersebut. Lebih-lebih setelah Pak Prabowo mengemukakan rencana pendistribusian anggaran minimal 1 miliar untuk masing-masing desa, dan Undang-undang tentang penyaluran dana ini yang bertahun-tahun diperjuangkan sesegera mungkin disahkan karena sebelumnya seringkali gagal.

Bukan ketakutan apakah hal ini akan terlaksana dengan lancar. Sekedar masukan saja, semoga pengelolaanya mampu berjalan transparan, berpadu pendampingan optimal dari pihak-pihak terkait dan orang-orang terpercaya yang mumpuni.

Lahan pertanian baik sawah dan ladang sudah semakin sempit disini, mau mengharapkan panen apa coba ? dengan adanya penyaluran dana ini bisa membuat kelompok-kelompok atau perorangan untuk membuka usaha baik pengadaan barang atau jasa bagi masyarakat. Apalagi pernah terlontar dalam penjelasan bapak di sela kampanye yang tayang di salah satu stasiun televisi, kedepannya para sarjana-sarjana terbaik akan diterjunkan untuk membantu pengelolaannya.

Pak… saya sangat cocok dengan duet Capres-Cawapres saat ini yang akhirnya mampu membuktikan kemata Internasional bahwa Indonesia mampu mengangkat Capres-Cawapres yang dekat dengan rakyat tanpa bumbu pencitraan. Saling melengkapi dan mengingatkan, kami disini sudah sejak lama mendambakan pemerintahan yang kondusif, tegas, bersih dan mempunyai reputasi yang baik .

“Buat apa kita terkenal dengan peralatan canggih tempur serta pasukan, kalau rakyatnya saja tidak sejahtera”, inilah salah satu amunisi yang keluar dari bapak Prabowo dimana mampu menjadi pondasi dan pilar membenahi hal pokok, kemudian hal-hal lain akan ikut menyusul untuk dibenahi.

Saya yakin kedua putra bangsa ini sangat optimis membawa perubahan Indonesia menuju lebih baik dan mampu. Seorang calon pemimpin disamping mempunyai pengalaman yang banyak juga harus percaya diri, mengetahui secara benar kapasitas apa yang akan dipimpinnya, baik birokrasi, rakyat yang majemuk, budaya, pemerintahan, hubungan luar negeri, meliputi semuanya.

“Bisa hancur negara ini jika tidak diserahkan pada ahlinya dan hanya menuruti hawa nafsu belaka”.

Menurut saya, Indonesia ini tidak separah yang banyak dipikirkan orang, pun rakyat dibawah merasakan demikian. Kita menghargai program pemerintahan sebelumnya yang bekerja keras membangun diberbagai sektor melalui P2KP, PNPM dan berbagai program lainnya. Maka dari itu #PrabowoHatta berkomitmen penuh untuk meneruskan program yang baik dan akan memperbaiki hal yang belum optimal serta kurang, yang menjadi prioritas untuk mensejahterakan rakyat.

Kebocoran Negara adalah Fakta

Soal kebocoran walaupun  yang sebenarnya dimaksud adalah potensial loss sebagaimana pernah disampaikan juga oleh ketua KPK Abraham Samad, kita harus memperhatikannya dengan cermat tidak boleh tidak. Memang banyak yang menertawakan terkait hal ini dan menganggapnya remeh yang berujung umpatan seta cemoohan. Jika seluruh masyarakat Indonesia sedikit berpikir terbuka, kebocoran yang ada adalah nyata dan harus di tanggulangi segera untuk kemakmuran bangsa Indonesia kedepan.

Banyangkan saja seputar blog migas misalnya. Dari 263 blok minyak bumi serta gas bumi (migas) yang kini ada, 79 Blok Migas sudah produksi sedangkan 184 sisanya masih dalam tahap eksplorasi dimana hanya 30% yang dikuasi Indonesia. Dalam perhitungan nyata, jelas 55 sekitar 55 Blok Migas (70%) dikelola oleh perusahaan migas asing berskala global seperti Chevron, Petronas, Petrochina, Total, Inpex, ExxonMobil, CNOOC, Santos, dan beberapa lagi lainnya.

Peta Pengelolaan Blok Migas Indonesia oleh Asing. Sumber : BP Migas

Peta Pengelolaan Blok Migas Indonesia oleh Asing. Sumber : BP Migas

Perhatikan peta diatas, dari 55 blog Migas yang ada, sepanjang 2015 – 2021, ada 28 Blok Migas yang akan habis masa kontraknya, dan ini menjadi tanggung jawab pemerintahan 2015 – 2019 mendatang.

Lantas sebuah pertanyaan muncul, “berapa nilai kontrak perpanjangan 28 Blok Migas itu ?”

Dilangsir kompasiana, “Target produksi migas 2013 di angka 840.000 Bph, tapi realisasinya 827.000 bph, kurang 13.000 bph. Rata-rata produksi 1 Blok Migas sekitar 10.000 Barel per Hari (Bph). Angka itu diperoleh dari realisasi produksi migas (lifting) APBN-P tahun 2013 sebesar 827.000 Bph dibagi 79 Blok Migas Produksi.”

Dengan produksi 827.000 per hari di 2013, berarti produksi setahun 301.855.000 Barel. Jika kita pakai harga minyak US$ 100/barel, total nilai produksi 28 Blok Migas itu setahun US$ 30.185.500.000. Dalam rupiah, nilai produksi 28 Blok Migas itu sekitar Rp 302 Triliun. Jika 28 Blok Migas itu memperpanjang kontraknya 20 tahun, kira-kira nilai kontraknya Rp 6.040 triliun.

Karena itulah terkait kebocoran, jelas hal ini sejalan dengannya dan bukan retorika ataupun omongan ngawur dan sembarang.

Ditambah lagi #PrabowoHatta menjelaskan bahwa kebocoran yang dimaksud juga berasal dari kemampuan Indonesia saat ini yang hanya mampu menjual bahan mentah atau menjual dengan harga rendah sumber daya alam Indonesia, misalnya gas, minyak bumi, dan batu bara tanpa kemampuan untuk melakukan renegosiasi.

Karena itulah harus kita selamatkan Indonesia untuk segera bangkit dan berdikari, dengan menutup kebocoran yang ada pun KPK melalui Abraham Samad menyebutnya Potensial loss.

Apresiasi Untuk Seorang Prabowo

Semangat prabowo terus membara, bagaimana tidak? Jabatan strategis yang beliau sandang , rela beliau lepas demi nama baik semuanya. Kalau saya yang alami ini sudah tidak kuat dan guling-guling…?! Misalnya saya hanya mengalami ditinggalkan teman, ketika teman yang saya tolong sekarang tidak lagi dekat seperti dahulu, itu saja membuat saya merasa teramat dongkol. Begitu berjiwa besarnya seorang Prabowo…

“Pak, kalau mau mengabdi kenapa jadi harus jadi presiden sih?” Tanya salah seorang yang kebetulan kurang sreg dengan beliau. Itulah cita-cita Prabowo muda. Ditambah Prabowo melihat negara ini kok begini-begini terus tersalip negara tetangga soal kesejahteraan penduduknya. Prabowo sudah terdidik di situasi nomaden ketika masa transisi setelah kemerdekaan, merupakan hal biasa jika mengenal satu sama lain orang-orang di berbagai daerah bahkan pernah singgah ke luar negeri.

Prabowo muda diterima di sekolah bergengsi di luar negeri, namun ayahandanya Pak Soemitro kembali menegaskan, menanyakan tentang cita-cita kepada prabowo. ‘Saya mau jadi presiden”. jawab Prabowo dengan lugas ketika itu. Pak Mitro mengarahkan untuk jadi presiden, jalurmu bukan disini tapi di Magelang, di Akmil sana.

Rupanya Pak Mitro tau betul dan prabowo paham jiwa kepemimpinan itu terbentuk secara fisik dan mental. Dengan ditempa terus menerus hingga sampai bisa teruji secara moril maupun spiritual.

Ya Prabowo masuk ke sekolah militer dengan karir emas terus melejit, berbagai prestasi dan penghargaan diraihnya hingga bertemu pujaan Hati Mba Titiek pada tahun 1983. Jadi lucu kalau ada yang bilang, karir moncer karena mantu presiden. Hehehe….tudingan miring hingga hujatan sudah dianggap angin lalu saja bagi Prabowo, yang penting dia tetap berjuang maju kedepan untuk Indonesia yang lebih baik. Iya juga sih…kalau kita ungkit-ungkit atau membalas keburukan dari orang lain, kita tidak akan maju, adanya kemunduran terus.

Salut juga buat beliau yang komit dengan ucapannya dan membuka kesempatan bagi seluruh putra-putri terbaik bangsa untuk perkuat kabinetnya kelak.

Saya akan undang putera dan puteri terbaik untuk perkuat kabinet. Tidak jadi soal apakah mereka anggota partai koalisi atau non-partai.

— Prabowo Subianto (@Prabowo08) 3 Juli 2014

_______

Apresiasi Untuk Pak Hatta

Untuk Pak Hatta, Saya lebih mengenal pak Hatta ketika tampil pada debat capres-cawapres pertama. Wuihhh sangat memukau, ditambah debat ke-empat kemarin samakin tampil prima. Negara ini membutuhkan sosok lugas yang jelas dan tidak asal bicara. Semua yang dikatakan pak Hatta adalah fakta. Selama ini Pak Hatta tidak banyak komentar saat menjadi menteri dua periode, banyak kerja sedikit bicara rupanya. gagasannya cemerlang, jika terpilih ditambah dengan realisasi akan makin nyata.

Padahal Pak Hatta melanglang buana menjadi menteri, beliau memposisikan sebagai menteri ya…tidak membicarakan masalah partai, Putra Palembang ini pernah menjadi aktivis ketika di kampus, kutipan dari pak Hatta yang menggugah semangat adalah “Jangan takut untuk mengatakan kebenaran”.

Seperti taglinenya tulisan ini, daripada buang waktu untuk promosi negative dan kampanye hitam, lebih baik kampanye kreatif, karena Tim Sukses #PrabowoHatta sudah memberi contoh yang baik buat kita. Ada Drumbband didikan langsung Prabowo, hasilnya keren bro, namanya Canka Garuda Yaksa, mereka kerap tampil di event besar seperti Car Free Day di Jakarta, pernah juga di Bogor.

Maskot Partai Gerindra, Mas Garuda, sosok dengan tatapan sangar bagi musuhnya, yaitu keburukan dan ketidakadilan, juga game-game dan lagu-lagu kreatif ciptaan berbagai kalangan masyarakat. Tidak perlu dengan alat musiK canggih, cukup jiwa korsa dan semangat , lagu akan dinyanyikan bersama membakar semangat.

Dukungan mengalir darimana-mana baik pusat maupun daerah, di Rumah Polonia , Rumah pemenangan tempat deklarasi capres-cawapres #PrabowoHatta, tiap hari hingga kini dikunjungi 30-40 organisasi untuk member dukungan karena mereka tau lewat #PrabowoHatta mari #Selamatkan Indonesia

Yang di tempat tinggal saya juga banyak, spanduk dan banner berderet menghiasi jalanan dengan damai (spanduk aja damai masa kita tidak, hehe) makanya saya miris ketika kemarin membaca berita ada spanduk kampanye #PrabowoHatta dirusak, dan lagi-lagi Prabowo melarang untuk membalas. Sip dan Jempol anda Pak…

Jadi mengapa #PrabowoHatta ?

Koalisi itu bernama merah putih, Solid, saling legowo (menerima).
Mengahdapi tantangan dengan tegap, pantang surut, maju terus kedepan.

Konsisten dengan ucapan

Visi dan Misi mengena berbagai kalangan masyarakat  dan masih banyak alasan lainnya kalau dibahas satu persatu akan sangat panjang.

Kata kuncinya, dengan berSATUnya dalam duet #PrabowoHatta, bersatu pula kita memajukan Indonesia yang berdaulat, adil dan makmur untuk berdiri diatas kaki sendiri, bukan menjadi kacung di negeri yang kita cintai sebagaimana kerap di sampaikan Pak Prabowo dalam orasinya.

_______

Dari saya, Prabowo-Hatta mampu penuhi janji untuk rakyat Indonesia agar hidup aman dan sejahtera itu semua sudah luar biasa.

Salam dari Magelang, Salam Indonesia Raya.


Mubarok2Jalanan Kiai Maja di ujung selatan Kota Tangerang memang tidak terlampau lebar. Jalan yang sejajar dengan Tol Jakarta-Merak tersebut menjadi penghubung antara Jalan Raya Tangerang – Serpong dengan kawasan Ciledug dan Alam Sutera. Peranan penghubung yang strategis tersebut menjadikan lalu-lintas kendaraan yang melintas begitu ramainya. Hal ini seringkali menjadikan terjadinya kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk seperti jam berangkat dan pulang kerja.

Tepat di sudut belakang pabrik Tifico, tepian Jalan Kiai Maja tersebut, berdiri tegak empat buah menara yang saling berdekatan mengapit sebuah kubah berwarna hijau. Keempat menara berwarna perpaduan krem dan coklat tersebut seolah menjadi pilar penyangga langit. Dengan arsitektur bergaya timur tengah, menara tersebut mengingatkan menara yang mengapit Ka’bah di Masjidil Haram maupun menara di Masjid Nabawi. Memang yang sedang kita bicarakan adalah bagian dari sebuah bangunan masjid. Masyarakat setempat mengenalnya sebagai Masjid Al Mubarok Sawah Dalam.

Mubarok1Tidak tercatat jelas, kapan Masjid Al Mubarok pertama kali dibangun. Tetapi konon keberadaan masjid tersebut sudah ada bersamaan dengan berdirinya cikal bakal Kampung Sawah Dalam. Karena berdiri pertama kali, maka masjid ini pulalah yang kemudian berkembang menjadi masjid jami’ yang menjadi tempat ibadah sholat Jum’at bagi masyarakat di sekitarnya. Di beberapa kampung sekitar Sawah Dalam, seperti Kampung Kosong dan Kampung Kelapa, masyarakat setempat melakukan sholat jamaah lima waktu di mushola-mushola. Namun pada giliran Jum’atan, semua ummat beribadah di Masjid Jami’ Al Mubarok.

Merespon perkembangan jumlah jamaah yang terus meningkat, Masjid Al Mubarok telah mengalami beberapa kali perluasan dan pemugaran. Pemugaran terakhir dilakukan pada sekitar lima tahun yang lalu. Pada awalnya, Masjid Al Mubarok hanya terdiri atas bangunan satu lantai. Kapasitas jamaahnya kurang lebih 500-an jamaah. Kini bangunan masjid terdiri atas dua lantai, dengan kapasitas jamaah melebihi 800-an jamaah.

Bangunan baru Masjid Al Mubarok terinspirasi gaya masjid di Timur Tengah. Secara mendasar bangunan masjid berbentuk kubus persegi yang memanjang ke bagian samping. Pilar-pilar persegi menjadi penopang utama banguan yang terdiri atas dua lantai tersebut. Karena menghadap ke Jalan Kiai Maja yang membentang dari arah timur ke barat, maka serambi dan pintu utama Masjid Al Mubarok menghadap ke arah utara dan berada di sisi samping arah mihrab.

Mubarok5      Mubarok4

Menapaki tangga serambi samping, jamaah akan di sambut dengan lantai serambi yang terbuat dari marmer berwarna hitam mengkilat. Di sepanjang serambi tersebut berjajar pilar-pliar yang tegak berdiri dengan hiasan ukiran pola klasik dan dominasi cat paduan krem dan coklat mengkilat yang mengesankan seolah pilar dilapisi batuan marmer. Pintu masuk utama di sisi utara terbuat dari kayu berukir dengan tulisan Allah dan Muhammad pada masing-masing daun pintu sisi kanan dan kiri.

Memasuki lantai dasar akan terbentang ruang yang cukup luas. Pilar-pilar penyangga ruang lantai atas berjajar rapi di sisi tepian ruang bagian samping dan belakang dengan plafon setinggi kurang lebih tiga meteran. Adapun di sisi bagian tengah, terdapat bidang penghubung antara lantai utama dan lantai atas yang dibatasi dengan pagar teralis besi bercat warna kuning emas. Dengan demikian, plafon bagian atas yang tinggi dan menyatu dengan langit-langit masjid memberikan kesan ruang yang jauh lebih luas.

Bagian mengimaman atau mihrab terdapat di sisi depan mengarah ke kiblat. Luasan mihrab enam kali lima meter. Relung ruang mihrab menghubungkan lantai dasar langsung dengan lantai atas sehingga tinggi ruang mihrab mencapai tidak kurang dari delapan meter. Relung mihrab tersebut berbentuk pilar tinggi sejajar dengan ujung bagian atas melengkung dengan bentuk pola puncak kubah ramping. Adapun sisi luar relung mihrab dihiasi dengan ornamen memanjang dari sisi bawah ke atas hingga ke titik puncak pertemuan di sisi atas. Ornamen tersebut semakin indah pada waktu malam hari karena sorotan dua buah lampung yang diarahkan langsung di bagian puncak mihrab sehingga menimbulkan efek bayang-bayang ukiran yang timbul tenggelam dalam nuansa tiga dimensi yang kontras.

Mubarok6 Mubarok8 Mubarok7

Di samping tempat imam memimpin sholat, di ruang mihrab juga terdapat mimbar yang menjadi tempat khatib berkhutbah pada saat sholat Jum’at maupun bagi para penceramah yang memberikan siraman rohani pada acara-acara pengajian yang juga sering diadakan di masjid tersebut. Mimbar Al Mubarok merupakan mibar yang terbuat dari kayu jati berhiaskan ukiran Jepara yang detail bermotif bunga-bungaan dengan tulisan kaligrafi arab pada beberapa bagian tertentu. Di sisi kanan dan kiri bagian mihrab berdiri dengan anggun dua buah jam dinding besar setinggi dua setengah meter yang juga berukir motif khas Jepara.

Sebagai pusat kegiatan ummat muslim di Kampung Sawah Dalam dan sekitarnya, Masjid Al Mubarok senantiasa ramai dengan jamaah yang beribadah. Di samping ibadah sholat lima waktu dan sholat Jum’at yang rutin diselenggarakan, di masjid tersebut juga sering digelar berbagai pengajian dan kajian dalam rangka peringatan hari besar Islam maupun untuk keperluan-keperluan tertentu.

Dalam suasana bulan Ramadhan, kegiatan di Masjid Al Mubarok mencapai titik puncak kesibukannya. Pada saat-saat demikian, para jamaah tua-muda, lelaki-perempuan, bapak-bapak, ibu-ibu, hingga aki-aki dan nini-nini sangat bersemangat menyemarakkan bulan Ramadhan. Mulai dari sholat Subuh, kuliah Subuh, pengajian menjelang berbuka puasa, sholat tarawih, hingga tadarusan senantiasa diikuti jamaah yang sangat antusias. Khusus untuk sholat tarawih dan witir, di masjid tersebut diselenggarakan dengan jumlah 23 rakaat. Di sela antara sholat tarawih dan witir diselingi dengan ceramah pengajian atau kultum yang semakin menambah wawasan dan pengetahuan ummat Islam tentang agama yang dipeluknya.

Moga keberadaan Masjid Al Mubarok benar-benar menjadi barokah untuk membawa ummat Islam di sekitarnya meraih kebahagiaan hidup fiddunya wal akhirah.

Ngisor Blimbing, 3 Juli 2014


Filed under: Jagad Religi Tagged: 1001masjid, puasa, Ramadhan

Sahur

Dihari keempat Ramadhan pastinya selalu ada hal yang istimewa lantaran Ramadhan merupakan bulan kemuliaan yang penuh keistimewaan. Dan belajar dari pengalaman hari ini dimana saya terlewat dari bersahur ria bersama keluarga yang sebetulnya merupakan ibadah sunnah bernilai wajib, sayapun ambil kesimpulan bahwa ada beberapa poin dimana hal ini tidak boleh terulang lagi terutama untuk Sampeyan yang sedang membaca tulisan ini :D

Seperti kita tahu, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan terkait ibadah sahur kenapa harus kita upayakan. Dalam tulisan sebelumnya, saya mengupas bahwa diantara keutamaan sahur adalah :

Pertama, di antara keberkahan makan sahur adalah bertakwa kepada Allah dalam melaksanakan ibadah dan beristianah (mohon pertolongan) kepada Allah Taala pada siang hari untuk menjalankan shalat, membaca Al-Quran, berzikir, dan selainnya. Karena orang lapar biasanya- malas menjalankan ibadah. Bawaannya berbaring dan tiduran. Maka orang yang makan sahur dia menjalankan sebab supaya memiliki tenaga di siang hari untuk menjalankan tugas duniawi dan ukhrawi.

Kedua, menghilangkan akhlak tercela yang diakibatkan dari lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi, sensitif, dan mudah marah. Karena itulah orang yang makan sahur akan memiliki jiwa yang lebih tenang sehingga mampu bermuamalah dengan baik kepada orang lain.

Ketiga, melalui sahur akan berarti telah bersiap untuk menjalankan puasa sehingga ia lebih semangat dan tenang menjalankan puasa. Dan pastinya orang yang menyantap makan sahur akan lebih ringan (tidak terlalu payah) dalam menjalankan puasa.

Akan tetapi beranjak dari pengalaman hari ini dimana saya terlewat menjalankan ibadah sahur lantaran begadang mengaji (tadarusan) yang dilanjut online didepan monitor, maka saya punya Tips agar sahur makin Asyik dan tak kembali terlewat sebagaimana yang saya rasakan hari ini.

1. Istirahat Awal Waktu
2. Buat Kejutan Selalu Agar anggota keluarga ikut bersahur seperti yang saya lakukan kemaren-kemaren sebagaimana dalam tulisan ini.
3. Siapkan makanan dan minuman untuk keluarga sebelum kita membangunkan seluruh anggota keluarga.
4. Setel tayangan Televisi yang menarik yang menjadi idola anggota keluarga
5. Niatkan Puasa dan Sahur di malam hari agar tatkala sahur terlewat kita tetap semangat dan gembira (meski perut belum terisi) :(

Ya…sedikit konyol memang, namun saya yakin ini berhasil lantaran sebentar lagi kumandang adzan magrib akan datang. Buka..buka…..makan..makan….. alhamdulillah..

Mendadak Ustadz

-

IvanPurnawan

on 2014-7-02 4:25pm GMT

Mas Ivan

Percaya atau tidak, kala Ramadhan datang umat muslim mendadak syar’i dan kerap dituntut makin islami yang hal ini berimbas positif pada stabilitas ekonomi pasar terutama para pedagang busana muslim, kosmetik halal, dan aneka jajanan pasar pun ini jelas tak bersinggungan dengan apa yang saya maksudkan.

Seputar mendadak syar’i dan islami jelas sudah umum diperbincangkan, akan tetapi ketika mendadak ustadz, rasanya hal ini perlu untuk kita garis bawahi lantaran banyak sekali saat ini ustadz-ustadz bermunculan yang terkadang sekedar mencari popularitas semata atau sekedar tuntutan skenario yang memang dibutuhkan kala Ramadhan tiba.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :

Akan muncul di akhir zaman orang-orang yang mencari dunia dengan agama. Di hadapan manusia mereka memakai baju dari bulu domba untuk memberi kesan kerendahan hati mereka, lisan mereka lebih manis dari gula namun hati mereka adalah hati serigala (sangat menyukai harta dan kedudukan). Allah berfirman, Apakah dengan-Ku (kasih dan kesempatan yang Kuberikan) kalian tertipu ataukah kalian berani kepada-Ku. Demi Diriku, Aku bersumpah. Aku akan mengirim bencana dari antara mereka sendiri yang menjadikan orang-orang santun menjadi kebingungan (apalagi selain mereka) sehingga mereka tidak mampu melepaskan diri darinya. (HR. Tirmidzi)

Berlepas diri akan makna serta faedah hadits diatas, kemaren sore (1 Juli 2014 / 2 Ramadhan 1435 H) sebagaimana tahun-tahun sebelumnya saya mendapat jatah untuk menjadi pemateri di beberapa masjid untuk remaja dan jamaah yang ada di lingkungan sekitar.

Belajar dari fenomena “Mendadak Ustadz” yang santer berkembang baru-baru ini lantaran terpromosikan media, sayapun berdoa dan meluruskan niatan diri semoga apa yang saya lakukan senantiasa berbuah kebaikan, serta menjadi upaya nyata untuk perbaikan diri sembari berbagi secuil keilmuan yang saya miliki.

Risma Al-Huda

Terkait Ramdhan dan Puasanya, kemaren Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan Masjid Al-Huda yang di inisiasi oleh Bara Resda selaku ketua RISMA (Remaja Masjid) memintaku untuk memberikan materi kajian ngabuburit seputar Keutamaan Puasa Ramadhan.

Apa saja beberapa kutamaan Ramadhan yang kemaren saya paparkan dan dapat saya sarikan ?, berikut 7 keutamaan Puasa Ramadhan yang saya sebut sebagai “Pitulungan” atau 7 keutamaan puasa merih surga-Nya :

1. Puasa adalah jalan meraih ketaqwaan
2. Puasa sebagai perisai dari siksa api neraka
3. Puasa akan memberikan syafa’at bagi yang melaksanakannya
4. Orang yang berpuasa akan mendapat ampunan dari ALLOH SWT
5. Puasa sebagai salah satu cara menahan syahwat
6. Orang yang berpuasa akan mendapat kunci pintu syurga ar royyan
7. Orang yang berpuasa memiliki waktu mustajab untuk berdo’a

Nah, semoga dengan mengetahui 7 keutamaan puasa ramadhan kita dapat semakin yakin bahwa Ramadhan memiliki keistimewaan tersendiri, termasuk terkait ibadah puasa yang menjadi kewajiban atas orang-orang yang beriman.

Isu Negativ

-

Mastop Story

on 2014-7-02 4:02pm GMT

Akhir-akhir ini dikampung saya menjadi sangat darurat.Keadaan kacau.Dan semua warga menjadi gelisah.Penyebabnya adalah tersebarnya sebuah isu.Isu tersebut menyatakan adanya orang yang berkeliaran setiap malam.Dan bukan orang yang baik sepertinya.

Keadaan tersebut menjadi sangat meresahkan warga.Ronda malam menjadi hal yang sangat wajib.Banyak pos ronda yang didirikan.Setiap malam warga selalu berkeliling.

Dan isu itu kini menjadi semakin berkembang.Kabarnya semakin menjadi.Dari orang yang hanya mengetok pintu setiap rumah kini berkembang menjadi penggunaan ilmu hitam.Dikatakan pencuri tersebut berubah menjadi anjing.Wah..

Semoga lekas aman..



Assalamualaikum wr wb teman-temanku sayang 

Waalaikumsalam wr wb..eh ada elu, Mi..
Apa kabar akun sosmed temen-temen? 

Baik-baik aja sosmed gua, kenapa lu?
Punya akun media sosial maupun jejaring sosial mah udah biasa kan ya? Selagi punya modal HP, tab, laptop, ke warnet plus ada jaringan internet, kita bisa akses dan main-main di situ. Nah, dunia ini cuman permainan..
Nggak perlu dijelasin, temen-temen mesti tau bahwa sosmed ibarat pedang. Punya dua mata, good and bad impacts. Bagusnya, buat komunikasi lah ya, ngejalin ukhuwah dan bersilaturahim. Jeleknya, sering lupa waktu dan tipu-tipu daya syaitanirrajim..ayo istighfar bareng-bareng...astaghfirullahaladzim.

Lu banting stir jadi ustajah, Mi? Sok banget sih lu.. gua juga tau kalo sosmed punya dua efek keles..

Temen-temen yang sholih dan shoilhah yang dirahmati Allah SWT, tipu-tipu daya yang setan tawarin tu bervariasi macem es krim yang banyak rasa. Di sini lah hati sama mata yang diuji, hiii. Dua organ ini (mestinya bukan hati yang ngeluarin empedu kan ya? Wkwk) rentan banget buat jatuh ke luka dalam, terpeleset dan setan tertawa karenanya.

Di sosmed noh media visual. Terdiri dari kata-kata, gambar dan video. 

1.      Kata-kata
Fasilitas tulis-menulis di sosmed ngebuat kita tentrem nggak sih? Yaa emang menulis itu terapi perasaan. Zaman dulu nulis catatan harian aja diumpet-umpetin, kalo sekarang mah diumbar-umbar. Bebas orang lain mau baca, share ke publik, lol. Pernahkah ada rasa sombong ketika nulis di sosmed? *jawab dalam hati*
Secara nggak sadar, kesombongan muncul. Naudzubillah..semoga temen-temen nggak kayak gini:
“Alhamdulilah..hari Senin ini bisa puasa bareng kamu.”
“Ngedoain kamu di tengah malam yang tenang. #tahajjud”
“Bismilah..semoga puasa hari ini lancar.”
“Habis sedekah di panti ini...”
“Baca surat Yassin untuk kamu..”
“Alhamdulilah dapet ranking lima besar..”
“Akhirnya bisa menang..”
“Dapet setrikaan sekarung..”
Dan lain-lain... astaghfirullah.. Ini kita pengen nyombongin diri apa gimana? Lol. Ibadah itu biarlah hanya diri kita dan Allah saja yang tau..

2.      Gambar
Sebagian dari kita mesti jadi user pemberani. Maksudnya, kita pasang foto diri kita sendiri. Nggak banget lah ya saya pasang foto artis Asmirandah gitu? Wkwk. Pembohongan publik bingit. Nah, yang bikin cucok banget tu kalo foto profil kita nimbulin kesombongan. 

Narsisme, wkwk, selfie-is-me. Nonjolin diri, show the world, this is me. Ini lo aku. Berusaha pasang foto secantik mungkin, seganteng mungkin, berpose di mana gitu, dengan siapa gitu, sambil bawa apa gitu, jangan sampe deh ya kita sombong, sedikiiiit aja. Jangan sampai, temanku sayaaaaang. J sederhanakan foto profil kita deeh yuk? 

Eit, nggak cuma foto profil aja, teman. Tapi termasuk juga postingan-postingan kita di sosmed. 

3.      Video
Ini juga penting yeyeye... video ngerekam sesuatu yang keren pasti, (y). Jangan sampai deh kita jadi sombong sebelum, saat dan sesudah posting video di sosmed. ^^

4.      Suara
Apa sih fasilitas sosmed suara? Soundcloud? Kita bisa upload suara kita di situ. Hati-hati ya. Suara itu karunia Allah Subhanahuwata’ala yang mesti kita jaga dan gunain sebaik-baiknya. Beware.. J

5.      Penonton Sosmed
Ga cuma artis atau aktor sosmed, teman. Kita sebagai penonton alias stalker alias mata-mata, halah, hati-hati ketika baca atau nonton kata, gambar, maupun video. Misalnya abis baca apa gitu, terus hati kita ngedumel, “Ya ya lah, coba tanpa bantuan gue, lu ga akan menangin tu pertandingan..” dan kolom komentar pun diisi dengan klimat-kalimat kayak gitu, bukan style kita banget lah ya? J

Emang kenapa ga boleh sombong sih, Mi? Emang lu sapa gua?
Yeah, bray, itu perintah Allah lho..bukan perintah gua wkwk..niih..
1.      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak akan masuk surga siapa saja yang di dalam hatinya terdapat sedikit kesombongan.” (HR. Muslim)
2.      Sebagaimana Firman Allah subhanahu wa ta’ala, “Demikianah Allah mengunci mati pintu hati orang yang sombong dan sewenang-wenang” (QS. al-Mu’min {40}: 35).
3.      Orang yang sombong akan mendapatkan kehinaan di dunia ini berupa kejahilan, sebagai balasan dari perbuatannya, perhatikanlah firman Allah subhanahu wa ta’ala, “Aku akan memalingkan orang-orang yang menyombongkan dirinya di dunia ini tanpa alasan yang benardari tanda-tanda kekuasaanku.” (QS. al-A’raaf {7}: 146)
4.      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, telah menjelaskan tentang bahayanya sifat kesombongan dan keangkuhan, sebagaimana diriwayatkan dari Abdullah Bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu , dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda :
“Tidak masuk surga siapa saja yang di dalam hatinya ada sedikit kesombongan, kemudian seseorang berkata: “(ya Rasulullah) sesungguhnya seseorang itu senang pakaiannya bagus dan sandalnya bagus”, Beliau bersabda: “Sesunguhnya Allah itu Indah dan Dia menyenangi keindahan, (dan yang dimaksud dengan) kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan melecehkan orang lain” (HR. Muslim)
5.      Dan orang yang sombong di akhirat dihinakan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dengan memperkecil postur tubuh mereka sekecil semut dan hinaan datang dari segala penjuru tempat, hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Orang-orang yang sombong akan dihimpunkan pada hari kiamat seperti dalam bentuk semut-semut kecil dengan rupa manusia, dari segala tempat datang hinaan kepada mereka, mereka digiring ke penjara neraka jahannam yang di sebut Bulas, di bagian atasnya api yang menyala-nyala dan mereka diberi minuman dari kotoran penghuni neraka”. (HR. Tirmizi & Ahmad, dihasankan oleh Syekh Al-Albani dalam Al-Misykat) 

Intinya apaan sih dari tadi lu muter-muter aja, ga ngerti gua..
Teman-temanku yang tersayaaang, tau nggak sih, tanpa kita sadari, semakin banyak fasilitas internet di muka bumi yang udah tua dan renta ini, malah ujian besar bagi pancaindra kita. Duh. Ya itu tadi, semua itu pedang. 

Kita nggak mau lah dibodohin sama fasilitas kayak gitu. Banyak alasan sih sebenernya kenapa bisa muncul kesombongan. Salah satunya, niat. Semua dari niat dan visi (masa depan).

Justru dengan dimudahkannya fasilitas ukhuwah kayak sosmed ini, kita nggak cuman posting aktivitas kita seolah publik membutuhkan informasi tentang kita, emang kita siapa? *sotoy

Kita? Masak lu ga ngerti siapa gua..
Kita cuma manusia wey, hamba Allah, khalifah di bumi. Tugas kita buat berdakawah. Kita pakek buat amar makruf nahi mungkar yuk, share hadits atau ayat, tafsir, dakwah..asik kan? Persaudaran kita akan kenceng kayak lem berlandaskan niat mencari ridha Allah. Apapun lah ya, aktivitas kita di sosmed world, niatnya, niatnya cari ridha Allah. 

Banyak jalan menuju kebaikan, jadi tunggu apa lagi? Masak setelah baca cuap-cuap halaman ini, kita masih jahiliyah dan nggak mau hijrah ke jalan yang lebih baik

Apaan, emang harus gua ngikutin elu? Emang elu nabi?
Kebodohan adalah sumber segala malapetaka, sehingga Allah sangat mencela orang-orang yang jahil dan orang-orang yang betah dengan kejahilannya, sebagaimana firman-Nya, “Sesungguhnya makhluk yang paling jelek (paling hina) di sisi Allah ialah orang-orang yang tuli dan bisu yang tidak mengerti apapun (jahil).” (QS. al-Anfaal {8}:22).

Ayo, fastabiqul khairat..berlomba-lombalah dalam kebaikan..

*share ini ke temen-temen lain, semoga jadi lahan pahala untuk teman-teman semua karena sudah amar makruf nahi mungkar.

-yuk berbagi ilmu walaupun sedikit yang kita ketahui.. J

Jazakumullah sahabat, semoga kita selalu bersyukur masih bisa baca dan melihat, smeoga selalu ingat sama Allah SWT..aamiin :)

Wassalamualaikum wr wb J

Kenapa Cobra?

-

Agus Mulyadi Njaluk Rabi

on 2014-7-01 7:51pm GMT
Sewaktu saya SMP, tempat nongkrong favorit saya adalah di sebuah rumah yang sekaligus menjadi sentra usaha pembuatan tempe tradisional di kampung saya. Lokasinya sangat dekat dari rumah saya, hanya sepelemparan batu. Terpaut dua rumah dari rumah saya. Kebetulan waktu itu, nenek saya bekerja di sana sebagai tukang mbungkusi tempe. (Kalau sampeyan orang Banyurojo, Magelang, tempat yang saya maksud ini adalah Tempat pembuatan Tempe Mbah joyo, silahkan di Googling sendiri)


Pabrik tempe Mbah Joyo. Kiri: Mbah Joyo (alm), Kanan: Ruliyah (mbah saya), Foto: Sahrudin

Bukan tanpa alasan kenapa saya betah nongkrong di tempat pembuatan tempe milik Mbah Joyo ini. Karena disini, terdapat banyak sekali majalah bekas yang bisa dibaca-baca. Di tempat ini, setengah karung majalah bekas selalu di drop setiap harinya. Lembaran kertas dari majalah-majalah tersebut memang digunakan sebagai pembungkus tempe (bersama daun pisang). Majalah-majalah bekas yang datang hari ini, biasanya akan digunakan untuk membungkus tempe keesokan harinya, sehingga masih ada waktu satu hari untuk dibaca-baca sebelum digunakan sebagai pembungkus.

Dari sekian banyak majalah bekas yang sering saya baca di tempat pembuatan tempe ini, majalah yang paling menarik dan paling menggoda untuk dibaca adalah majalah Libe*ty. Kenapa? Karena majalah ini berisi konten yang berhubungan dengan dunia mistis serta dunia seks. Bagi saya, kedua jenis konten ini adalah perpaduan yang pas. Sama-sama membahas dunia "halus" (dalam arti yang berbeda). Membaca Majalah ini, saya serasa diberi kebebasan untuk merinding dan menggelinjang dalam waktu yang hampir bersamaan.

Nah, karena majalah ini membahas tentang dunia mistis dan dunia seks, maka tak heran pula jika iklan yang ada di majalah ini pun berhubungan dengan keduanya. Di beberapa halaman, bisa ditemukan aneka iklan dukut pelet, ilmu kebal, batu akik, pesugihan, dan sebangsanya. Di halaman lain, bisa anda temukan iklan pembesar alat vital, iklan alat bantu, sampai iklan obat kuat. Saya sendiri lebih suka menyebut halaman iklan dunia seksual ini sebagai halaman iklan selangkangan.

Dan jelas, sebagai pria "waras", saya cenderung lebih menyukai bagian iklan selangkangan ketimbang iklan mistis, karena iklan selangkangan biasanya menampilkan gambar-gambar model peraga yang cukup menggoda imron. Berbeda dengan iklan mistis yang biasanya hanya menampilkan gambar batu akik atau gambar dukun dengan wajah sok kharisma-nya.

Oleh sebab itulah, setiap kali saya membaca majalah Liber*y, dan sampai pada halaman iklan "selangkangan", saya sering kali meluangkan waktu untuk sekedar melihat-lihat gambar-gambar model peraga. Kalau iklan pembesar payudara, biasanya model peraganya cewek seksi dengan dada yang super montok (kadang sampe tumpe-tumpe), sedangkan untuk iklan obat pembesar penis, biasanya bergambar pria dengan otot kekar yang kadang malah nampak ngeri karena saking kekarnya. Kadang saya bingung, ini iklan obat kuat atau iklan steroid ya?

Saking seringnya saya melihat-lihat halaman iklan selangkangan, saya sampai hafal banyak materi iklan di dalamnya.

Salah satu yang paling sering saya ingat adalah Cobra. Ya, Cobra. Entah mengapa, nama salah satu spesies ular ini begitu identik dengan "obat pembesar".

Entah hanya perasaan saya atau tidak. Namun saya memang merasa bahwa salah satu produk pembesar penis bergenre oles yang paling sering muncul di iklan selangkangan ini adalah Cobra Oil, alias Minyak Kobra.

Obat ini adalah obat impor dari Amerika, produsenya Pharmaton USA. Di kemasannya tergambar jelas gambar corak bendera Amerika. Sangat barat, mungkin cocok dengan pendangan orang awam Indonesia (termasuk saya) bahwa: "penis barat itu fantastis, penis barat itu besar, penis barat itu revolusioner".

Yah, Semoga para pengguna obat ini tidak lantas disebut sebagai antek asing. Maklum lah, sekarang ini apapun yang ada hubungannya dengan Amerika memang mudah sekali diplintirkan sebagai "antek asing". Jangankan cuma obat kuat, Lha wong capres saja bisa diplintirkan juga je. #Eh, maaf, kebablasan. Oke, sampai mana tadi?.


Cobra Oil yang begitu Legendaris. (foto: tokoalami.com)

Obat ini begitu legendaris, benar-benar living legend untuk sebuah obat pembesar penis.

Seorang kawan bahkan pernah sampai berkata, "Mungkin hanya Ular Kobra, binatang yang mampu menjadi ikon untuk Vitalitas pria".

Saya pernah iseng mencari tahu asal-usul nama "Cobra" dari obat ini (iya, saya memang selo). Awalnya saya mengira pemberian nama Cobra ini mungkin karena komposisi obat pembesar ini menggunakan organ dari ular kobra. Entah empedunya, entah kulitnya, atau entah apanya. Tapi rupanya hasilnya nihil, saya sama sekali belum pernah melihat Organ Ular Kobra tertulis di komposisi obat ini (setidaknya sampai saat ini).

Kalau bukan karena organ ular kobra, lalu berdasarkan apanya? mengapa harus Ular Kobra?

Bagi saya ini pertanyaan yang cukup menggelitik. Karena ini adalah obat pembesar penis, dan menurut pandangan saya, Ular Kobra kurang cukup merepresentasikan ukuran besar. Kalau memang untuk nama obat pembesar, kenapa tidak menggunakan nama "Pyton oil", "Boa Oil", atau "Sanca Oil", yang sudah jelas dan terbukti kebesarannya.

Oke, mungkin sampeyan akan nyinyir: "Ya terserah produsennya lah mas, ngapain mas Agus sewot!!", Ya, saya tahu, tapi sekali lagi, bagi saya ini tetaplah pertanyaan yang menggelitik.

Jawaban dari pertanyaan ini rasa-rasanya tak kunjung saya dapatkan. Pada akhirnya, saya memaksa untuk menggunakan argumen saya sendiri.

"Mungkin merk Kobra itu dibuat sebagai pembelaan, jadi seandainya obat tersebut tidak bekerja dengan baik, dalam artian, penis si pemakai tidak lekas membesar, maka si produsen obat akan tetap punya dalih berupa pameo 'Size doesn't matter', tak perlu ukuran besar, yang penting lincah dan tangguh, patukannya dahsyat, serta bisanya mematikan...".

Oke, saya dapat poinnya.

Romadhon adalah pertanda

-

Mastop Story

on 2014-7-01 2:40pm GMT

Bulan yang sangat suci telah tiba.Untuk kesekian kalinya.Dan selalu memberi kesempatan kepada kita untuk meningkatkan ketakwaan kita.

Ada banyak hal yang terjadi saat bulan Ramadhan.Atau lebih tepatnya dilakukan.Dan bulan ini sangat tepat dijadikan waktu untuk intropeksi diri.Menilai sekaligus mengevaluasi diri kita pribadi.

Bulan Ramadhan selalu menjadi pertanda bagi kita.Bagi orang-orang sekeliling kita.Dan bagi kehidupan kita.Saat Ramadhan tahun lalu mungkin ada yang lain dari saat ini.Dan mungkin akan berbeda lagi ditahun depan.Semua itu harus menjadi pelajaran buat kita.Dan selayaknya menambah rasa cinta kita kepada Allah swt.Semoga diluluskan ujian dibulan ini.Dan semoga diberi kesempatan untuk menemui Ramadhan yang akan datang.Amin.


Printscreen Eror Addres
Nah lo! Gimana nih, Mi? Blogmu eror -_-
Apa blog Nurings dibredel? wkwk
Sekitar 10 menit saya surfing, saya dapet tips mudah, caranya:
1. Berdoa.
2. Diemin dulu, habis itu reload atau pencet F5
3. Kalo belum bisa, tinggal aja dulu, habis itu reload lagi.
4. Sabar :)
Semoga bermanfaat ^^

First Short Story Reading

-

Hamasah!

on 2014-7-01 5:47am GMT



This is a great examination for me to be a calm girl. Waited something till two months then happened just about fifteen minutes. What a great moment T.T
I will tell you how I can read a short story (you can imagine, short story that I wrote needed about 7 pages A4) for someone, he is my bestfriend.


I joined a book project, named Membaca Magelang Second. I wrote a short story about school memory in Magelang. I choosed my elementary school memory. This memory tell about he and I. He is Adrian Hasman Wicaksana, yeah. Hahaha we are bestfriend!

I sent this shor story on January 2014. Then this book launched on April 2014. A week before launching, I texted him to come that launching in Armada Town Square Magelang. He agreed and told me he would come. 

But the day, that afternoon, it was raining. It was Saturday. And next day after he would go to Bali Island. So, he could not come. But, its okay. Better to him to keep health than went to my event but he would be sick then. ^^

Our school are different location. We communicate just by phone. I wanted he read my short story. Just read. But its not easy. Both of us are busy busy busy :p

Yeee....the next time! Last June, we met again after being own and never meet around a year. We met on a course. After having course (that is first meeting course), I asked him to read my story. But you know? What he said to me? He was lazy T.T

Ya ya, both of us are different. I love writing and he loves listening music. So, he asked me (-_-) to read the story for him. Can you imagine?

As a good friend, I read it for him. I controlled sound, intonation, and tone, lol. In the end, I ordered him to write down everything in front of the book.
He wrote a word, just A WORD. Whats that?

Fiction
Plus his signature.
Yah hahahah not bad. Here I get something.
Stay calm and don’t be selfish to others. Just wait for great moment.
Happy Reading -> Whats Membaca Magelang? -> click here :)



2014’s gift is general election. Yep, 17 tahun ini berkesempatan untuk ikutan pemilu. Dua kandidat yang menurut saya we ow we alias wow.
The reason why I’m writing this opinion is my sorrowness to see it. Why? Two candidates gave problems: two fortifications, one and two. Every candidate is carried by many parties. Then one of bad news I heard lately is some party also broke, some support number one (PS and HR) and another support two (JW-JK). Complicated kan?

Those candidates arised dissension. People should choose on of them on 9th July 2014. Absolutely, every candidate want to win this election. Many ways they do to campaign themselves. Nah, unfortunately, I think these campaign is not fair as people wish. One sympathizer stroke another sympathizer.

Campaign in Social Media
This time, social media is the one of strategic medias to attrack people attention. Yes, we know that it is important to show, close, and promote candidate’s self. Without permissions, if we sign in or see or read an article in internet site, we can find them. Finding them in internet is very very easy. Eventhough we dont wanna see, but their articles, news, or pictures spread out freely.
Those medias shared everything about those candidates. Ya, here a journalists carry datas to people. People should know 5W+1H’s candidates. People want to know further informations about candidates. This election made people curious. Of course, the candidates have their big issues, I think grey issues!
The bad news is, some medias are not fair. As I know (I was a journalist in my school and I followed a journalist workshop), a journalist should be fair, netral. But, as we see..not only newspaper and televisions, but also news sites.
Its called “black campaign”?
Gave and opened bad issues. Made people confused, you know? So do I!!!!!!!!!!!!!!
May be people have to search and find the truth of those bad issues. Issue is not always true. It is grey. But, how we can find if big medias have supported one candidate???? How? How? >,<

Citizen Opinion in Social Media
In fact, citizen, common people who are not journalists also wrote down their opinions. Ya, beside of increase writing ability, they shows theirself that they care about this election. Good citizen. So good, they are not apathetic citizen.
      Many medias give a place to share, for example Kompasiana, Twitter and Facebook (three strategic medias). I read many opinions here. Indonesian have a freedom to express everything as written in Indonesia’s law. These opinions which they wrote made me confused. Con fu sed.
1.      Kompasiana= as a member of it, I read people there. The writers are adult and smarter than me (absolutely laah). But, actually, I think some people sometimes still childish. They are mad and strike others to suppot a candidate.
2.                             Twitter and Facebook= as a member of it, lol, I see people there. Twitter is strategic, very very strategic media. Different with Kompasiana, Twitter has big members, from adolescent to adult. Without following or being sympathizer’s friend, we can find many opinions. And also campaign with profile picture is big bombing (apaan).

        Teenager Is Fragile
      Nah lo. Teenagers are fragile, right? I am teenager. We are teenager. We are newbie. We are beginner in politic world. We see on television, newspaper, and internet. We watched the debates and we read opinions and news.
      I see adults have choosed their choice. But, why they strike another candidate? Why they dont tollerate other? We are Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika, this jargon should we hold together.
     We, the teenagers, are the next generation for this nation. How can they-adults-teach us like this? Why they can’t respect others? Why they speak loud? Do they think about how we feel to watch them?

        Friendship on Teenager’s Eye
    Eyesight never lie. People break friendship for this moment, yeah, general election. I see some people do that on my eyes. We, teenager, thought that finding friend, a true true friend is not easy. Build a network then you break out the net for supporting one and not tollerate others. This is crisis.
     Ukhuwah, halo, ukhuwah, u-k-h-u-w-a-h. How can you break it? If you are different, you should tollerate other kan? You taught to us to not strike our friends when we were children. But you, now, doing that.
     My friends, although we are teenagers (17 y.o-then), we must follow and choose one of the candidate. I think, as principle of election, it is secret (hehe). LUBE(R). We may not be pathetic citizen because we are the gold generation for this nation. We have to carry Indonesia to the better situation. If we are lazy, I can’t imagine how Indonesia in our hand.
"Be Peace. We have to reflect ourself. We are together, Friends. Whoever the president, we are Indonesia."


Dont be sepaneng when read this :p thank you! ^^

Para penggiat seni khususnya di Universitas Negeri Tidar Magelang semakin giat mengadakan event-event dengan tajuk seni sebagai media pengenal atau sosialisasi kepada masyarakat luas khususnya Magelang. Setelah sukses dengan event budaya yang belum lama ini diselenggarakan kali ini Universitas Tidar Magelang dengan diprakarsai oleh teman-teman dari Bengkel Seni Kampus Tidar Negeri Magelang mengadakan sebuah event […]

Lebih lengkap artikel tentang "Magelang Film Festival 2014 (MAFFEST)" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.




Ngeliat anak Papua, rasanya seneng banget. Punya mimpi suatu saat bisa ke sana dan syukur kalo bisa ngajar di sana (big dream to go). Alhamdulilah, kemarin bulan Mei dapet takdir buat ketemu sama anak Papua. Asli, Papua. Ketemu di rumah makan Tamansari, Solo.
Kok bisa? Kan Mia di Magelang?
Alhamdulilah...Mia dapet tugas buat ikutan Jejak Tradisi Nilai Budaya di Madura dari BPNB (Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta).
Nah, pas perjalanan pulang, kami makan malam dulu di Tamansari, Solo. Habis makan, eh liat anak-anak iki, lumayan banyak.


Mia      : Halo Dek, dari mana ini?
Adek   : Dari Papua.
Mia      : Ke Jawa dalam rangka apa, Dek?
Adek   : Live in, di Jogja selama lima hari.
Mia      : Adek kelas berapa?
Adek   : Kelas lima.
Mia      : Foto bareng sama aku ya?
Adek   : *malu2 dan akhirnya mau* ^^


Kita tahu bahwa anak-anak Papua yang bisa piknik ke Jawa mestinya orang yang “lebih”. Iya nggak sih? *ngawur* Muehehe kayaknya sih iya, karena ada anak-anak yang udah keturunan blasteran bukan asli Papua atau ada yang ikut orang tuanya kerja di Papua.
As I wish, I wanna go to there. Aamiin... :)



Ayo, bisa baca dulu yuk biar bersyukur!
http://nurings.blogspot.com/2014/03/beryukur-yuk.html



Kumandang sahur dari masjid terdekat sudah tedengar sejak 1 jam yang lalu. Para anggota keluarga terlihat masih tertidur lelap. Hanya terlihat si ibu yang sibuk menyiapkan hidangan sahur bagi keluarganya. Mungkin karena terlalu lelah atau apa si anak laki-laki yang masih kuliah tiba-tiba bangun. Mempersiapkan alat makannya sendiri, mengambil nasi, lauk, dan segelas air putih. Selesai […]

Lebih lengkap artikel tentang "Tidur Setelah Makan Sahur Ternyata Berbahaya" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Es Campur Kapling

-

Magelang Online

on 2014-6-30 3:55am GMT

Buka puasa dengan yang dingin dan segar pasti menjadi pilihan utama kebanyakan orang yang menunaikan ibadah puasa. Selain rasa segar yang mengobati rasa haus seharian, rasa manisnya juga mengisi kembali tenaga yang seharian telah habis terkuras. Kolak, es dawet, aneka macam jus hingga minuman kemasan selalu laris dibeli ketika waktunya berbuka puasa. Nah salah satu […]

Lebih lengkap artikel tentang "Es Campur Kapling" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Bakso Kapling Borobudur

-

Magelang Online

on 2014-6-30 3:37am GMT

Daerah relokasi pedagang taman Borobudur yang biasa disebut kapling memiliki daya tarik tersendiri dibanding tempat yang sebelumnya ditempati oleh para pedagang. Selain lebih dekat dengan area pasar dan jalan raya, kawasan ini juga lebih bersih serta memiliki fasilitas seperti parkir dan tempat ibadah yang memadai. Salah satu kuliner yang ada di area ini adalah Bakso […]

Lebih lengkap artikel tentang "Bakso Kapling Borobudur" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Carpe Diem!

-

Hamasah!

on 2014-6-30 2:33am GMT
Bagaimana kabar Gladioolers hari ini? Hari ini adalah proses kita menuju kesuksesan. Memupuk keberhasilan agar tumbuh dan berkembang benih mimpi yang telah tertanam dalam angan.
Kesuksesan yang gemilang sedang tegak di seberang kita, menunggu kita kapan berhasil menjemputnya. Yuk lihat diri kita hari ini, usaha apa saja yang sudah kita perjuangkan untuk mimpi kita? 
 
Satu hari, 24 jam bergulir, 1440 menit mengalir, 86400 detik menggelinding, lalu datang hari esok. Setiap kaki melangkah, tiap mata memandangtiap bibir melahirkan kata, semuanya itu direkam oleh suatu sebab-akibat. Secara tidak langsung, pengorbanan melangsungkan kehidupan hari ini akan berkaitan dengan kehidupan kita di masa depan. Inilah yang disebut dengan proses.

Masalah datang hari ini. Masalah mampir ke beranda kita agar kita bisa memetik pelajaran hari itu. Contohnya, kegagalan suatu rencana atau sebuah pertandingan. Boleh jadi kemarin gagal kemudian galau tingkat dewa, namun hari ini, kita mesti bangkit karena life is going on. Kegagalan mengarahkan kita kepada perbaikan apabila kita masih memiliki keinginan untuk mencoba. Seiring berjalannya waktu, kita akan menyadari pesan dari Yang Maha Menciptakan dibalik masalah pada hari itu.


Carpe diem, petiklah hari, Gladioolers. Ungkapan berbahasa latin dari Horatius ini memaknai berharganya sebuah hari. Bersyukurlah kini kita masih hidup, lalu mari kita petik pelajaran hari ini. Pelajaran hidup hari ini baik ilmu pengetahuan, pergaulan, menyelesaikan masalah, dan lainnya.
Untuk meraih kesuksesan, segala amunisi kita keluarkan. Mulai dari belajar, bergaul, memburu informasi, beribadah dan lain sebagainya.

Hari yang mengandung masalah maupun rintangan adalah buah pelajaran yang bisa kita petik. Maksimalkan keringat kita dalam menghadapi hari ini. Bila diperlukan, catat pelajaran hari ini pada sebuah jurnal. Sekali waktu, kita perlu mengulas petikan-petikan pelajaran hari lalu agar tak terulang pada hari ini dan hari esok.
Hari lalu untuk hari ini, hari ini untuk hari esok, lalu tunggu apalagi, Gladioolers? Carpe diem! Ayo rebut serta petiklah hari ini! Jangan menyerah!


Diterbitkan di Majalah G-Magz, Gladiool Magazine edisi I tahun 2014, SIBEMA Angkatan 27.

Semoga bermanfaat :)

Pulsa dan Puasa

-

Sang Nananging Jagad

on 2014-6-30 1:42am GMT

Pulsa dan puasa? Kelihatannya sebuah judul tulisan yang ngawur bin sembrono. Jujur, bukan maksudnya menghubung-hubungkan atau sekedar othak-athik gathuk lho! Beneran! Serius, dua rius, malah ribuan rius mungkin! Lha ketemu nalar pirang perkoro hayo?

Begini sedulur. Kemarin memang hari-hari awal di bulan Ramadhan. Puasa memang mencegah atau mungkin lebih tepatnya menghindarkan diri sejenak dari berbagai kenikmatan yang sebelum-sebelumnya dapat kita nikmati tanpa mengenal batasan waktu. Makan, minum, udad-udud, pada prinsip bolah-boleh saja. Namun khusus di bulan suci Ramadhan, semua itu tidak boleh dilakukan pada sembarangan waktu. Maksudnya ya antara terbit fajar hingga matahari tenggelam. Bukankah demikian?

Lalu hubungane dengan pulsa gek kepripun ya? Ya, ini mungkin hanya sebuah kebetulan semata, tetapi mungkin juga kejadian ini memang sudah ginarising pepesthi, ketentuan dari Sing Gawe Urip. Bersamaan memasuki bulan puasa, lha kok ndilalah pulsa buat modem yang saya andalkan untuk online-an nginguk jagad maya juga pas habis. Jadi cerita kentekan pulsa to dongeng ini.

Akhirnya karena tak ingin aktivitas on-line tersendat, ya sudah tentu ngisi pulsa di salah satu minimarket kampung sebelah. Hal seperti ini sebenarnya sudah menjadi rutinitas bulanan saya. Biasa-biasa saja bin tidak ada istimewanya. Tetapi kon ndilalah, untuk transaksional pulsa kali ini ada beberapa kendala teknis yang membuat perasaan sedikit ngganjel. Padahal sedang puasa lho. Ya, ini mungkin salah satu godaan yang harus saya hadapi di awal puasa tahun ini.

Lha kok bisa? Larah-larah ceritanya gek kepripun ya? Seperti biasa, pembelian pulsa di minimarket langganan saya dilayani dengan sebuah mesin elektronik. Dengan beberapa kali pencet, pelanggan harus memasukkan antara lain nomor telepon dan nominal pulsa yang diinginkan. Tentu langkah-langkah bukan hal khusus, dan saya yakin diantara teman-teman sudah sangat akrab dengan prosedural semacam ini.

Dari beberapa langkah, pemesanan pulsa diakhiri dengan munculnya nomor transaksi yang diperlukan untuk diidentifikasi di meja kasir, mungkin untuk pencatatan sistem akuntansi dan pncetakan struk bukti pembayaran atau belanja. Nah, selesai di situ sayapun membayar di meja kasir. Kebetulan pada waktu itu saya juga membeli beberapa barang keperluan yang lain. Akhirnya saya pulang.

Sejam, dua jam, saya menunggu masuknya pulsa yang saya beli. Tetapi hingga sore hari kok pulsanya nggak nongol-nongol alias belum masuk. Nah, di sinilah masalah mulai merisaukan pikiran. Saya masih mencoba dengan sabar untuk menunggu. Namun hingga senja hari dan saat berbuka puasapun tiba, ternyata pulsa belum juga tiba. Ah, nanti juga bisa diurus lagi ke minimarket. Pikir saya waktu itu, karena kejadian serupa bukan pertama kali itu saja saya alami.

Barulah saya teringat sesuatu hal. Untuk mengurus pulsa yang belum masuk, diperlukan setidaknya struk bukti pembelian pulsa. Nah, saya baru teringat mengenao struk. Lha kok ndilalahnya struk yang dimaksud kok ndak saya temukan di kresek belanjaan siang itu. Saya bongkar-bongkar di beberka kantung plastik, bahkan sampau seisi rumah turut mencari juga tidak kunjung ketemu. Saya kok justru menjadi ragu, apakah saya memang telah menerima struk pada saat pembayaran atau justru tidak menerimanya sama sekali. Kalau saya terima langsung, biasanya struk selalu menyatu di lipatan uang kembalian yang biasanya langsung saya kantongi atau masuk ke dalam dompet. Tetapi saat saya cek di kantong celana, yang tersisa hanya beberapa lembar uang kembalian tanpa lembaran kertas putih berupa struk pembayaran. Saya benar-benar lupa!

Dengan keyakinan dari rasa loyalitas seorang pelanggan setia dan juga keyakinan bahwa minimarket langganan tersebut loyal pula memberikan layanan demi kepuasan pelanggan, saya catet nomor telepon saya pada secarik kertas. Dalam beberapa pengalaman sebelumnya dengan cukup memberikan keterangan tentang permasalahan kendala masuknya pulsa, petugas sudah langsung tanggap ngecek dan memproses.

Malam menjelang tarawehan, saya sempatkan mampir di minimarket yang memang berlokasi di seberang masjid. Nah ketika saya sampaikan permasalahan yang saya hadapi, justru sang petugas langsung menanyakan struk bukti pembayaran. Saya terangkan bahwa saya tidak membawanya. Saya sampaikan juga nomor transaksi di mesin elektronik adalah nomor delapan. Kemudian secarik kertas nomor telepon yang sudah saya siapkan saya serahkan kepada yang bersangkutan.

Setelah utak-utik sebentar saya kira permsalahan bisa segera tertangani. Namun beberapa saat kemudian, sang petugas justru bilang tidak bisa mengurusnya tanpa adanya struk bukti pembayaran. Waduh, jagad dewa batoro. Apes benar nasib saya, demikian suara batin di relung hati yang terdalam. Akhirnya saya undur diri dengan tangan hampa.

Saya justru jadi bertanya-tanya. Apakah dalam sebuah sistem yang sudah terotomatisasi tidak ada record atau rekaman yang bisa dijadikan acuan atau bukti apabila ada sedikit permasalahan. Logika saya mengatakan, pasti ada. Tetapi entahlah. Akhirnya hingga dua-tiga hari berselang dari peristiwa tersebut, saya benar-benar puasa pulsa alias tidak bisa online sebagaimana biasanya. Demikian.

Lor Kedhaton, 30 Juni 2014


Filed under: Jagad Bubrah Tagged: ketipu pulsa

Buku Membaca Magelang Jilid 2

-

Hamasah!

on 2014-6-29 11:29pm GMT



 Hello! Alhamdulilah, Sahabat, saya berkesempatan untuk berkontribusi dalam buku Membaca Magelang Jilid Dua. Apaan sih Magelang Magelang kok dibaca ==’’?

Well, proyek buku Membaca Magelang awalnya didirikan untuk mempromosikan Kota Magelang. Proyek ini diprakarsai oleh orang-orang keren! Kalo nggak salah, om Danu Sang Bintang, mas Ginanjar Teguh Iman, tante Lusia Dayu, kak Inda N Handayani, mas John Andika Manggala, dll...


1.      Sekilas Magelang Jilid Satu. Awalnya, saya ngga ngerti tentang proyek Membaca Magelang (sekarang udah jilid dua lhoh!). Bulan Mei 2013 lalu, saya dapet SMS dari Om Danu, isinya tentang undangan untuk hadir ke acara launching buku Membaca Magelang (jilid satu) di gedung Tri Bhakti pukul 13.00 WIB. Hari itu adalah hari Minggu dan saat itu saya habis ikutan training ekskul jurnalistik yang bzzz lah, tapi sekarang udah lengser kok hehe.

Datanglah saya sendiri ke gedung Tri Bhakti. Eh ketemu sama sedulur Perdu di Magelang Book Fair. Pas banget lah itu launchingnya, sebab bertepatan sama book fair yang kabarnya tu launching kerja sama dengan perpustakaan Kota Magelang.
Launchingnya keren! Cerita-cerita tentang proses gimana tu buku lair. Buku Membaca Magelang kalo nggak salah ditulis oleh 40 orang penulis (bener nggak ya?) dari berbagai kalangan. Buku ini menceritakan pengalaman yang berkesan tentang Kota Magelang. 

Jujur saja, saya belom baca buku ini *jedotin jidat ke tembok*. Tapi keren loh! Ini covernya...jeng jeng jeng!
Saya kepingin banget nimbrung nulis di Membaca Magelang Jilid 2 (rumornya sih ada jilid selanjutnya...)

2.      Nah, ini dia! Proyek Membaca Magelang Jilid 2 hadir! Sekitar bulan Januari 2014, akun Facebook saya ditandain sama fans page Membaca Magelang. Ini dia ini dia...yang saya tunggu..
Deadline nulis untuk Membaca Magelang Jilid 2 ini menurut saya pas, cuman saya lagi ikutan kepanitiaan Sibema Cup 2014 yang mana posisi saya sangat bzzz, mhehe *sok sibuk*
Tapi, saya sering konsultasi ke om Danu sama mas Gin, gimana cara enak nulis biar lancar mengalirrrr sampai jauh.. #eh. Tema Membaca Magelang Jilid 2 adalah sekolah, cerita tentang sekolah, pengalaman, kenangan, dsb...terserahlah pokoknya berlatar belakang Magelang [lha iya kan judulnya Magelang (?)]
Alhamdulilah..selesai juga nulisnya, silakan baca naskah saya untuk Membaca Magelang Jilid 2. Daaaan...setelah digodok, diiris-iris, diaduk-aduk..jadilah buku...jeng jeng jeng!!!!

3.      Inilah, Membaca Magelang Jilid 2!
11 April 2014, buku ini resmi dilaunching di Artos Mall Magelang jam 15.00 WIB-selesai. Acara launching berlangsung kereeeen bingit! Buku ini ditulis oleh 41 orang yang asiknya, berlatar belakang macem-macem. Dan saya bersyukur, saya masih belepotan nulis bisa lolos euy. Hahah, dan kayaknya saya orang termuda di jajaran orang-orang keren di buku ini, asli!

Buku ini diluncurin barengan sama ultahnya Kota Magelang. Harapan atas adanya buku ini tuh sebagai promo Kota Magelang. Kita tau kalo oleh-oleh khas Magelang yang terkenal adalah makanan gethuk (terbuat dari ketela yang direbus lalu diberi gula), padahal Magelang punya banyak aset. Nah, dengan adanya buku Membaca Magelang, baik jilid 1 maupun 2, diharapkan nambah visitor ke Magelang lah..kalo buku kan bisa dikirim ke mana aja, ke kota lain, provinsi, bahkan ke luar negeri, nah! Lagian buku juga nggak bisa basi mhehehe...
Kayak jargon Membaca Magelang Jilid 2,

“Magelang adalah sahabat kita, kalau sempat, ingatlah saat-saat bersamanya.”
Telah lahir, buku MEMBACA MAGELANG #2. Berisi cerita tentang Magelang dari 41 penulis yang akan membuatmu menangis dan tertawa. Buku yang membaca kota Magelang dengan sejujur-jujurnya. Cocok untuk kado atau hadiah buat sahabat, keluarga, atau kerabat.

Spesifikasi buku:
Ukuran 14x20 cm
Tebal 362 halaman.
kertas book paper (nyaman dibaca)

Harga: IDR 50.000 belum termasuk ongkir.
(ongkos kirim, cek destinasi lewat www.jne.co.id dari kota Magelang)

Untuk buku MEMBACA MAGELANG #1 juga masih tersedia. Harga IDR 40.000 belum termasuk ongkir.

Info lengkap, silakan kontak:
DANU SANG BINTANG 0818279430
GINANJAR TEGUH IMAN 085643948207
cek fanpage membacamagelang atau follow @membacamagelang


Penasaran sama apa yang saya tulis di buku ini? Pesan sekarang juga! =DD
Mau tanya-tanya tentang buku ini juga boleh kok ke Mia, hubungi di Kontak Mia pojok kiri atas ^^

Selamat Membaca!

 semoga bermanfaat ^^


Mas Ivan

Ada yang berbeda dengan Ramadhan kali ini selain bulan dan tahunnya yang berganti. Jika Ramadhan tahun lalu anak-anak dirumah belum mengenalnya secara rinci, kali ini anak-anak sudah mulai mengerti dan mau turut berpartisipasi, terutama dalam menjalankan puasa dan tarawih, sebagaimana orang-orang dewasa yang telah dikenai kewajiban.

Malam hari tarawih perdana telah kami lalui pun pelaksanaannya perlu banyak koreksi. Dan tatkala waktu sahur tiba, sayapun dibuatnya makin bersemangat lantaran anak-anak anthusias untuk mengikutinya, hingga sayapun persiapkan semua keperluan sebelum anak-anak dan istri terbangun, seperti membuat telor mata sapi, mengoreng lauk dan siapkan nasi, tak lupa merebus air untuk seduh teh sari wangi yang menjadi idola kami setiap hari.

Mas Ivan

Jam tiga seperempat semua keperluan sahur telah lengkap tersaji, dan anak istri pun kubangunkan segera agar dapat bersantap sahur bersama untuk penuhi ibadah yang manfaatnya tak diragukan lagi. Sebagaimana berbagai literaur terpercaya yang bersumber Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan penjelasan para ahli, “Kita tidak boleh meremehkan makan sahur lantaran ada keberkahan didalamnya, yang manfaatnya luar biasa”.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Makan sahurlah, karena sesungguhnya ada keberkahan dalam sahur. (Muttafaq Alaih)”.

Dalam hadits diatas secara lugas Rasulullah menunjukkan bahwa orang yang berpuasa diperintahkan untuk makan sahur. Bukan tanpa alasan, selain hal ini adalah sunnahnya yang mulia, di dalamnya terdapat manfaat yang banyak dan keberkahan yang besar berkaitan diniyyah atau duniawiyah.

Terkait sahur, anjuran makan sahur juga dikuatkan oleh hadits Jabir dimana Nabi Shallallahu’Alaihi Wasallam bersabada,

“Siapa yang ingin berpuasa hendak makan sahur dengan sesuatu. (HR. Ahmad dan Dishahihkan Syaikh Al-Albani di Silsilah Shahihah, no. 2309)”.

Manfaat & Keberkahan Sahur

Selain sebagai ibadah sunnah yang bakal dilipat gandakan pahalanya di bulan Ramadhan, ada beberapa manfaat serta keberkahan makan sahur yang patut kita ketahui.

Pertama, di antara keberkahan makan sahur adalah bertakwa kepada Allah dalam melaksanakan ibadah dan beristianah (mohon pertolongan) kepada Allah Ta’ala pada siang hari untuk menjalankan shalat, membaca Al-Qur’an, berzikir, dan selainnya. Karena orang lapar biasanya- malas menjalankan ibadah. Bawaannya berbaring dan tiduran. Maka orang yang makan sahur dia menjalankan sebab supaya memiliki tenaga di siang hari untuk menjalankan tugas duniawi dan ukhrawi.

Kedua, menghilangkan akhlak tercela yang diakibatkan dari lapar. Orang lapar lebih mudah tersulut emosi, sensitif, dan mudah marah. Karena itulah orang yang makan sahur akan memiliki jiwa yang lebih tenang sehingga mampu bermuamalah dengan baik kepada orang lain.

Ketiga, melalui sahur akan berarti telah bersiap untuk menjalankan puasa sehingga ia lebih semangat dan tenang menjalankan puasa. Dan pastinya orang yang menyantap makan sahur akan lebih ringan (tidak terlalu payah) dalam menjalankan puasa.

Keempat, makan sahur berarti mengikuti sunnah Nabi Shallallahu’Alaihi Wasallam. Jika orang yang sahur meniatkan dalam sahurnya tersebut untuk menjalankan perintah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan mengikuti cara beliau berpuasa maka makan sahurnya menjadi ibadah. Ia mendapatkan pahala atas niat dan makannya tersebut. Jika orang yang sahur -dalam makan dan minumnya- meniatkan untuk menjaga fitalitas tubuh dan memiliki kekuatan dalam menjalankan shiyam, shalat, tilawah, dan aktifitas positif lainnya maka ia akan mendapat pahala dalam makan sahurnya.

Kelima, orang yang makan sahur maka ia akan bangun di penghujung malam dan bisa memanfaatkannya untuk zikir, doa, shalat dan ibadah lainnya. Di mana saat tersebut adalah waktu mustajab. Ini salah satu rahasia keberkahan yang sangat istimewa dalam makan sahur.

Keenam, makan sahur berarti menyalahi kebiasaan Ahlul Kitab. Seorang muslim tertuntut untuk bersikap demikian, yakni menjauhi tradisi dan kebiasaan mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, Perbedaan puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah makan sahur. (HR. Al-Nasai)

Ketujuh, keberkahan dalam makan sahur lainnya adalah akan bisa shalat Shubuh berjamaah di waktu yang paling utama. Karenanya, kita saksikan jumlah jamaah shalat Shubuh di bulan Ramadhan lebih banyak daripada di bulan-bulan selainnya. Hal itu tidak lepas dari aktifitas makan sahur mereka.

Sajian Makan Sahur

Tidak ada jenis makanan dan minuman khusus untuk makan sahur sebagaimana untuk hari-hari biasa ataupun ahari-hari di bulan Ramadhan. Pokoknya apapun makan dan minumannya, yang halal dan bermanfaat untuk tubuhlah yang sah menjadi hidangan makan sahur, terlebih yang memiliki nilai karbohidrat dan serat tinggi, berpelengkap protein juga vitamin untuk pertahanan tubuh selama satu hari penuh. Cuma terkait hal ii ada beberapa hadits yang menunjukkan keutamaan kurma sebagai hidangan sahur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’Anhu ia berkata,Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Sebaik-baik makanan sahur seorang mukmin adalah kurma. (HR. Abu Dawud dan dishahihkan Syaikh Al-Albani dalam Shahih Abu Dawud)”.

Dari Abu Said Al-Khudri Radhiyallahu’Anhu ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda :

“Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya minum seteguk air, karena Allah dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur. (HR. Ahmad dan dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Shahih al-Jami, no. 3683)

O.K poro sedulur, jikalau makan sahur punya manfaat serta faedah yang luar biasa bagi kita yang menjalankannnya, di Ramadhan kali ini mari kita istiqomah bersahur untuk mengoptimalkan ibadah puasa di bulan yang mulia, agar keistimewaannya benar-benar dapat kita rasakan yang nantinya bakal terganjar surga. Aamiin.

Selanjutnya, lantaran adzan dzuhur sudah berkumandang dan anak-anak sudah berbuka karena baru setengah hari puasa, saat ini pula kupungkasi tulisan ini dengan menitipkan doa selama Ramadhan tiba, “mari sempatkan barang sejenak berdoa untuk #SelamatkanIndonesia, dan jangan lupa coblos 1 saja pada tanggal 9 Juli 2014 mendatang, karena coblos 2 suara tak akan sah.

_______

Image by. Mas Ivan

APA YANG GUE PELAJARI DARI NGE-KOS Sebagai Vampir, sebenernya gue punya kastil yang begitu indah. Saking indahnya, gue ga pengen pindah. Barang sejengkal pun. Tapi ya gimana lagi. Seindah-indahnya rumah, kita pasti ngalamin fase harus ninggalin semua kenyamanan yang ada di rumah. Bukan karena ga betah, tapi karena, BELUM BAYAR CICILAN! Meski ga pernah tidur, […]

The post Kalo Vampir Ngekost, Apa yang Dia Pelajari? appeared first on Vampir Magelang.

Telat sahur, belum persiapan, ternyata udah imsak, karena tidak sahur badan menjadi lebih lemas dari biasanya. Kejadian seperti ini pasti tidak sedikit yang mengalami setiap memasuki bulan puasa. Bagi sebagian orang yang memiliki jam biologis sangat tidak teratur, bangun jam 3 pagi untuk makan sahut tentu saja menjadi suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. […]

Lebih lengkap artikel tentang "Tips Sederhana Mudah Bangun Untuk Sahur" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Jamaah Tarawih

Alhamdulillah, bulan penuh nikmat, rahmat dan ampunanNya telah tiba dan menyapa seluruh muslim di penjuru dunia. Marhaban Ya Ramadhan, perjumpaan kami denganmu adalah sepucuk doa yang Alloh Taala ijabahi di tahun kemaren, yang berharap dengan penuh ketaqwaan dapat kami isi kembali sepenuh hati, sepenuh jiwa, dapat beribadah total, semata-mata untuk mengharap keridoanMu. Aamiin.

Wahai kaum muslimin, ketika bulan yang diberkahi itu hadir ditengah-tengah kita, akankah kita biarkan begitu saja, yang juntrungnya faedah serta keutamaannya hilang tak berbekas ?

Wahai kaum muslimin, tatkala kita dengar sahut-sahutan kumandan adzan sholat menyapa agar di datanginya, akankah kita berdiam diri seakan tuli dan tetap enjoy dengan segenap aktivitas kita ? Atau adakah hal-hal khusus yang akan kita lakukan selama hari-hari ditutupnya pintu-pintu neraka, dibukanya pintu-pintu surga, dan dibelenggunya setan-setan oleh-Nya ?

Wahai kaum muslimin, sekedar pengingat diri dan juga sesama, sebuah pertanyan ringan namun harus kita jawab dan renungkan, Apa yang seharusnya kita lakukan di bulan Ramadhan dengan keutamaan satu malamnya yang tersebuat Lailatul Qadar yang nilainya melebihi 1000 bulan ?

Selanjutnya, mari bersama-sama kita menjawab dan merenungkannya lantaran banyak referensi terkait bulan Ramadhan telah di kupas serta disampaikan melalui berbagai media, kajian, juga buku dengan literatur yang beranega ragam, merujuk Al-Quran dan As-Sunnah.

_______

Image by. Mas Ivan

Sekedar pengingat saja di hari pertama Ramadhan 1435 H ini yang bertepatan dengan hari Sabtu Pon, 28 Juni 2014, saya bersama anak pertamaku Bilal mengawali sholat tarawih (Qiyamu Ramadhan) di Musholla Nurul Hidayah, Rt.02 Rw.01 yang saat ini tepat menghadap ke arah kiblat.

Seperti Ramadhan tahun sebelumnya, malam ini shaf terlihat penuh sesak, dengan posisi Imam Tarawih diampu oleh Bp. Rosidin, selaku ketua Rt.03 Rw.01 Dusun Seneng 1, Desa Banyurojo. Oiya, jika sepeda motor sampeyan kotor dan perlu dicuci segera agar tampak semlohai (Semok lan aduh hai), sampeyan bisa datang kerumahnya untuk manfaatkan jasa cuci motornya.

Musholla Tampak Dari Jalan Ada Kemajuan, Jamaah Putri di Belakang Pria Jamaah Pria Padat Merapat

 © Image All by. Mas Ivan

Sedikit catatan dalam pelaksanaan tarawih perdana yang perlu adanya koreksi untuk tingkatkan kualitas di tarawih selanjutnya.

Pertama, ada baiknya Imam tarawih benar-benar dipersiapkan agar tak terjadi kesalahan fatal dalam bacaan Ayat-ayat Al-Qur’an, terpenui rukun-rukunnya, sehingga kekhusukkan shalat dapat terasa masif oleh seluruh jamaah baik laki-laki maupun perempuan.

Kedua, terkait bacaan Al-Qur’an atau surat-surat yang di pakai, tidak mengapa Imam membawa catatan atau membuka mushaf Al-Qur’an pun saat sholat sedang berlangsung.

Ketiga, Untuk menambah kekhusukan, posisi shaf sholat harus diperhatikan benar oleh seluruh jamaah yang dikomando sang Imam. Orang dewasa didepan, disusul anak-anak, dan paling belakang adalah perempuan. Selain itu, kala ada jamaah yang keluar dari shaf, maka jamaah yang ada disamping atau di belakangnya harus segera memasuki shaf yang kosong agar shaf tetap rapi dan rapat.

Keempat, jika microphone atau peralatan pendukung kurang maksimal penggunaannya dan mengganggu kekhusukan sholat, ada baiknya mic tersebut di matikan terlebih dahulu (tak dipakai), dan utamakan kelancaran serta kekhusukan sholat.

Kelima, jika saya baru belum berani memberikan masukan terhadap pelaksanaan tarawih perdana di Musholla Nurul Hidayah malam ini, minimal saya sudah menulis dan mbatin (berkata dalam hati) harus ada koreksi untuk meraih keridhoanNya.

_______

Tulisan ini terproduksi atas inisiatif diri yang selalu mbatin “kok belum move on ya, dari tahun kemaren masih saja terjadi seperti ini” :(

Ramadhan 1435 H

-

Mas Ivan

on 2014-6-28 12:02pm GMT

Alhamdulillah, bulan penuh nikmat, rahmat dan ampunanNya telah tiba dan menyapa seluruh muslim di penjuru dunia. Marhaban Ya Ramadhan, perjumpaan kami denganmu adalah sepucuk doa yang Alloh Ta’ala ijabahi di tahun kemaren, yang berharap dengan penuh ketaqwaan dapat kami isi kembali sepenuh hati, sepenuh jiwa, dapat beribadah total, semata-mata untuk mengharap keridoanMu. Aamiin.

Wahai kaum muslimin, ketika bulan yang diberkahi itu hadir ditengah-tengah kita, akankah kita biarkan begitu saja, yang juntrungnya faedah serta keutamaannya hilang tak berbekas ?

Wahai kaum muslimin, tatkala kita dengar sahut-sahutan kumandan adzan sholat menyapa agar di datanginya, akankah kita berdiam diri seakan tuli dan tetap enjoy dengan segenap aktivitas kita ? Atau adakah hal-hal khusus yang akan kita lakukan selama hari-hari ditutupnya pintu-pintu neraka, dibukanya pintu-pintu surga, dan dibelenggunya setan-setan oleh-Nya ?

Wahai kaum muslimin, sekedar pengingat diri dan juga sesama, sebuah pertanyan ringan namun harus kita jawab dan renungkan, “Apa yang seharusnya kita lakukan di bulan Ramadhan dengan keutamaan satu malamnya yang tersebuat Lailatul Qadar yang nilainya melebihi 1000 bulan ?”

Selanjutnya, mari bersama-sama kita menjawab dan merenungkannya lantaran banyak referensi terkait bulan Ramadhan telah di kupas serta disampaikan melalui berbagai media, kajian, juga buku dengan literatur yang beranega ragam, merujuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Tidak terasa Puasa Ramadhan 2014 M 1435 H telah tiba. Banyak yang dipersiapkan umat muslim untuk menyambut bulan suci Ramadhan ini. Tidak banyak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya bulan Ramadhan tahun ini juga mengalami perbedaan waktu antara pemerintah dengan beberapa ormas. Namun tentu saja hal ini tidak mengurangi semangat umat muslim untuk menjalankan ibadah selama 1 […]

Lebih lengkap artikel tentang "Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2014 M 1435 H Wilayah Magelang dan Sekitarnya" dapat dibaca di Magelang Online - Informasi lengkap kota Magelang dan sekitarnya.

Halo? piye kabare? seh penak jamane Tazos tho?

Pembaca blog "Agus Mulyadi Njaluk Rabi" sekalian. Semoga sampeyan semua senantiasa berada dalam lindungan dan keberkahan Alloh SWT.

Sederek sedulur, Melalui postingan yang ndak penting ini, saya ingin memberitahukan kabar, bahwasanya selama ramadhan ini, Saya akan hadir menyapa sampeyan semua di Kanal "Catatan Ramadhan Blogger Jomblo" di Kompas Ramadhan.

Kanal ini berisi catatan dan celotehan-celotehan saya, persis seperti postingan-postingan saya di blog ini. Bedanya, di kanal "Catatan Ramadhan Blogger Jomblo" ini, saya akan lebih banyak menuliskan tentang kisah pengalaman, catatan, maupun esai ringan seputar Bulan Ramadhan.

Jadi, sambil menunggu waktu buka puasa, silahkan baca tulisan-tulisan saya. Saya ndak menjamin tulisan-tulisan saya bakal lucu dan mampu menghibur anda semuanya. Tapi yang pasti, saya akan berusaha untuk membuat artikel yang bagus dan semenarik mungkin. Untuk hasilnya, saya pasrahkan pada Gusti Alloh..

Sekian pemberitahuan yang ndak penting ini. Atas kurang dan lebihnya, saya mohon maaf.

Salam Jomblo, Salam Prihatin.

Agus Mulyadi, Blogger dan Lapendoz

Ramadhan datang, alampun riang, menyambut bulan yang suci….

Sepenggal lirik lagu dari Tompi mengingatkan kita bahwa Tak terasa bulan suci Ramadhan telah di depan mata. Seperti biasa selalu ada perbedaan dalam memulai dan mengakhirinya. Ada yang puasa hari ini (Sabtu, 28 Juni 2014) dan ada yang besok (29 Juni 2014).

Saya sendiri baru akan memulai puasa tanggal 29 Juni. Yah, meskipun berbeda-beda, mari saling menghargai, rukun, dan damai karena setiap orang mempunyai keyakinan atau pendapat yang berbeda – beda mengikuti imamnya masing-masing. Yang penting jangan sampai puasanya ikut paling belakang, lebarannya ikut paling awal (kecuali lebarannya bareng-bareng). Wagu nek kui. Dan yang sesat adalah kalau ngaku muslim tanpa ada halangan apapun tapi terang-terangan ga puasa (Tapuk wae nek iki).

Baiklah tanpa berpanjang lebar, Saya, Rizki Amalia Haryanti mengucapkan “Marhaban Yaa Ramadhan. Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

selamat puasa Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Maafkan jika saya punya salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Mari kita manfaatkan bulan penuh berkah ini sebaik-baiknya agar kelak kita menjadi orang yang benar-benar memperoleh kemenangan. Aamiin.

Salam Ramadhan!

Hukum Mengucapkan Selamat Ramadhan & Lebaran Lewat SMS Kalo kamu nyangka ini adalah tulisan menyambut bulan Ramadhan, kamu salah. Isi tulisan ini akan berguna di luar Ramadhan. Cuman mesti sabar. Karena bentuknya ga kaya tulisan kultum, nasehat, atau ceramah Ramadhan. Enjoy. Hei, gue Vampir. Setelah lima abad hidup, gue amati ada perubahan pada manusia. Perubahan […]

The post Hukum Mengucapkan Selamat Ramadhan & Lebaran Lewat SMS appeared first on Vampir Magelang.

Gerbang Puasa

-

Sang Nananging Jagad

on 2014-6-27 9:24am GMT

RamadhanBulan Puasa memang sudah diambang mata. Tanpa terasa, kita akan kembali kedatangan Bulan Suci Ramadhan. Puji syukur harus senantiasa kita panjatkan kepada Yang Maha Tinggi karena telah memanjangkan umur kita sehingga masih diberikan kesempatan untuk menyucikan diri kembali di bulan suci. Maka hendaknya kita jangan terlena dengan kesibukan rutinitas sehingga Ramadhan hadir tanpa makna dan arti dalam meningkatkan derajat ketaqwaan kepada-Nya.

Secara sederhana, puasa merupakan amalan untuk menahan makan, minum dan segala hal yang membatalkannya dari mulai terbit fajar hingga matahari tenggelam. Puasa wajib untuk umat Islam dilaksanakan selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Namun demikian, puasa dalam makna yang lebih luas memiliki arti menahan, mengendalikan, menunda, atau bahkan menghindari sesuatu.

Sholat sama-sama merupakan amalan wajib untuk umat Islam dan merupakan bagian dari Rukun Islam. Manusia diperintahkan sholat untuk sejenak melupakan kesibukan dunia. Berkonsentrasi dan berkontemplasi di hadapan-Nya. Dalam sholat, semua hal yang berdimensi keduniaan ditinggalkan, dilupakan, dipunggungi, dibelakangi. Dunia memang diciptakan sepenuhnya untuk kesejahteraan manusia. Akan tetapi Tuhan menuntunkan agar dalam sejenak semua hal tersebut ditinggalkan di belakang punggung manusia. Semua yang tersedia, semua yang boleh untuk dimiliki, untuk dilakukan harus dilupakan sama sekali. Segala hal yang halalpun harus dilupakan seolah-olah menjadi hal yang haram.

Adapun puasa sangat berbeda dengan sholat. Dalam ibadah puasa, makan dan minum tidak perlu dilupakan. Tetapi makan dan minum tidak diperbolehkan untuk sekian saat. Demikian dengan merokok, demikian dengan istri atau suami kita yang sah. Hal yang sama bahkan diberlakukan untuk setiap perbuatan dosa dan tercela yang mengurangi makna dan pahala puasa. Mereka semua tidak berada di punggung kita, tetapi tetap di depan mata telanjang kita. Tetap kita hadapi, tetapi tidak untuk kita sentuh. Inilah yang menjadikan ibadah puasa sejatinya jauh lebih berat daripada sholat.

Lor Kedhaton, 27 Juni 2014


Filed under: Jagad Nusantara

Lima Gunung KC3Indonesia memang dikenal sangat kaya dengan gunung-gunungnya. Ada sebagian diantara yang masih aktif, ada pula gunung-gunung dalam fase istirahat. Ada satu daerah yang terkenal dikelilingi oleh beberapa gunung yang melingkar bagaikan rangkaian gelang raksasa maha gelang. Daerah itulah yang kini bernama Magelang, sebuah wilayah dataran tinggi yang di lingkupi lima gunung, meliputi Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan pegunungan Menoreh. Di lingkungan yang penuh aura energi alam inilah terbentuk Komunitas Lima Gunung.

Komunitas Lima Gunung merupakan paguyuban para seniman di lereng dan pucuk-pucuk gunung yang mengelilingi wilayah Magelang. Tanah yang subur, air yang melimpah, hawa udara yang sejuk, serta limpahan abu Merapi menjadikan wilayah ini menjadi sentra pertanian yang utama di Jawa Tengah. Maka tidaklah mengherankan jika sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Komunitas Lima Gunung memang merupakan komunitas para petani gunung yang berkesenian.

Lima Gunung KC2Adalah nama seniman Sutanto Mendut yang mandegani terbentuknya Komunitas Lima Gunung. Dengan naluri seninya ia menggandeng beberapa seniman lokal yang masing-masing mewakili tokoh di penjuru lima gunung. Ada Sitras Anjilin dari Padepokan Tjipto Budoyo di lereng Merapi, Sujono dari Sawangan dan Riyadi di kaki Merbabu, Supadi dari Mantran di tepi gunung Andong, Pangadi wakil dari lereng Sumbing, Ki Jowongso Sumimpen, beberada tokoh seniman yang lain.

Pertanian dan kesenian bagi Komunitas Lima Gunung merupakan satu kesatuan jiwa raga, jasmani ruhani, fisik dan psikis, sekaligus antara makhluk dan sang khaliknya. Talenta dan naluri para petani gunung tersebut sesungguhnya lahir dari kandungan anugerah alam yang tiada terkira. Seni dan tradisi telah menjadi bagian hidup sehari-hari. Hal inilah yang menjadikan mereka adalah para manusia yang tetap menjadi manusia sejati ditengah terpaan jaman edan globalisasi yang telah mengikis habis identitas maupun karakter dan jatidiri banyak kelompok masyarakat.

Lima Gunung KC4Secara rutin pada setiap tahun Komunitas Lima Gunung menggelar Festival Lima Gunung yang telah dimulai tahun 2002. Dalam festival ini dipentaskan kreasi seni karya para seniman lima gunung. Ada seni kethoprak, wayang orang dan wayang kulit, jathilan, soreng, topeng ireng, dan pementasan berbagai tarian khas lima gunung. Seniman Lima Gunung memang terus dinamis dalam menjalani proses kreatif seninya. Melalui tangan-tangan cekatan mereka telah lahir berbagai tarian kreasi baru dengan nilai cita dan cipta rasa yang sangat tinggi sebagaimana tingginya gunung yang melingkari wilayah tinggal mereka. Sebut saja diantara ada tari kembang gunung, warok hiphop, sekar kipas, soreng, jaran kepang, juga geculan bocah. Tarian-tarian itulah yang sempat menggebrak panggung pelataran Taman Ismail Marzuki pada pagelaran HUT Komunitas Kenduri Cinta ke-14 pada Senin malam, 16 Juni 2012 yang lalu.

Persahabatan Budayawan Emha Ainun Nadjib dan Ki Jowongso Sumimpen alias Sutanto Mendut yang telah terjalin sekian lama nampak semakin menemukan momentum kehangatannya tatkala keduanya duduk berdampiang di sudut panggung sambil menghantarkan sajian satu per satu tarian khas dari Lima Gunung.

Lima Gung KC1Adalah Cak Nun yang senantiasa mengajak setiap jamaah Maiyyah yang hadir untuk tidak hanya sekedar terbuai menikmati ketakjuban sebuah sajian karya seni yang dipentaskan pada malam itu. Setiap hal, setiap peristiwa yang dilihat, dirasa dan dijalani harus dipetik makna untuk ditadaburi. Setiap gerak, nafas, serta ekspresi para penari dicoba untuk diurai satu per satu spirit dan maknanya. Hanya dengan cara demikian manusia dapat belajar untuk menemukan kesejatian nilai dalam setiap sisi kehidupan di dunia.

Di tengah jeda pementasan beberapa tarian, Cak Nun mengajak beberapa penari dan hadirin melakukan workshop serta tanya jawab sederhana. Satu per satu dari masing-masing jenis tarian diurai unsur gerak, mimik wajah, bahkan ekspresi secara keseluruhan. Dalam tari warok hiphop, ditampilkan pasangan remaja dan anak-anak yang menari dengan membusungkan dada serta mulut mecucu (menggelembungkan pipi). Ada pula adegan adu muka dan badan dua bocah terkecil dengan penuh keberanian. Dalam ekspresi demikian, hadirin banyak yang menyampaikan pendapat soal kejantanan, kepercayaan diri, teguh dalam pendirian, juga menantang jaman. Inilah ekspresi manusia ksatria.

Lima Gunung KC5Hal yang serupa juga ditunjukkan dalam gerakan tari soreng yang menggambarkan kegagahan para perwira muda yang gagah perkasa. Tubuh yang kekar, perawakan yang tegar, kumis yang mbaplang, serta gerak tubuh yang micara benar-benar menghadirkan sosok prajurit ksatria yang siap hidup mati membela nilai keadilan dan kebenaran. Inilah sesungguhnya jati diri bangsa Indonesia. Sifat dan sikap ksatria adalah karakter utama bangas Nusantara. Sayangnya pada masa-masa sekarang justru nilai-nilai ksatria itu telah dilupakan, dipinggirkan, dibuang, bahkan dicampakkan. Maka tidaklah mengherankan jika yang tersisa adalah manusia-manusia yang serakah, korup, culas, licik dan segudang sikap yang semakin merendahkan martabat ataupun derajat kemanusiaan.

Di Bawah Bayang-bayang Ksatria, itulah tema yang diangkat dalam edisi HUT ke-14 Kenduri Cinta yang sekaligus menjadi momentum untuk kembali menakar derajat ksatriaan para anak bangsa. Jika masyarakat di puncak-puncak gunung masih teguh memegang nilai dan tradisi luhur yang mencerminkan pengamalan sifat dan sikap ksatria sejati justru di kalangan masyarakat kota, kaum elit dan kaum terdidik nilai-nilai itu dianggap kuno atau bahkan usang. Jargon ksatria hanya dipolitisasi untuk strategi pencitraan dalam rangka meraih kursi kekuasaan.

Lima Gunung KC6Maka tatkala kursi kekuasaan itu benar-benar telah diduduki para ksatria palsu, apakah akan terjadi perubahan yang membawa kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara di bumi Nusantara ini? Ah…yang realistis saja to kita ini! Bukankah kita hanya terus dibohongi dan kembali dibohongi lagi dari masa ke masa? Dengan demikian, di tangan akar rumput, di pelosok-pelosok kesunyian gunung-gunung yang menjulang tinggi dimana para ksatria sejati bersemayam, sebagaimana Komunitas Lima Gunung tinggal, bukan tidak mungkin perubahan akan benar-banar terjadi melalui perantara mereka pada saatnya mereka turun gunung untuk memberantas keangkara-murkaan di muka bumi ini. Monggo merenung kembali sebagaimana gunung yang melengkung.

Ngisor Blimbing, 18 Juni 2014

Ngepos2Bangunan rumah panggung tersebut tentu sangat mencolok diantara deretan rumah warga. Dari bentuk dan ketinggiannya, memang bangunannya seolah ngowah-owahi adat, alias tidak lazim bahkan sangat berbeda dengan bangunan rumah-rumah di sekitarnya yang didominasi rumah limas dan rumah kampung. Kedua tipe rumah terakhir memang merupakan bentuk umum dari rumah-rumah yang ada di padukuhan pelosok Pulau Jawa. Lalu kok tiba-tiba nongol bangunan rumah panggung, bangunan apakah ya?

Semenjak usia kanak-kanak, kami anak-anak di lereng sisi barat Merapi lebih mengenal bangunan rumah panggung tersebut sebagai Pos Mrapi, dan memang posisinya ada di Dusun Ngepos. Bangunan panggung itu memang sebuah Pos Pengamatan Gunung Merapi milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM. Letaknya tepat di sisi pertigaan jalan pada jantung Dusun Ngepos. Dari arah pertigaan Jumoyo di Jalan Raya Jogja – Magelang Km.25 naik ke arah timur (masyarakat setempat bilangnya arah utara), kurang lebih pada jarak 8 km.Ngepos1Pos Ngepos merupakan salah satu titik pengamatan Gunung Merapi yang ada. Di wilayah sisi barat Merapi yang merupakan wilayah administrasi Kabupaten Magelang, terdapat dua pos pengamatan, masing-masing di Ngepos dan Babadan. Pengamatan di Pos Pengamatan Gunung Api Ngepos, sebagaimana umumnya dilakukan di pos pengamatan gunung api yang lainnya, dilakukan secara visual maupun instrumentatif.

Secara visual pengamatan dilakukan dengan mengamati semua aktivitas gunung api menggunakan mata telanjang dengan bantuan peralatan teropong. Melalui pengamatan ini bisa didapatkan informasi, antara lain warna dan tekanan gas asap kawah, suhu di lapangan solfatara atau fumarola (kawah), dan semua perubahan yang tampak pada permukaan yang ada di sekitar kawah. Adapun secara instrumentasi, pengamatan aktivitas gunung api dilakukan dengan peralatan bantu, seperti seismograf untuk mengetahui getaran akibat gempa vulkanik yang terjadi, alat ukur deformasi, dan beberapa peralatan pendukung lainnya.

Ngepos3 Ngepos4

Di samping peralatan yang berhubungan dengan pengamatan aktivitas kegunung-apian, tepat di bawah rumah panggung Pos Ngepos terdapat area taman alat meteorologi. Meskipun tentu saja perlengkapan pengamatan cuaca tidak selengkap pada sebuah stasiun pengamatan cuaca, namun di pos tersebut juga diamati data mengenai curah hujan dengan penakar hujan Helmann, data kelembaban udara menggunakan termometer bola basah dan termometer bola kering yang ditempatkan pada sebuah sangkar peralatan. Data mengenai kondisi cuaca dan curah hujan tentu sangat berkaitan dengan penyebaran material vulkanik yang menyertai aktivitas sebuah gunung berapi, seperti abu, debu, pasir, termasuk awan panas. Bahkan data mengenai curah hujan akan sangat menentukan pergerakan lahar dingin yang runtuh dan menjadi banjir melalui sungai-sungai yang berhulu di kawasan puncak Merapi.

Sebagai wong Srumbung asli yang lahir, tumbuh dan besar di kawasan tepi Merapi, jujur saya sampaikan bahwa saya belum pernah sekalipun naik ke rumah panggung yang merupakan Pos Pengamatan Gunung Merapi tersebut. Bahkan kebanyakan kalangan masyarakat luas juga sangat terbatas pengetahuannya berkenaan dengan tugas, fungsi dan peranan keberadaan sebuah pos pengamatan gunung api yang aktif seperti Merapi. Mungkin ke depan, seiring dengan perubahan era global yang menuntut sebuah institusi layanan publik dapat memberikan sosialisasi tugas dan fungsi pokoknya kepada masyarakat setempat. Terlebih keberadaan sebuah pos pengamatan gunung api sangat berkaitan dengan upaya pencegahan dan mitigasi bencana gunung api yang berhubungan langsung dengan keselamatan serta hajat hidup orang banyak. Bukankah selazimnya sebuah pos pengamatan gunung api juga memiliki tanggung jawab untuk turut memberikan pengertian, pengetahuan, bahkan pendidikan publik mengenai kesadaran kebencana-alaman, dalam hal ini bencana alam yang berkaitan dengan aktivitas gunung api.

Ngepos5Dalam satu kesempatan dolan-dolan ke Pasar Ngepos beberapa waktu lalu, saya sengaja mengajak si Ponang untuk sedikit mengenal keberadaan Pos Pengamatan Merapi di Dusun Ngepos tersebut. Memasuki halaman rumah utama, sebenarnya pintu gerbang utama di sisi tengah senantias terbuka. Hal ini sesungguhnya menandakan bahwa petugas pos tersebut terbuka menerima siapa saja yang ingin datang berkunjung. Tepat di sudut sisi kanan, di sanalah berdiri dengan anggun rumah panggung setinggi sekitar 15 meter sebagai pos pengamat utama. Nampak di salah satu sisinya tergantung sebuah kentongan yang berukuran cukup besar. Di masa lalu, kentongan tentu saja merupakan alat komunikasi utama sebagai penanda kondisi bahaya gunung Merapi.

Pada hari-hari pasaran Pasar Ngepos, tumpahan pasar sering meluber di tepian jalanan, bahkan seringkali hingga mencapai sisi pintu masuk Pos Pengamatan Ngepos. Maka tidaklah mengherankan jika kemudian di sisi luar pagar area pos tersebut dipergunakan oleh para sopir, tukang ojek, termasuk beberapa pedagang untuk duduk sambil bersenda gurau. Dalam kondisi super ramai, terkadang halaman pos pengamatan juga dijadikan area parkir kendaraan bermotor yang tidak tertampung di beberapa kantong parkir yang telah dipersiapkan. Meskipun demikian, keramaian Pasar Ngepos hanya terjadi pada waktu pagi hari, mulai dari waktu Subuh hingga matahari setinggi sepenggalah. Selebihnya, kondisi depan pos pengamatan lebih sering terlihat lengang nan sepi.

Kembali ke peranan Pos Pengamatan Gunung Merapi di Ngepos, mungkin ke depannya bisa lebih dikembangkan menjadi tujuan wisata pendidikan bagi siswa-siswi sekolahan, mulai tingkat TK, SD, SLTP, SLTA, bahkan masyarakat umum, lebih khususnya ya masyarakat warga sekitar. Hal tersebut menurut saya sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu metode pendidikan publik untuk penyadaran risiko dan tantangan potensi bahaya Gunung Merapi itu sendiri. Bukankah keberadaan masyarakat yang memahami potensi bahaya dan kebencanaan di lingkungan tempat mereka tinggal merupakan modal utama tindakan pencegahan dan mitigasi bencana? Dengan demikian tata hubungan antara masyarakat dengan alam, dengan lingkungan sekitar, dengan Merapi akan semakin harmonis dalam jalinan yang saling menguntungkan. Bagaimanapun Merapi adalah bagian dari kehidupan masyarakat sekitarnya yang tidak terpisahkan sama sekali.

Ngisor Blimbing, 14 Juni 2014

Sebuah short movie dengan treatment docudrama tentang seorang Ibu yang berusaha membuat Ramadan lebih istimewa untuk keluarganya. Yang gampang nangis, sediain tissue ya.

Directed by: GoenRock
DOP: Adrian Soegiono, GoenRock
Music Composer: Yaser ‘Ace’
Production House: SOS Project
Post Pro: Subtube Post
Agency: FCB Jakarta
Client: KRAFT

Ini adalah video pertama yang saya bikin dengan konsep cerita yang ‘menyentuh’. Salah satu kesulitan saat mengeksekusi  adalah, bagaimana agar visualnya tetap terlihat indah, mendukung cerita, namun camera work-nya tetap berasa Cinéma Vérité  tidak dibuat-buat. Sedangkan dari sisi musik, tantangannya adalah bagaimana menciptakan musik yang benar-benar mendukung mood mengharukan. Sementara gap antara sedih dan mengharukan sangatlah tipis. Terimakasih team SOS Project yang trengginas dan kompak sehingga video ini tayang tepat waktu dan hasilnya memuaskan.

Kamera yang dipakai untuk produksi video ini adalah Canon 5D Mark III dan 6D.

Foto-foto behind the scenes. 20140620_123327 IMG_6135 20140620_104221 20140620_121832 IMG_6139 20140620_110218 20140620_111059 IMG_9201

Mari jadikan Ramadan istimewa untuk semua. :’)

The post VIDEO WORK: Jadikan Ramadan Istimewa Untuk Semua appeared first on GoenRock's VLog®.

Marhaban Ya Ramadhan

-

Li-sin's Blog

on 2014-6-27 7:05am GMT

Segala puji Allah yang telah melimpahkan rahmat-Nya sehingga kita dapat kembali berjumpa dengan bulan yang penuh keberkahan ini.

Ramadhan adalah bulan mulia. Bulan dimana amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Bulan dimana rahmat Allah dicurahkan dari langit, pintu ampunan Allah terbentang luas, pintu surga dibuka lebar, sedangkan pintu neraka dikunci rapat-rapat. Bulan istimewa dimana terdapat malam lailatul qodar yang jika kita beribadah di dalamnya maka lebih utama dari pada beribadah seribu bulan. Pantaslah jika kita menyambut kehadirannya dengan penuh suka cita.

Suatu hari di bulan syawal saya mengikuti pengajian halal bi halal di Prangkoan Mertoyudan Magelang yang dihadiri oleh KH. Ahmad Mustofa Bisri (@gusmusgusmu) dari Rembang. Ulama kondang yang sekarang menjabat sebagai Rais Am PBNU ini menyampaikan tausiahnya tentang hikmah halal bi halal. Beliau juga mengulas tentang Bulan Ramadhan. Dua hadist yang beliau sampaikan dengan indah dan sejuk masih membekas di hati saya.

Man shoma romadhona imanan wakhtisaban, ghufirolahu ma taqoddama min dzanbih.
Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan ikhlas, diampuni dosanya yang telah lalu. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Man qoma romadhona imanan wakhtisaban, ghufirolahu ma taqoddama min dzambih.
Barangsiapa berdiri (Shalat Malam) Ramadhan karena iman dan ikhlas, diampuni dosanya yang telah lalu. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Hadist diatas mengabarkan kepada kita untuk tidak menyia-nyiakan Bulan Ramadhan. Begitu banyak kasih sayang Allah kepada hamba-Nya sehingga barang siapa berpuasa/sholat malam di Bulan Ramadhan karena iman dan ikhlas maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu. Subhanallah.

Oleh karena itu mari kita sambut Ramadhan Tahun 1435 H dengan totalitas ibadah kepada Allah. Mari kita manfaatkan Bulan Ramadhan tahun ini dengan persiapan-persiapan yang matang, diantaranya adalah ; Memperbanyak ibadah, memperbanyak sedekah, memperbanyak tadarus Alqur’an, Memberi makan orang yang berbuka puasa, Melaksanakan sholat tarawih secara rutin, Banyak memohon ampunan kepada Alla, Memperbanyak I’tikaf, mendalami Islam dengan cara mengikuti majlis ta’lim dan banyak membaca buku-buku agama serta bersiap diri meraih malam lailatul qodar.

Semoga Allah senantiasa membimbing kita untuk dapat melaksanakn Ramadhan tahun ini dengan maksimal sehingga kita benar-benar digolongkan hamba Allah yang muttaqin. Amin…

President Susilo Bambang Yudhoyono and First Lady Ani Yudhoyono activities during their Magelang visit on Wednesday (June 25, 2014). Images Courtesy of @WebsitePresiden By: Sahrudin – @SahrudinSaja WEARING army combat […]

Seberapa dekat Anda dengan sahabat terbaik Anda saat ini yang selalu intens bermain bersama, berangkat sekolah bersama, kerap mengisi hari-hari bersama, hingga puncaknya mereka sering ada saat dibutuhkan, kala diri ini ringkih dan butuh support penuh dari sosok seorang teman.

Berapa jumlah sahabat terbaik Anda saat ini yang betul-betul peduli pun harta, jabatan, juga pendidikan yang Anda miliki timpang sebelah, dan hal seperti ini kerap membuat pertemanan menjadi renggang namun mereka justru semakin merapat.

Mas Ivan

Adalah Rukii Naraya seorang lesbian yang terjebak pada tubuh laki-laki, demikian terpampang dalam akun twitter resmi @rukiinaraya miliknya.

Melalui blog bertagline Hidup Sebagai Kenalan, terlihat doi cukup lihai menjaga tali persahabatan yang dikemas unik dan apik, terlihat dalam posting blog yang beralamat di alonealoneasalkelakon.tumblr.com, doi coba suguhkan foto orang-orang yang dikenalnya, disertai dengan secuil cerita menarik dari orang tersebut.

Sederhana memang, selain terlihat Rukii Naraya ingin menunjukkan sepenggal cerita dari subyek cerita bersama teman dan kenalannya, sejumput kesederhanaan ini membawa pesan berarti dimata kita, yang mana silaturahmi haruslah terus diuri-uri meski usia pertemanan sedang masuki usia bulanan, mingguan, atau bahkan harian dan jam.

___

Belajar hidup sebagai kenalan adalah belajar menghargai tali persahabatan dengan orang-orang sekitar kita, tanpa membedakan status, jabatan, pendidikan, atau lama dari pertemanan bersama kenalan yang kita miliki.

IMDB dikenal sebagai salah satu media informasi tentang film atau serial yang cukup relevan bagi khalayak luas. Tetapi relevansi ini kadang sering dipertanyakan karena sifat IMDB sebagai portal umum yang memudahkannya diedit oleh siapa saja. Tak jarang IMDB memberikan informasi yang 'berbelok' dengan kenyataan. Masih ingat berita casting film Resident Evil terbaru yang menampilkan salah satu aktris ternama Ibu Kota? Ya itu adalah salah satu contoh berita bersumber dari IMDB yang patut dipertanyakan.

Kali ini IMDB "melakukannya" lagi dengan salah satu diva musik terkenal Beyonce Knowles. Akhir-akhir ini para "BeyHive" (sebutan para penggemar Beyonce) dibuat bertanya-tanya dengan pencantuman nama istri rapper Jay-Z tersebut dalam film sequel Hancock yang diketahui akan memerankan karakter bernama Carly Kicker.



Informasi itu akhirnya ditepis oleh Adam Vary, Senior Film Reporter dari Buzzfeed yang mengkonfirmasi bahwa Beyonce tidak akan bermain dalam film garapan Peter Berg tersebut. "Saya konfirmasi bahwa Beyonce tidak ditetapkan untuk membintangi film Hancock 2, tak peduli apa yang diberitakan IMBD kepada kalian," ujar Vary dalam tweetnya (25/06/2014) sambil membubuhkan gambar dari IMDB yang ditambahkan garis lingkar merah besar pada nama musisi peraih Grammy Awards tersebut dan ditambahkan caption "NOPE".



Artikel ini ditulis oleh Cindy Hapsari

Berita Saru Sialan

-

IvanPurnawan

on 2014-6-25 8:56am GMT

Mungkin bukan kali pertama hal seperti ini muncul dan terproduksi media ternama di penghujung Pilpres 2014. Sebuah maksud nyata, untuk menjatuhkan lawan yang juntrungnya jagoan sendiri yang diharapkan menjadi unggulan dan puncaknya berharap meraih kemenangan.

Awalnya saya tak begitu respek dengan berita anyar yang melintas di beranda facebook malam ini lantaran kerap memprofokasi, menyudutkan sana-sini, dan tak jarang para penikmatnya menjadi korban penyulut dosa diakibatkan imbas hawa nafsu yang menganggap jagoannya nabi dan harus di bela mati.

Dan tatkala Dimas Muharam salah seorang blogger penyandang disabilitas memproduksi status terkait berita anyar tersebut, sontak saya pun turut dibuatnya penasaran, yang akhirnya ingin diri ini mengetahui isi berita apa yang disorotinya malam ini, hingga doi begitu serius dalam merespon juga menanggapinya.

Mas Ivan

Adalah Berita Saru (sebut saja demikian) yang mengabarkan Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo Soal Gus Dur. Dilangsir situs yang ada, Jurnalis Investigatif yang sejak lebih dari 20 tahun selalu memberi perhatian pada isu terkait Indonesia, Allan Nairn, menuliskan pengalamannya yang pernah mewawancarai Prabowo Subianto yang kini menjadi capres, isinya menghina fisik Almarhum Presiden RI Ketiga Abdurrahman Gus Dur Wahid sebagai orang buta.

Ditambahkan pula dalam blog pribadinya di www.allannairn.com, Allan bercerita dia pernah bertemu dan berbincang dengan Prabowo, sebanyak dua kali di kurun waktu Juni dan Juli 2001. Lokasinya adalah markas perusahaan Prabowo di Indonesia.

Membaca seksama dan mengamati detail konten artikel beserta sumber rujukan asli berpadu tulisan terkait, sayapun meyakini betul bahwa berita yang ada jelas menyesatkan, mengandung unsur SARA dan mengandung implikasi negatif masuk keranah black campaign, yang dampaknya dapat menurunkan elektabilitas salah satu Capres, membuat pemilih potensial menjadi buyar terhadap pilihannya, dan puncaknya dapat menyulut konflik Agama yang nantinya dapat memecah belah keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, sebagaimana konflik-konflik sebelumnya.

Bukannya tanpa alasan mengapa saya meyakini demikian pun kubu Prabowo Hatta belum menanggapinya secara tegas dan berkelanjutan terkait berita anyar yang baru-baru ini tersebar.

Sekedar referensi saja, ada sejumlah kejanggalan nyata dimana dalam pembahasan dua artikel berjudul Jurnalis AS Bongkar Kesaksian Lama Prabowo Soal Gus Dur dan Kubu Prabowo Ragukan Keabsahan Wawancara Jurnalis AS dengan Prabowo, sang jurnalis menulis sumber rujukan dengan salah (www.allannairn.com harusnya www.allannairn.org), yang selanjutnya sejumlah kejanggalan lain turut memperkuat bahwa hal ini mengada-ada, nggrambyang, yang justru dampaknya bakal menaikkan elektabilitas Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, hingga menjadi pemenang di Pilpres 9 Juli 2014 mendatang. Aamiin.

Bicara saja akan fakta, mosok jurnalis AS yang sebelumnya adem ayem gak ada kabar tiba-tiba nongol dipenghujung PILPRES negeri tetangga, tersebut INDONESIA. Siapa dia, darimana asalnya, bagaimana profil dan latar belakangnya juga alasannya terkait apa yang ditulis dalam blog miliknya ?

Jika kita napak tilas beberapa tahun lalu, Si Alan ini ternyata pernah membuat berita bohong ditahun 2010 yang telah itanggapi Tentara Nasional Indonesia (TNI), dimana kala itu Si Alan memberitakan melalui blognya, bahwa saat Pemilu 2009, beberapa aktivis partai lokal di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) menjadi korban pembunuhan yang dilakukan prajurit Kopassus TNI AD atas perintah petinggi dari Jakarta.

Tak hanya itu saja, coba perhatikan dengan seksama statistik blog archive dari situsnya Si Alan (baca : SIALAN), yang mana notabene doi jarang aktif, tiba-tiba sekonyong-koyong posting wawancara masa lalu, yang katanya masih diingatnya secara jelas. Lanjut lagi bagaimana seorang Jurnalis AS yang intens update postingannya dengan logat english dadakan piawai pakai bahasa kita (INDONESIA).

Sampeyan bilang pakai translater ? Simak dengan seksama postingan sebelumnya dalam logat asli pertanggal 22 June 2014, artikel tersebut basi (gak layak jual), mungkin juga titipan seseorang, bisa Sampeyan atau malah saya :D

Nah, makin tambah janggal lagi kenapa juga Berita Saru memberitakannya bersamaan, dengan postingan terbaru yang di sematkannya dalam logat INDONESIA ?

_____

Sekedar pengingat saja, Hal seperti ini mirip gaya lama pecah belah negeri lewat SARA, yang identik dengan akidah komunis, pun kejadian yang lalu sempat sukses di Talangsari, Tanjung Priok, Sampang, Timor-Timur, hingga kasus Terorisme saat ini yang akhirnya dibentuklah Densus 88 atas dukungan Australia dan Amerika, meski saat ini Amerika mundur teratur lantaran mereka tahu bahwa kasus terorisme hanyalah sandiwara dan skenario HP yang berkonspirasi bareng LP dibalik ketiak banteng yang beberapa saat lagi bakalan tumbang. Aamiin.

Oiya, gak usah serius tanggapi judulnya karena Berita Saru memang Sialan.

Jangan obral “I Love You” dan sejenisnya. Jaga pernyataan cintamu tetap sakral. Atau jantungnya lebih bergetar mendengar kata yang sama, tapi bukan darimu.   Jangan terlalu sering menyatakan cinta atau keistimewaannya akan hilang. Lebih penting, jaga hatimu. Hingga cintamu tetap istimewa. Meski tak berwujud kata-kata.

The post Tentang I Love You appeared first on Vampir Magelang.